Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

6 Cara Memfasilitasi #BelajarDariRumah dan Tumbuh Kembang Anak Saat Pandemi

BRANDS  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  25 Mar '21


Pandemi COVID-19 telah membuat kehidupan manusia berubah drastis. Semua segi kehidupan manusia, termasuk kegiatan belajar mengajar harus melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru demi mengurangi penyebaran virus Corona. Apalagi beredar kabar bahwa varian terbaru, yaitu varian Delta, lebih berisiko menyerang anak-anak. Agar para anak tetap dapat menimba ilmu, mereka harus belajar dari rumah. WhatsApp group discussion, Zoom meeting, online projects, dan semacamnya kini menjadi kegiatan yang sudah biasa.

Masalahnya, perubahan kebiasaan belajar di sekolah ke belajar di rumah lebih sulit dilakukan pada anak usia dini karena anak-anak yang masih balita dan yang berada di jenjang Sekolah Dasar pada umumnya membutuhkan lebih banyak bantuan dalam belajar. Tidak semua orang tua siap mendukung anak-anak mereka belajar di rumah.

Apa saja yang perlu Moms lakukan selaku orang tua untuk memfasilitasi home-based learning?

Mendukung Tumbuh Kembang Anak saat belajar di rumah tidak semudah menyuruhnya duduk di depan komputer dan berharap dia akan langsung melakukan tugas-tugasnya dengan baik. Persiapan orang tua untuk membantu si Kecil belajar dari rumah sangat dibutuhkan agar home-based learning dapat berlangsung dengan efektif.

1.    Buatlah lingkungan belajar yang efektif

 

Sama halnya dengan bagaimana lingkungan sekolah didesain sedemikian rupa sehingga penghuninya dapat produktif, demikian pula lingkungan rumah ketika si Kecil harus belajar dari rumah. Persiapkan sudut belajar khusus untuk si Kecil untuk memudahkannya beradaptasi dengan kurikulum online-nya. Lingkungan belajar yang efektif juga dirancang untuk membantu si Kecil lebih berkonsentrasi, belajar lebih cepat, dan belajar lebih baik.

Karena itulah, pilihlah meja, kursi, dan peralatan lainnya paling nyaman. Ingatlah bahwa si Kecil akan duduk selama berjam-jam dalam sehari untuk waktu yang lama. Kita tidak tahu kapan pandemi akan berakhir. Menginvestasikan ruang belajar yang nyaman sepadan dengan waktu yang si Kecil habiskan dengan kondusif di ruangan tersebut. Lagipula, ketika si Kecil tahu dia sedang berada di ruang khusus belajar, dia akan paham bahwa dia tidak seharusnya bermain-main ketika tiba waktunya belajar. Moms pun akan lebih mudah membuatnya termotivasi untuk belajar.

Berikut ini 5 ciri umum ruang belajar yang produktif: bebas dari gangguan, akses mudah ke materi pembelajaran, pencahayaan yang bagus, ventilasi dan suhu yang baik, serta nyaman untuk belajar (bukan untuk beristirahat). Nah, pastikan ruang belajar si Kecil memiliki ciri-ciri di atas, ya, Moms!

2.    Buatlah jadwal yang realistis

Dengan tujuan dan jadwal yang tetap setiap harinya, Moms dapat mengurangi beberapa tekanan yang si Kecil hadapi saat mulai belajar dari rumah. Tanpa tujuan yang jelas serta waktu yang tetap, si Kecil akan mudah melupakan proses pembelajaran. Maka, meskipun tidak bisa 100% mensimulasikan belajar di sekolah, pertahankan struktur jadwal yang biasa digunakan si Kecil ketika pergi ke sekolah. Ini akan memberikan suatu rutinitas baginya, yaitu dia tetap bersekolah kecuali sekolahnya pindah ke rumah. Meski begitu, tetaplah fleksibel, sesuaikan jadwal apabila Moms mengamati bahwa si Kecil belajar lebih baik pada waktu yang berbeda pada satu hari. Pada akhirnya, tujuan utamanya adalah agar si Kecil terus belajar.

3.    Jadilah sebagai asisten guru

Jika sekolah telah menerapkan home-based learning dengan kelas online, Moms akan bertindak lebih seperti fasilitator atau asisten guru. Ikuti program yang telah ditetapkan guru dan sekolah si Kecil. Namun, bersiaplah untuk menjawab pertanyaan apa pun dari si Kecil.

4.    Luangkan waktu untuk beristirahat

Sama seperti di sekolah, si Kecil pun butuh beristirahat. Apalagi, karena si Kecil melihat layar komputer dalam waktu lama. Istirahatlah setidaknya setiap 1-2 jam. Selama beristirahat, usahakan agar si Kecil melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan layar atau gadget. Dorong dia untuk melakukan aktivitas yang memerlukan gerak tubuh seperti berolahraga, memasak, menggambar, membaca buku, atau bermain di halaman rumah. Bahkan, dia dapat menggunakan waktu istirahatnya untuk tidur sebentar.

5.   Sajikan makanan sehat yang mampu mendukung daya ingat dan daya tangkap si Kecil

 

Untuk mendukung konsentrasi belajar si Kecil, pastikan Moms memberikan cemilan dan nutrisi terbaik setiap harinya. Perlu Moms ingat kembali, makanan yang dikonsumsi anak sangat penting karena usia si Kecil, merupakan saat krusial untuk perkembangan otak. Apa yang dikonsumsi si Kecil berperan besar dalam pengembangan fokus dan kemampuan kognitifnya.

Cemilan-cemilan sehat untuk menemani si Kecil school from home bisa Moms dapatkan di Kumpulan Resep MorinagaSementara itu, untuk nutrisi terbaik yang mendukung daya ingat dan daya tangkap si Kecil bisa Moms dapatkan dari Morinaga Platinum sebagai Susu Pertumbuhan pertama di Indonesia dengan Sinergi Probiotik Triple Bifidus & Prebiotik GOS , untuk mendukung Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal si Kecil, dengan kandungan sebagai berikut:

  • Nutrisi pendukung kecerdasan multitalenta: AA & DHA, Alfa Laktalbumin, Kolin, Zat Besi, Omega-6 & Omega-3, dan Vitamin B12.
  • Nutrisi pertahanan tubuh ganda: Probiotik Triple Bifidus, Prebiotik GOS, Nukleotida, Vitamin A, C, E dan Zink.
  • Nutrisi tumbuh kembang optimal: Kalsium, Vitamin D, Magnesium, Whey Protein, 15 Vitamin dan 9 Mineral.

6. Bantu stimulasi si Kecil selama #BelajarDariRumah

Moms, stimulasi sangat penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Dengan stimulasi yang tepat, kecerdasannya akan dipupuk hingga optimal. Untuk memudahkan Moms memilih stimulasi yang tepat untuk si Kecil, Moms bisa kunjungi Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) untuk mencari ide-ide permainan seru yang bisa menstimulasi si Kecil. Bukan hanya itu, Moms juga bisa mengidentifikasi kecerdasan si Kecil terlebih dahulu sehingga Moms bisa merencanakan kegiatan-kegiatan stimulasi yang tepat untuk si Kecil. Dengan sering menstimulasi si Kecil, Moms dapat melatih kecerdasan multitalentanya.

Hanya karena gedung sekolah ditutup dan kegiatan belajar di luar rumah ditiadakan selama pandemi, bukan berarti pembelajaran harus dihentikan. Tetap berikan motivasi untuk si Kecil agar dia terus belajar dari rumah, ya, Moms!

 

Referensi: Morinaga Platinum, NUADU Newsroom, SERSC, Smile Tutor, SPH

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2483 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories