Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

7 Mitos dan Fakta Mengenai Pil KB

BRANDS  |  OTHERS  |  09 Oct '19


Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan oleh wanita di dunia. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 99% pengguna pil KB sukses mengendalikan kehamilan. Namun, masih banyak wanita yang enggan menggunakan pil KB karena pil ini dianggap banyak merugikan wanita mulai dari membuat wajah berjerawat hingga menyebabkan kanker. Benarkah demikian? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak 7 mitos dan fakta pil KB di bawah ini!

Pil KB membuat wajah jadi jerawatan?

Fakta: Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah meningkatnya hormon androgen di tubuh kita, Moms. Hormon ini memicu kelebihan produksi minyak yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Di sisi lain, hormon estrogen dan jenis progestin tertentu pada pil KB bisa membantu menurunkan kadar hormon androgen. Lebih lanjut, jika pil KB dikonsumsi secara rutin selama 3 bulan, umumnya kulit akan menjadi lebih halus dan bersih.

Pil KB bisa sebabkan gangguan kesuburan pada wanita?

Fakta: Sebetulnya, tidak ada hubungan antara minum pil KB dan masalah kesuburan wanita. Setelah Moms berhenti minum KB, kesuburan akan langsung kembali dan bisa langsung hamil. Perlu diperhatikan, penurunan kesuburan lebih sering terjadi karena faktor alami. Misalnya, ada beberapa wanita yang ingin menunda punya anak hingga usia 30-an. Tingkat kesuburan wanita ketika memasuki usia 30 tahun memang secara alami berkurang.

Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan beberapa wanita mungkin bisa kesulitan hamil setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang memang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur sebelum mengonsumsi pil KB.

Pil KB menyebabkan wanita terkena anemia?

Fakta: Menurut dr. Dina Kusumawardhani yang dilansir dari Klik Dokter, hubungan antara pil KB dan anemia itu hanyalah mitos. Ia melanjutkan bahwa pil KB justru dapat mengurangi risiko anemia.

Lebih lanjut, Spesialis Kandungan dr. Tirsa Verani, Sp.OG menuturkan bahwa pil KB tertentu (yang mengandung zat besi) tidak hanya mampu mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, tetapi juga bisa mengatasi gejala anemia. Nah, bagi Moms yang memiliki riwayat anemia dan ingin menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi, Moms dapat memilih pil KB yang mengandung zat besi ini. Namun tentunya, Moms harus mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter, ya.

Pil KB dapat menyebabkan kanker?

Fakta: Ada banyak faktor risiko yang bisa menyebabkan kanker dan pil KB bukanlah salah satunya. dr. Tania Savitri menjelaskan bahwa pil KB justru bisa memiliki efek perlindungan terhadap beberapa jenis kanker. Menurutnya, bagi wanita yang sudah memiliki risiko terkena kanker dan memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker, mengonsumsi pil KB bisa membantu mengurangi tiga jenis kanker yaitu kanker ovarium, edometria serta kolorektal.

Menurut beberapa penelitian, memang ada sedikit peningkatan risiko kanker hati, payudara, dan serviks. Namun, sedikit peningkatan risiko kanker tersebut lebih dipengaruhi oleh faktor hormonal lainnya, ya, Moms.

Pil KB bikin gemuk?

Fakta: Banyak Moms yang menghindari mengonsumsi pil KB karena takut menjadi gemuk. Menurut dr. Tania Savitri, hormon estrogen dan progestin memang membuat beberapa wanita merasa kembung dan meningkatkan nafsu makan. Hal inilah yang membuat berat badan wanita meningkat. Namun, hormon estrogen pada beberapa pil KB saat ini memiliki dosis yang lebih rendah sehingga berat badan bisa tetap stabil.

Pil KB bikin ASI kering?

Fakta: Menurut dr. Elizabeth Margaretha, Konselor ASI di RSIA Grand Family Pantai Indah Kapuk, menggunakan alat kontrasepsi hormonal termasuk mengonsumsi pil KB dapat memengaruhi produksi ASI. Sebab, hormon estrogen dan progesteron pada pil KB bekerja berlawanan dengan hormon prolaktin, yakni hormon yang membuat sel-sel produksi ASI bekerja maksimal. Ketika busui mengonsumsi pil KB, hormon estrogen akan menekan kinerja hormon prolaktin dan menjadikan produksi ASI menurun.

Namun, saat ini sudah ada pil KB khusus ibu menyusui yang hanya mengandung hormon progestin dengan dosis rendah sehingga tidak mengganggu produksi ASI untuk si Kecil.

Tidak perlu konsultasi sebelum minum pil KB?

Fakta: Meskipun pil sangat aman dikonsumsi, pada kasus-kasus tertentu pil ini bisa jadi membahayakan kesehatan kita Moms. Dilansir dari Planned Parenthood, beberapa wanita yang mengidap sakit jantung, kanker hati, hipertensi, kemungkinan tidak cocok mengonsumsi pil KB, khususnya pil KB kombinasi. Sebab, obat-obatan yang mereka konsumsi tidak hanya akan memengaruhi kinerja pil KB, kombinasi obat-obatan tertentu dengan pil KB juga malah bisa membahayakan tubuh kita.

Jadi, sebelum mengonsumsi pil KB, kita wajib berkonsultasi dulu dengan dokter. Tanyakan apakah jenis pil KB yang Moms inginkan cocok dengan kondisi Moms.

Nah, itulah 7 mitos dan fakta mengenai pil KB. Selama dikonsumsi dengan bijak dan mematuhi anjuran dokter, penggunaan pil KB tentunya sangat aman, ya, Moms!

Referensi: Klik Dokter, Hello Sehat, Viva.co.id, Planned Parenthood

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

13375 Andalan Kontrasepsi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

3 Jenis Kandungan Pada Minyak Telon Yang Memiliki Fungsi Berbeda

Moms yuk pelajari 3 jenis kandungan pada minyak telon yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Selain Untuk Balita, Inilah Manfaat Lain Dari Minyak Telon Bagi Orang Dewasa

Selain untuk balita, inilah manfaat lain dari minyak telon bagi orang dewasa.

Perbedaan Diffuser and Humidifer

Apa sih perbedaan diffuser dan humidifier? Simak bersama berikut ini.

Mengenal Bahan Dasar Stroller Terbaik untuk si Kecil

Meski bobotnya ringan, material PET dapat membuat frame stroller padat dan kokoh.

5 Perlengkapan yang Wajib Ada di Nursery Room

Sebelum Mommy tergoda untuk mendekor, berikut ini adalah hal penting yang perlu diperhatikan!

Pil KB Bisa Hilangkan Jerawat & Lancarkan Siklus Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Pil KB kini semakin inovatif. Dampak positif meminum pil KB membuat kulit jadi mulus dan wajah bebas jerawat.

Perawatan yang Tepat untuk Botol Susu Kesayangan si Kecil

Botol susu yang baik perlu dirawat dengan baik pula agar memberikan manfaat yang maksimal.

Cara Ikutan Share and Win Photo Contest

Yuk ikuti Share and Win Photo Contest, dan dapatkan kesempatan memenangkan total hadiah Rp 25 juta!

Dr. Brown's Contest: Share and Win!

Moms, yuk ikutan Share and Win Photo Contest, dan dapatkan total hadiah Rp 25 juta! Berikut syaratnya!

Dr. Brown's Contest: Share and Win!

Yuk ikuti Share and Win Contest dan dapatkan total hadiah Rp 25 juta rupiah!

Dr. Brown's Contest: Share and Win!

Dr. Brown's berkolaborasi dengan Babyologist & Chubby Baby Shop mengadakan Share and Win Photo Contest.

Menyiapkan Tempat Tidur yang Ideal untuk Si Kecil

Bingung cari perlengkapan tidur si Kecil? Yuk simak tips berikut ini!

Apa Perbedaan Sterilisasi Konvensional dan Modern?

Sterilisasi dapat dibagi menjadi dua yakni sterilisasi panas dan sterilisasi hangat. Apa bedanya?

Tips Mengatasi Kulit Bayi yang Kering dan Dehidrasi

Hydrating dan moisturizing, dua istilah tersebut ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Lalu, apa perbedaannya?

Babyo Review Pigeon Japan Vernix Skincare

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang tipis dan sel yang lemah, untuk itu ia memerlukan perawatan kulit khusus bayi.

Mana Lebih Baik, Unscented atau Scented?

Terdapat banyak pilihan produk perawatan kulit, salah satunya adalah scented & unscented. Namun, manakah yang lebih baik?

Merawat Kulit Bayi

Perawatan kulit bayi nyatanya tidak boleh sembarangan, terutama jika ia memiliki kulit yang sensitif.

Seberapa Sering Bayi Harus Mandi?

Bayi yang dimandikan 2 kali sehari ternyata berisiko membuat kulitnya menjadi kering. Maka, apa yang sebaiknya dilakukan?

Hipotermia pada Bayi dan Cara Mencegahnya

Setelah lahir, tubuh bayi belum dapat mengatur suhu sehingga dapat menyebabkan ia mengalami hipotermia.

Pentingnya Hood pada Stroller si Kecil

Apakah Moms tahu bahwa stroller hood memiliki fungsi untuk keamanan dan kenyamanan si Kecil?