Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

7 Kegiatan Stimulasi di Rumah untuk si Kecil

BRANDS  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  21 Apr '20


Untuk mencegah penyebaran virus Corona di masyarakat, pemerintah menganjurkan warga bekerja dari rumah. Hal ini juga berlaku untuk anak sekolah yang diliburkan. Jika tidak perlu, anggota keluarga terutama anak-anak diminta berdiam diri di rumah saja. Anjuran ini berlaku hingga kondisi penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan.

Rekomendasi WHO untuk melakukan physical distancing selama wabah Corona ini tentunya membawa perubahan dalam rutinitas rumah tangga. Karena anak-anak yang lebih muda menyukai struktur dan kepastian, Moms perlu memperbarui jadwal kegiatan si Kecil yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Ajak si Kecil dan anggota keluarga lainnya membuat jadwal harian baru bersama. Pastikan untuk menyeimbangkan antara kegiatan terstruktur dan bebas sehari-hari. 

Satu aspek lagi yang tidak boleh terlupakan adalah mempersiapkan kegiatan stimulasi di rumah untuk si Kecil. Tanpa cukup stimulasi, proses tumbuh kembang anak dapat terganggu. Biasanya, kegiatan stimulasi yang menyenangkan memang melibatkan kegiatan di luar rumah seperti bersepeda, beraktivitas di taman bermain, atau mengunjungi tempat-tempat umum. Namun, dalam kondisi yang tidak memungkinkan seperti sekarang ini, kegiatan stimulasi di dalam rumah bisa menjadi alternatif.

Morinaga Multiple Intelligence Play Plan sediakan lembar aktivitas bermain di rumah

Apabila Moms kehabisan ide mencari aktivitas stimulasi anak selama berada di rumah, Moms bisa mengunjungi laman “ide bermain” di situs Morinaga Multiple Intelligence Play Plan. Moms bisa menstimulasi kecerdasan majemuk si Kecil dengan berbasis Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk. Aktivitas-aktivitas di situs tersebut sudah digolongkan ke dalam umur dan tipe kecerdasan majemuk. Sebagai informasi, ada 8+1 kecerdasan majemuk anak yang dijelaskan secara lengkap di laman ini. Agar jadwal sehari-hari lebih teratur, Moms bisa manfaatkan template jadwal yang tersedia di laman rencana bermain.

Beberapa ide permainan yang ada di situs Morinaga Multiple Intelligence Play Plan adalah sebagai berikut:

1. Mengelompokkan Warna

Untuk anak berusia 1 hingga 3 tahun, Moms bisa merencanakan permainan mengelompokkan warna. Ide bermain ini akan melatik Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Gambar & Ruang si Kecil. Setelah mempersiapkan alat dan bahannya, Moms bisa memulai aktivitas ini dengan cara menanyakan warna-warna dan bentuk-bentuk origami yang telah dibuat. Kemudian, minta si Kecil menyortir origami yang ada sambil menyebutkan warnanya.

2. Siklus Hidup Ayam

Permainan ini cocok untuk anak kategori umur 4 hingga 6 tahun. Adapun jenis kecerdasan yang diasah melalui permainan menarik ini adalah Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Gerak Tubuh, dan Kecerdasan Logika. Melalui permainan ini, si Kecil diajak mengenal ayam dan asal mulanya.

3. Buat Sendiri Salad Pelangi

Si Kecil yang telah berusia 4 hingga 6 tahun sudah dapat dilibatkan dalam kegiatan Moms di dapur. Ajak dia menyiapkan sendiri salad pelangi kesukaannya.Siapkan buah-buahan yang sudah dipotong kecil-kecil, piring, serbet, mayonnaise, susu kental manis, dan perasan jeruk lemon. Minta dia untuk memilih buah-buahan bahan saladnya sendiri dan minta dia menata buah-buahan tersebut ke atas piring. Lalu, buatlah saus salad dengan mencampurkan bahan-bahan yang sudah tersedia. Kegiatan ini akan mengasah Kecerdasan Bahasa dan Kecerdasan Memahami Diri si Kecil.

4. Koki Pizza

Ajak si Kecil bermain peran menjadi koki pizza sambil belajar berhitung. Aktivitas ini cocok untuk anak usia 4 hingga 6 tahun dan mengasah Kecerdasan Logika Matematik. Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Sosial, dan Kecerdasan Bahasanya. Setelah menyiapkan bahan-bahan, minta si Kecil menjadi koki pizza yang menawarkan hidangannya. Lalu, Moms berperan menjadi pelanggan yang ingin membeli pizza. Ajarkan si Kecil untuk menyapa dan melayani pembeli dengan baik. Di akhir sesi, Moms dan si Kecil dapat berganti peran.

5. Asyiknya Berkebun

Permainan berikut cocok untuk anak usia 1 hingga 6 tahun. Dengan mengenalkan si Kecil pada kegiatan bercocok tanam, Moms akan sekaligus mengasah Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Musikal, dan Kecerdasan Gambar & Ruang si Kecil. Libatkan si Kecil pada setiap proses bercocok tanam. Minta dia membedakan ukuran kerikil, menyiramnya setiap hari, dan membuat tamannya sendiri sesuai imajinasinya.

6. Tarian Lukisan Kaki

Permainan Tarian Lukisan Kaki merupakan permainan yang akan mengasah Kecerdasan Sosial, Kecerdasan Logika, Kecerdasan Gerak Tubuh, dan Kecerdasan Musikal si Kecil. Cocok untuk anak usia 1-6 tahun, permainan ini hanya membutuhkan kertas besar, cat poster, dan baskom. Setelah memasukkan cat ke dalam baskom, minta si Kecil untuk memasukkan kakinya ke dalam baskom dan melukis dengan menggunakan kakinya. Lakukan hal tersebut sambil bernyayi untuk mengiringi tariannya. Keringkan kertas dan cat lalu tempel hasilnya di kamar si Kecil.

7. Mengenal Nama Jari

Ternyata, banyak cara untuk memperkenalkan anggota tubuh pada si Kecil. Salah satunya, melalui permainan Mengenal Nama Jari. Ajak si Kecil yang berusia 1 hingga 3 tahun untuk mewarnai telapak tangannya dengan menggunakan kuas. Biarkan dia memilih warnanya sendiri. Setelah itu, minta dia menjiplakkan tangannya ke kertas putih. Setelah kertas cukup kering, bersama-sama dengan si Kecil, Moms menghitung jumlah jari dan menyebutkan nama-namanya. Permainan ini mengasah Kecerdasan Memahami Diri, Kecerdasan Logika, Kecerdasan Gerak Tubuh, dan Kecerdasan Sosial.

Susu pertumbuhan untuk pemenuhan nutrisi dan ketahanan tubuh

Tahukah Moms, bahwa Morinaga memberikan hadiah dan promo eksklusif di Morinaga Rewards Club tiap pembelian produk Morinaga? Untuk melengkapi nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, Morinaga menyediakan susu pertumbuhan Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus.

Susu Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus memiliki komposisi yang tepat untuk meningkatkan Kecerdasan Multitalenta, mengoptimalkan tumbuh kembang, dan memberikan pertahanan tubuh ganda untuk si Kecil. Pertahanan tubuh yang kuat akan membuat si Kecil tidak mudah terkena infeksi dan membentengi diri dari serangan virus. Triple Bifidus yang merupakan gabungan tiga Bifidobakterium (Bifidobacterium longum BB536Bifidobacterium breve M16V, dan Bifidobacterium infantis M-63) ampuh mencegah konstipasi, diare, dan infeksi saluran pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mengurangi gejala alergi. Kandungan Serat Pangan GOS (Galakto Oligo Sakarida) di susu ini bekerja secara sinergis dengan Triple Bifidus dalam menekan pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna dan meningkatkan daya imun tubuh si Kecil.

Simpan dan kirim foto struk belanja Morinaga Chil Kid dan Chil School agar Moms mendapatkan poin Morinaga Rewards Club. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah jam tangan, alat masak, kontainer makanan, penyedot debu, kamera pengawas, e-voucher Kalbe Store, dan lain-lain.

Referensi: Children’s Hospital New OrleansMorinaga Multiple Intelligence Play PlanMorinaga PlatinumParade.com

 

 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4759 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms, Ini Tanda-tanda si Kecil Tumbuh Bahagia

Keinginan orang tua yang paling mendasar adalah melihat anak-anak mereka grow happy. Mungkin, sudah banyak hal yang Moms & Dads berikan, namun [...]

Tips Menyikat Gigi yang Menyenangkan untuk si Kecil

Ternyata memilih sikat gigi untuk si Kecil tidak boleh sembarangan. Berikut tips memilihnya!

Tips Memilih Stroller yang Tepat untuk si Kecil

Mencari stroller yang ringan tapi kuat memang sedikit menantang, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Nutrisi Penting untuk Perkembangan Otak si Kecil

Selain untuk menambah berat badan si Kecil, lemak juga bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

Dr. Brown's Milestone Straw Cup

Ketika memasuki usia 12 bulan, si Kecil mulai dilatih untuk minum menggunakan cups.

Tips Cerdas Pilih Bantal untuk Bayi

Meski tidak asing digunakan, banyak pro dan kontra tentang penggunaan bantal oleh bayi.

Susu Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas? Mitos Atau Fakta?

Benarkah susu bisa bikin si Kecil jadi lebih pintar? Yuk temukan jawabannya di sini!

Dr. Brown' Pacifier Range

Ketika lahir, bayi terbiasa mengisap jari. Kebiasaan ini dilakukan untuk menenangkan bayi.

Manfaat Penggunaan Teether untuk si Kecil

Selain media gigit-gigit bayi, teether juga memiliki peranan lain dalam tumbuh kembang si Kecil.

Baby Swing or Baby Bouncer?

Baby Swing atau Baby Bouncer, yang manakah terbaik untuk buah hati Anda?

Tips Menjaga Kualitas Tidur si Kecil

Lapar dapat membuat si kecil terbangun dari tidur sehingga kualitas tidurnya menjadi kurang maksimal.

Meredakan Nyeri Tumbuh Gigi dengan Dr. Brown's Learning Loop Teether

Dr. Brown’s menghadirkan Learning Loop teether yang terdiri dari 4 tekstur, bentuk, dan warna yang berbeda.

Manfaat Penggunaan Teether

Pada masa pertumbuhan gigi, gusi bayi akan terasa gatal dan nyeri karena desakan gigi yang akan muncul.

Kenali Bentuk Bulb Pacifier yang Disukai si Kecil

Ada 2 bentuk bulb yang sering kita temui pada pacifier, yaitu pacifier yang memiliki dot bulat dan pipih.

Tips Memilih Botol Minum untuk si Kecil

Masa MPASI biasanya merupakan masa dimana orang tua mengenalkan minuman selain susu kepada anak.

Pacifier Apa yang si Kecil Sukai?

Dr. Brown’s memiliki beberapa varian Pacifier yang dapat Moms pilih sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Dr. Brown's Advantage Pacifier

Dr. Brown’s terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan pada bayi dengan menghadirkan Advantage Pacifier.

Apa itu Flat Head? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Flat head syndrome atau kepala peyang adalah kondisi dimana kepala bayi tidak simetris.

Dr. Brown’s Flexees Friends Teether Octopus

Dr. Brown’s kembali menghadirkan salah satu varian terbaru Teether series: Flexees Friends Teether Octopus.

Pengaruh Polusi Udara Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Kesehatan Mental

Tingginya tingkat polusi udara dapat menyebabkan penurunan kemampuan berhitung dan berkomunikasi.