Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

7 Manfaat Kurma untuk Ibu MengASIhi

FEEDING  |  MY STORY  |  PARENTING  |  26 Feb '20


Kelancaran ASI eksklusif bisa diperoleh dengan banyak cara ya Moms. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang dipercaya mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Kurma merupakan salah satu makanan yang dipercaya sebagai ASI booster. Apakah itu benar? Kurma memiliki kalori yang cukup tinggi. Dan mengandung nutrisi yang sangat penting seperti karbohidrat, serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, zat besi, dan vitamin B6. Lantas apa manfaat kurma bagi ibu menyusui? Yuk, kita bahas lebih jauh, Moms.

  1.    Meningkatkan kuantitas ASI

Kurma mengandung asam amino esensial yang disebut Triptofan. Triptofan berfungsi untuk menetralkan fungsi hormon dopamin dengan cara menunjang hormon seratonin. Nah, menurunnya hormon dopamin ini akan meningkatkan fungsi hormon prolaktin yang meningkatkan kuantitas ASI.

  1.    Menguatkan tulang

Kurma termasuk salah satu makanan kaya kalsium. Hal ini akan membantu Moms menjaga kesehatan tulang. Konsumsi kalsium yang cukup akan menghindarkan Moms dari pegal-pegal atau nyeri berlebih selama proses menyusui.

  1.    Menjaga pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kurma akan membantu Moms menjaga pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan seratnya juga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi yang tentunya dapat menghambat proses mengASIhi.

  1.    Menguatkan sisten imun

Selama menyusui si Kecil, sangat mungkin sistem imun Moms menurun karena kurang istirahat dan asupan nutrisi yang kurang karena proses produksi ASI. Kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh Moms dan membuat Moms tidak mudah sakit.

  1.    Mencegah anemia

Saat mulai memiliki momongan Moms pasti sering begadang. Hal ini rentan memicu anemia selama menyusui, loh, Moms. Kandungan vitamin B yang ada pada kurma membantu Moms mengatasi hal ini.

  1.    Menjaga perkembangan sistem saraf

Kandungan potassium pada kurma terbukti sangat bagus untuk menjaga fungsi saraf Moms, loh. Selain itu, potassium juga bermanfaat untuk menjaga agar perkembangan saraf otak si Kecil tetap sesuai dengan usianya dan tidak mengalami hambatan.

  1.    Dopping setelah melahirkan

Setelah proses melahirkan, pasti tenaga Moms sangat terkuras. Padahal, saat inilah yang merupakan saat penting si Kecil mengkonsumsi ASI dan bonding dengan Moms. Kurma bisa jadi pilihan makanan yang Moms konsumsi setelah melahirkan untuk mengembalikan tenaga, loh. Satu butir buah kurma mengandung 50% glukosa dan 2-4 persen serat yang dapat membantu mempercepat pemulihan energi.

Nah, itu tadi 7 manfaat kurma untuk menyukseskan ASI eksklusif.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

310 Anna Rosida

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Di Rumah Aja Tapi ASIP di Freezer Full? Kok Bisa?

Siapa nih moms yang masih semangat pumping meski di rumah aja? Wah, meski di rumah aja tapi semangat mengASIhi jangan sampai kendor ya moms. Di [...]

8 Sumber Karbohidrat Selain Nasi untuk si Kecil

Jika si Kecil menolak makan nasi, Moms tidak perlu khawatir. Ada beberapa pilihan karbohidrat selain nasi seperti berikut:

Resep Sop Sosis Makaroni a la Mom Defan

Butuh resep baru untuk MPASI si Kecil? Simak Mom Defan membagikan resep sop sosis makaroni berikut ini.

Perlukah Full Mom Memerah ASI?

Dari pengalaman yang akan saya bagikan, saya menyimpulkan bahwa sebagai full mom, memerah ASI tetap menjadi hal yang penting bagi saya.

Anak GTM? Tak Perlu Panik Moms!

Tahap MPASI sering menjadi momok bagi sebagian besar Moms. Ya, GTM alias Gerakan Tutup Mulut adalah masa-masa si Kecil tidak mau makan. [...]

Udah Gede, Kok Masih Disuapin?

Sampai saat ini, saya dan suami masih bergantian setiap hari menyuapi anak kami, Elkana yang sudah berusia 5 tahun.