Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

8 Kata Positif yang Sering Saya Ucapkan pada Anak

OTHERS  |  PARENTING  |  03 May '18


Hai Moms, saya mau share tentang 8 kata (kalimat) positif yang paling sering saya ucapkan ke Gavin setiap hari. Saya percaya, semua energi, kata-kata, tingkah laku positif yang kita tularkan setiap hari ke anak nantinya akan membawa dampak yang positif pula bagi perkembangan ia ke depannya.

So, ini dia:

  1. Mommy sayang Gavin 
    Ini adalah kalimat yang bisa saya ulang terus-menerus sepanjang hari, terutama saat Gavin misalnya tiba-tiba memeluk dan mencium saya seperti untuk menunjukkan rasa sayangnya, pasti saya balas, "Iya, Mommy juga sayang Gavin."

  2. Sayang 
    Ini lebih kepada panggilan sebagai kata ganti nama Gavin. Jadi selain memanggil namanya langsung, saya juga sering menggantinya dengan kata "sayang". Saya dan suami tidak menggunakan kata pengganti seperti, "Dek, adek, dede," simply karena memang saya kurang suka menggunakannya.

  3. Pintar 
    Hampir setiap kali Gavin melakukan suatu hal baik atau berhasil dalam permainan atau belajarnya, saya pasti akan appreciate dia dengan bilang, "Pintar yah," atau saat ingin memberikan afirmasi kepadanya dalam mengarahkan Gavin melakukan sesuatu, misalnya, "Gavin anak pintar, ayo mainannya diberesin yah."

  4. Bisa 
    Saat Gavin berusaha melakukan sesuatu seperti memasang puzzle atau stiker, membuka dan menutup botol, ataupun hal lainnya yang positif dan dia kelihatan agak merengek karena kesusahan, saya pasti menyemangatinya, "Ayo, Gavin pasti bisa!"

  5. Tepuk tangan 
    Saat Gavin sudah berhasil melakukan suatu pekerjaan atau hal baik, misalnya setiap mau poop dia bilang dan berhasil poop di tempatnya, saya pasti akan mengajaknya bertepuk tangan, "Ayo tepuk tangan," sambil saya juga bertepuk tangan dengan semangat sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilannya. 

  6. Tolong 
    Saat mau meminta Gavin melakukan sesuatu, seperti membereskan mainannya ataupun mengambilkan barang untuk saya, saya menggunakan kata ini, "Gavin, tolongin Mommy beresin mainannya yah."

  7. Terima kasih 
    Saat Gavin mengambilkan barang untuk saya misalnya, saya pasti mengucapkan terima kasih. Begitu pula saat dia sudah menemani saya ke suatu acara, atau saat Gavin anteng waktu ke Gereja, saya akan bilang, "Makasih yah, Gavin, udah nemenin Mommy seharian."

  8. Maaf 
    Jika saya tidak sengaja melakukan kesalahan, ataupun secara sengaja memarahi Gavin, saya akan minta maaf kepadanya, namun dengan disertai pesan, "Maaf yah Mommy udah marah sama Gavin, lain kali Gavin ga boleh buang makanannya lagi yah."

Semoga bermanfaat.

By: Valent Cindy.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2525 Valent Cindy

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Stimulasi Bayi Merangkak, Berdiri, dan Merambat

Untuk dapat merangkak, bayi butuh keseimbangan tubuh yang baik. Moms bisa mengikuti beberapa langkah ini untuk menstimulasi si Kecil.

Tips Merawat Bayi Prematur

Moms, yuk simak pengalaman dan tips merawat bayi prematur ala Mom Febby berikut ini. Semoga bermanfaat.

Perlukah Membuat Akun Media Sosial untuk Anak?

Media sosial telah kuat terikat pada kehidupan zaman sekarang. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun turut terlibat.

Membuka Rekening Tabungan Anak, Sejak Kapan?

Pendidikan anak saat ini sangat penting. Biasanya orangtua akan menyiapkan anggaran dengan membuka tabungan. Kapan sebaiknya dimulai?

Tahapan Belajar Bicara Anak

Mom harus memahami tahapan komunikasi anak agar dapat memastikan pertumbuhannya tergolong normal dan baik.

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak

Kecerdasan linguistik anak haruslah diasah sejak dini, hal ini bertujuan untuk mempercepat kemampuan berbicaranya.

Waspada Penyakit Terbaru Screen Dependencies Disorder

Waspadai penyakit terbaru, Screen Dependencies Disorder. Penyakit apa lagi ini? Apa yang orang tua dapat lakukan untuk mencegah ini?