Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  30 May '22


Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi. Selain mengkonsumsi suplemen kesehatan, ibu hamil juga bisa makan buah penambah darah untuk ibu hamil supaya kondisi ibu dan janin tetap sehat.

Ada beberapa risiko kesehatan yang rentan dialami oleh ibu hamil terutama jika usia kandungannya sudah masuk trimester 3. Salah satunya anemia atau kurang darah. Jika Moms ingin mengetahui penyebab serta jenis buah penambah darah yang aman untuk ibu hamil, simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita anemia, kondisi tubuhnya akan lebih mudah capek dan lemas. Anemia merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena jumlah sel darah merah dalam tubuh berada dibawah batas normal.

Berdasarkan sumber dari Mayo Clinic, disebutkan bahwa anemia pada ibu hamil dipicu oleh kurangnya kadar hemoglobin pada sel darah merah. Hemoglobin inilah yang bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Sebab itulah, ibu hamil dengan kadar Hb rendah lebih gampang lemas serta sering mengalami gejala kepala pusing. 

Baca Juga: Cara Mencegah Si Kecil Muntah ketika Minum Susu!

Perlu Moms tahu, kadar Hb normal menurut World Health Organization (WHO) adalah 11 gram/dl. Jika kurang dari itu, maka ibu hamil dikatakan menderita anemia mulai dari tingkat rendah hingga parah.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kadar Hb ibu hamil rendah. Misalnya seperti kurangnya asupan vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Ketiga nutrisi itulah yang berperan penting dalam pembentukan sel darah.

Agar kadar Hb dalam darah tidak rendah, ada beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan, yaitu:

  • Mengonsumsi suplemen sesuai dengan resep dokter.
  • Mengonsumsi sayuran hijau seperti selada, bayam, brokoli, dan kubis.
  • Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin dan asam folat seperti pisang, jeruk, melon, alpukat, dan kiwi.
  • Mengonsumsi telur, daging, ikan, kacang-kacangan, dan olahannya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka kadar Hb ibu hamil tidak akan rendah. Dengan begitu gejala anemia seperti pusing, lemah, dan lemas bisa dihindari.

Daftar 8 Jenis Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Salah satu cara pencegahan anemia pada ibu hamil adalah mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan vitamin dan zat besi. Pemenuhan nutrisi yang maksimal tak hanya berguna untuk menjaga kondisi ibu hamil, tetapi juga untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan. 

Dilansir dari web Pregnancy, Birth, and Baby disebutkan bahwa konsumsi buah dan sayuran bisa mengurangi gejala kehamilan seperti anemia, mual, dan muntah. Berikut ini adalah daftar 8 jenis buah penambah darah untuk ibu hamil, yaitu:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan asam folat. Sebab itulah dengan mengkonsumsi buah ini, ibu hamil bisa terhindar dari masalah anemia karena kadar Hb bisa tetap terjaga.

Moms bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung atau bisa juga dengan mencampurnya ke dalam jus. Jika Moms sudah didiagnosa menderita anemia saat hamil, alpukat bisa membantu meningkatkan kadar Hb sehingga gejala anemia bisa diredakan.

2. Jeruk

Ibu hamil kurang darah harus makan apa? Untuk ibu hamil yang mengalami anemia, sangat dianjurkan mengkonsumsi buah yang kaya kandungan vitamin C, seperti jeruk. 

Vitamin C memiliki peran vital dalam proses penyerapan zat besi. Dengan begitu, kadar Hb ibu hamil bisa meningkat dan terbebas dari anemia. Selain bermanfaat untuk mencegah anemia, jeruk juga kaya akan senyawa antioksidan yang sangat baik untuk melawan berbagai macam penyakit serta meredakan peradangan.

Khusus untuk ibu hamil yang menderita anemia, konsumsi jeruk sebaiknya setelah meminum obat anemia agar penyerapan zat besi lebih maksimal.

3. Kurma

Kurma dikenal sebagai buah yang kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh. Faktanya, buah dengan rasa yang manis ini juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan anemia yang diderita oleh ibu hamil.

Kandungan vitamin A, B6, kalium, dan zat besi yang terdapat dalam buah kurma bisa meningkatkan kadar Hb dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah penambah darah untuk ibu hamil tersebut, maka jumlah sel darah merah akan meningkat sehingga gejala anemia bisa disembuhkan.

4. Stroberi

Sebagian ibu hamil yang mengalami anemia disebabkan karena penyerapan zat besi oleh tubuh tidak maksimal. Akibatnya, semakin bertambahnya usia kehamilan kadar Hb akan terus mengalami penurunan. Hal ini tentu berdampak buruk pada proses kelahiran nantinya.

Agar penyerapan zat besi lebih optimal, Moms perlu mengkonsumsi vitamin C yang bisa diperoleh dari buah-buahan, seperti stroberi. Kandungan vitamin C dalam buah ini sangat tinggi sehingga bisa memaksimalkan proses penyerapan zat besi dalam darah.

Stroberi juga kaya akan kandungan asam folat dan kalium. Kedua senyawa ini mempunyai peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

5. Bit

Ibu hamil kurang darah makan buah apa? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh pada ibu muda yang baru pertama kali mengalami fase kehamilan. Selain mengkonsumsi suplemen yang diresepkan oleh dokter, Moms juga bisa memakan buah bit agar anemia bisa segera disembuhkan.

Buat bit memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, mulai dari vitamin C, zat besi, asam folat, dan kalium. Keempat senyawa tersebut merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi buah bit, maka kadar Hb ibu hamil tidak akan mengalami penurunan. Selain itu, bit bermanfaat untuk mencegah hipertensi selama masa kehamilan, mengurangi peradangan, serta menurunkan tekanan darah.

6. Kismis

Kandungan vitamin, kalium, dan zat besi yang ada pada buah kismis berperan penting sebagai penambah darah pada ibu hamil. Selain itu, buah kering dengan rasa manis asam ini juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya seperti mineral, vitamin, dan tembaga.

Selain bermanfaat untuk mencegah penurunan hemoglobin dalam darah, kismis juga berperan sebagai penambah energi. Dengan mengkonsumsi kismis sesuai takaran, tubuh ibu hamil akan lebih fresh karena memiliki energi lebih serta terhindar dari anemia.

7. Jambu Biji

Jambu biji banyak dimanfaatkan sebagai penambah darah pada penderita demam berdarah dengue. Selain itu, buah ini juga bisa Moms manfaatkan sebagai pencegah anemia. Dalam buah jambu biji terkandung vitamin C yang cukup tinggi. 

Fungsi dari vitamin ini adalah membantu memaksimalkan penyerapan zat besi sehingga tubuh tidak akan kekurangan sel darah merah. Selain itu, dengan konsumsi buah ini secara rutin dapat menjaga kadar Hb ibu hamil agar tetap normal.

8. Pisang

Selama ini pisang dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan asam folat. Kandungan senyawa ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memaksimalkan perkembangan calon buah hati. Tak hanya itu, pisang juga mengandung zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. 

Kandungan vitamin B yang terdapat dalam pisang juga berfungsi untuk merangsang peningkatan produksi sel darah merah. Konsumsi pisang selain bisa untuk menambah energi selama kehamilan juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penurunan Hb serta gejala anemia.

Baca Juga: Bantal Tinggi Membuat Tidur Nyenyak? Mitos atau Fakta?

Delapan buah penambah darah untuk ibu hamil yang disebutkan di atas sangat aman dikonsumsi setiap hari. Selain menggunakan suplemen penambah darah, Moms juga bisa memanfaatkan buah-buahan di atas untuk menjaga kadar Hb agar terhindar dari anemia. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

112 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]