Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

7 Tips Sukses ASI Eksklusif untuk Working Mom

BRANDS  |  FEEDING  |  17 Dec '19


Memberikan ASI secara eksklusif merupakan impian setiap ibu. Tidak heran jika momen kembali bekerja ke kantor setelah cuti melahirkan membuat perasaan para working mom yang baru mempunyai buah hati, menjadi campur aduk. Di satu sisi, bisa kembali ke lingkungan pekerjaan tentunya menjadi hal yang menyenangkan, sementara di sisi lain, kini Moms punya si Kecil yang membutuhkan ASI.

Namun, siapa bilang working mom tidak bisa tetap menyusui bayinya? Dengan manajemen ASI yang tepat, bekerja sambil memenuhi kebutuhan ASI si Kecil setiap hari tetap bisa dilakukan. Pemberian ASI juga bertujuan agar kedekatan ibu dengan bayi tetap terjaga dan bertahan meski saat berjauhan. Tak hanya itu, pendapatan sang ibu pun akan jauh lebih hemat karena tidak perlu membeli susu formula.

Nah, bagi Moms yang ingin sukses memberikan ASI eksklusif untuk si Kecil tanpa harus mengganggu aktivitas kantor, berikut beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan!

Menyiapkan Perlengkapan ASIP

Pastikan peralatan dan perlengkapan untuk ASI perah (ASIP) sudah dipersiapkan sebelum Moms melahirkan. Beberapa diantaranya adalah pompa ASI, wadah untuk menampung ASIP (botol kaca/kantong ASIP), botol susu, penghangat susu, apron, sterilizer, alat cuci, ice gel pack, dan cooler bag untuk menampung ASIP.

Berlatih Memerah ASI

Selama masa cuti melahirkan, luangkan waktu untuk berlatih memerah ASI menggunakan tangan, pompa manual, ataupun pompa elektrik. Perhatikan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengosongkan payudara. Ingat semakin sering ASI dikeluarkan, semakin banyak ASI diproduksi lagi.

Tetapkan jadwal memerah ASI selama Moms bekerja, misalnya setiap 3-4 jam sekali. Lakukan dengan bahagia karena suasana hati dapat mempengaruhi jumlah ASI yang keluar. Jangan pernah menganggap kegiatan pumping menjadi beban.

Perhatikan Tempat Penyimpanan ASIP

Hindari menyimpan ASIP yang baru diperah ke dalam freezer untuk menjaga kualitas ASI dari perubahan suhu yang signifikan. Solusinya, letakkan ASIP ke dalam cooler bag dengan memasukkan ice gel pack nya ke dalam tas. Namun tetap perhatikan ketahanan dingin ice gel yang digunakan, umumnya dapat bertahan selama 8-10 jam.

Makan Makanan Bergizi

Perbanyak konsumsi air putih dan makanan bernutrisi baik seperti buah-buahan dan sayuran yang berwarna hijau seperti daun katuk. Daun katuk, merupakan salah satu pelancar ASI terbaik dan aman dikonsumsi. Untuk camilan, Moms bisa pilih kacang-kacangan yang kaya akan protein.

Untuk menjaga ASI yang melimpah, Moms juga diperbolehkan untuk mengonsumsi  ASI booster. Ada banyak ASI booster yang bisa Moms temukan di pasaran. Salah satunya adalah ASI booster yang mengandung ekstrak daun katuk alami. Seperti dijelaskan sebelumnya, daun katuk merupakan salah satu ASI booster terbaik yang memang terbukti memiliki kandungan galactagogue yakni senyawa yang dapat memicu peningkatan produksi ASI. Selain galactagogue daun katuk dalam ASI booster juga mengandung dapat dan sejumlah nutrisi lainnya seperti vitamin B6, C, D, protein, kalsium, dan lemak. Nutrisi tersebut penting untuk menjaga daya tahan ibu sehingga dapat memproduksi ASI dengan optimal.

Melatih si Kecil agar Bisa Minum ASI dari Media Lain

Latih juga si Kecil untuk dapat minum susu menggunakan media lain, seperti cup feeder, pipet, sendok, atau botol susu. Namun, agar si Kecil tak bingung puting, hindari pemberian botol susu pada bayi khususnya jika usianya masih di bawah 3 bulan.

Ajarkan juga caranya kepada orang yang Moms tunjuk sebagai pemberi ASIP, bisa babysitter atau sanak keluarga. Saat melatih si Kecil, usahakan Moms tidak berada di sekitar bayi. Karena biasanya bayi dapat merasakan kehadiran ibu, sehingga membuatnya menolak untuk menyusu dari media lain.

Tak hanya babysitter atau sanak keluarga saja yang dapat membantu Moms dalam memberikan ASIP pada si Kecil. Peran ayah juga sangat dibutuhkan dalam masa ini, lho, Moms. Selain dapat memenuhi nutrisi si Kecil, masa-masa memberikan ASIP juga bisa mendukung bonding antara anak dan ayah.

Tetap Susui si Kecil secara langsung 

Untuk meningkatkan produksi ASI, selalu sempatkan untuk menyusui si Kecil sebelum berangkat dan sepulang bekerja. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kedekatan hubungan ibu dan anak.

Memberikan ASI eksklusif untuk sang buah memang membutuhkan niat yang teguh, setidaknya untuk 6 bulan kehidupan pertamanya di dunia ini. Jangan pernah mencoba berhenti menyusui si Kecil dengan alasan apa pun. Bila perlu, selalu bawalah pompa ASI setiap Moms meninggalkan sang buah hati di rumah. Jangan abaikan juga setiap tetes ASI yang keluar agar persediaan ASIP si Kecil tetap terjaga.

Kelola Stres

Tahukah Moms bahwa stres dapat mempengaruhi produksi ASI kita. Seberapa banyak pun nutrisi yang kita terima, jika kita stres maka produksi ASI mungkin akan berkurang. Stres mungkin bisa datang kapan saja, terutama ketika Moms mulai kembali bekerja dan meninggalkan si Kecil di rumah. Namun, usahakan agar Moms tetap tenang agar produksi ASI tetap lancar. Saat memompa ASI, pikirkanlah hal yang membuat Moms bahagia. Misalnya, membayangkan senyuman si Kecil.

Kini setelah mengetahui tips-tipsnya di atas, memberikan ASI eksklusif bukan masalah lagi untuk para working mom. Jika dilakukan dengan senang hati dan teratur, Moms akan terbiasa dan menikmati peran baru Moms sebagai seorang ibu baru dan wanita karir secara bersamaan. Selamat beraktivitas, semoga sukses memberikan ASI untuk si Kecil ya, Moms!

Referensi: Moth3sLactaboost ID, LactaboostThe Asian Parents

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2385 Lactaboost Andalan Nutrisi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mastitis: Pentingnya Mengosongkan Payudara pada saat Pumping

Penyebab utama dari mastitis pada ibu menyusui adalah ASI yang terperangkap di payudara.

Lindungi Tulang Leher, Bahu, & Tulang Belakangmu Selama Menyusui

Posisi menyusui yang tidak nyaman dapat memicu tulang leher, bahu, dan tulang belakang pegal hingga kram.

Daun Katuk, Kunci Sukses ASI Eksklusif

Asupan gizi menjadi salah satu kunci utama agar proses menyusui Moms bisa berjalan dengan lancar.

Babyo Tips: Menyusui Setelah Melahirkan by dr. Elizabeth Margaretha

Dr. Elizabeth Margaretha selaku dokter spesialis laktasi di RSIA Grand Family punya tips nih untuk Moms nih!

Menyusui saat Puting Iritasi, Bolehkah?

Ada masa dimana puting terasa sakit saat menyusui si Kecil. Bisakah kita tetap menyusui?

Babyo Story with Mom Olivia: Meningkatkan Kualitas ASI

Saat Zio lahir, produksi ASI Mom Olivia masih sedikit. Bagaimana ya cara Mom Olivia mengatasinya? Mari kita simak!

Bagaimana Ciri-Ciri Kualitas ASI yang Baik?

Benarkahn ASI yang kental dan berwarna kekuningan itu ASI berkualitas? Yuk, temukan jawabannya di sini?

Mana yang Lebih Penting, Meningkatkan Kuantitas atau Kualitas ASI?

Meningkatkan kuantitas atau kualitas ASI? Mana, sih yang lebih penting? Temukan jawabannya di sini!

9 Langkah Menyimpan ASI

Bagaimana cara menyimpan ASI perah yang baik? Yuk simak tips dari Balonku Baby Shop di sini!

Tips Memilih Pompa Asi (Part 3)

Memilih pompa ASI tidak boleh asal-asalan Moms. Cek caranya di sini!

Tips Memilih Pompa Asi (Part 2)

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli pompa ASI? Simak cara-caranya di sini!

Tips Memilih Pompa ASI (Part 1)

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli pompa ASI? Simak cara-caranya di sini!

Malish Elena, Pompa ASI Hospital Grade Baru dari Malish

Pompa ASI Malish Elena memiliki desain futuristic dengan teknologi touch screen dan rechargeable.

Tips Mencukupi ASI si Kecil saat Puasa

Jika ingin berpuasa, kita juga harus memastikan asupan yang kita berikan sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga

Pada saat masa menyusui, ada kalanya ibu mengalami LDR yang tak terduga. Bagaimana cara mengatasinya?

Mitos dan Fakta Tentang Pompa ASI

Pumping itu menyakitkan? Mitos atau Fakta? Yuk simak penjelasannya! Simak juga mitos pompa ASI lainnya!

Cara Mengurangi Nyeri Mastitis

Pernah dengar istilah mastitis? Moms dalam masa menyusui harus waspada. Yuk, cari tahu alasannya!

Tips Mengatasi Clogged Duct atau ASI Tersumbat

Clogged Duct adalah salah stau hal yang sering dialami ibu menyusui. Apa itu clogged dutch dan apa bahayanya?

Salah Pilih Cooler Bag Dapat Merusak ASI, Simak Tips-nya di Sini

Memilih Cooler Bag yang salah ternyata bisa merusak ASIP. Lalu, apa saja tips memilih cooler bag yang baik?

Jangan Berhentikan ASI Hanya Karena Sibuk Bekerja

Pastikan kebutuhan ASI si Kecil dapat terpenuhi karena ASI merupakan sumber gizi dan nutrisi terbaik bagi tubuhnya.