Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

6 Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Selama Pandemi Virus Corona

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  10 Apr '20


Pandemi Virus Corona yang sedang menyerang sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia, ini membuat aktivitas sehari-hari masyarakat sangat terganggu. Orang-orang diminta berdiam diri di rumah apabila tidak mempunyai kepentingan mendesak atau esensial untuk meminimalkan kemungkinan penularan virus. Mereka juga diminta tidak melakukan kontak fisik dan menjaga jarak.

Bahkan, saking berbahaya virus ini, WHO mengubah penggunaan frasa social distancing (menjaga jarak sosial) menjadi physical distancing (menjaga jarak fisik) sehingga menegaskan perintah untuk tetap di rumah selama pandemi COVID-19 ini berlangsung. Untuk interaksi sosial, masyarakat tetap bisa melakukannya dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi.

Berdiam diri di rumah bukan berarti boleh terus-terusan bermalas-malasan. Moms, si Kecil, dan seluruh anggota keluarga pun harus tetap menjaga kesehatan selama beraktivitas di rumah.

Ini beberapa hal yang bisa Moms dan si Kecil lakukan agar tetap sehat dan bugar di rumah:

1. Ajarkan perlunya sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh

Untuk mencegah penularan dan mematikan virus, Moms perlu mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada si Kecil. Ajak dia mencuci tangannya setidaknya 20 menit dengan menggunakan sabun dan air. Praktikkan langkah-langkah cuci tangan dengan benar. Larang si Kecil untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut apalagi kalau dia belum mencuci tangannya. Pastikan Moms memberi arahan dengan lembut tetapi tegas agar si Kecil paham betul pentingnya menjaga kebersihan tubuh.

2. Ajarkan si Kecil cara batuk dan bersin dengan benar

Si Kecil perlu membiasakan diri batuk dan bersin dengan benar. Caranya, minta dia menutup mulut dan hidungnya dengan menggunakan tisu jika dia batuk atau bersin. Lalu, segera buang tisu tersebut. Jika saat terasa ingin batuk atau bersin tidak bisa segera mengambil tisu, ajarkan untuk bersin atau batuk di siku, bukan tangan. Pastikan dia bisa menjangkau tempat tisu dan tempat sampah dengan mudah.

3. Hindari kontak dengan orang-orang yang sakit

Jika si Kecil sakit selama berada di rumah, pisahkan dia dari anak-anak dan anggota keluarga lainnya sampai dia sembuh total. Jika dia sedang sehat, berilah pengertian bahwa dia perlu menghindari kontak fisik dengan anggota keluarga agar tidak tertular sakit.

4. Persiapkan aktivitas bermain dan belajar

Agar badan tetap aktif selama berada di rumah, si Kecil bisa melakukan permainan seperti lompat tali, main balok, membentuk plastisin, dan lain sebagainya. Apabila Moms memiliki anak remaja, Moms bisa melibatkan mereka untuk menciptakan gerakan-gerakan tari atau olahraga di ruang keluarga atau halaman rumah. Waktu luang di rumah juga bisa digunakan untuk membaca buku bersama-sama. Kegiatan ini akan menguatkan bonding antara Moms dan si Kecil sekaligus mengembangkan kemampuan berbahasanya.

Moms juga bisa menilik situs Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) untuk menstimulasi kecerdasan dengan aktivitas bermain dan belajar si Kecil. Di situs yang berbasis Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk tersebut, Moms dapat memaksimalkan kecerdasan si Kecil dengan identifikasi kecerdasan majemuk dan menggali potensi si Kecil lewat berbagai ide permainan menarik. Ide bermainnya juga bisa Moms sesuaikan dengan usia Si Kecil dan kategori kecerdasan yang ingin diasah.

5. Penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil terutama nutrisi yang menambah imunitas

Penyakit apa pun akan lebih mudah menyerang seseorang apabila kondisi tubuh dia sedang tidak fit, tak terkecuali Corona. Maka dari itu, imunitas si Kecil haruslah kuat untuk menangkal penyakit. Selain tubuh yang bugar karena aktif berolahraga, si Kecil perlu makan makanan bergizi pula untuk menambah imunitasnya. Berikan si Kecil makanan yang tinggi protein, vitamin, dan mineral seperti asupan makanan sehat sehari-hari, sayur, buah serta camilan yang sehat.

6. Tingkatkan ketahanan tubuh si Kecil dengan memberi susu pertumbuhan mengandung Triple Bifidus untuk Pertahanan Tubuh Ganda

Di samping nutrisi berupa makanan dan minuman sehat sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, Moms juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan. Pilihlah susu pertumbuhan dengan sinergi nutrisi 3 faktor yaitu faktor Pertahanan Tubuh Ganda, Kecerdasan Multitalenta, dan Tumbuh Kembang Optimal seperti susu Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus. Susu untuk anak usia 1-3 tahun ini sudah dilengkapi nutrisi yang bisa mengoptimalkan perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan fisik si Kecil seperti AA & DHA, Alfa Laktalbumin, Kolin, Zat Besi, Omega-3 & Omega-6, Fosfolipid, Kalsium, Vitamin D, Magnesium, dan Beta Palmitat. Khusus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, susu ini dilengkapi Nukleotida, Prebiotik GOS, dan Triple Bifidus.

Triple Bifidus merupakan sebutan untuk tiga bakteri baik di saluran cerna. Tiga bakteri tersebut termasuk dalam golongan Bifidobakterium. Bakteri baik pertama, Bifidobacterium longum BB536, berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi tubuh. Tidak hanya itu, bakteri ini juga mencegah influenza, ISPA, dan infeksi saluran napas lainnya. Kemudian, Bifidobacterium breve M-16V yang juga termasuk dalam golongan Triple Bifidus ini ampuh mencegah konstipasi, diare, dan infeksi saluran pencernaan lain. Terakhir, Bifidobacterium infantis M-63 membantu penyerapan nutrisi tubuh dan mengurangi gejala-gejala alergi yang mungkin muncul.

Jaga diri Moms, si Kecil, dan seluruh anggota keluarga tetap sehat dan aktif selama berada di rumah dengan tips-tips tersebut di atas. Semoga krisis ini cepat berlalu dan teratasi.

Referensi: Healthy Children, Kid’s Health, Klik Dokter,[dsk13]  Liputan 6, Morinaga, WebMD

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4758 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms, Yuk, Sayangi Bahumu!

Karena sering membawa beban berat yang tidak seimbang di bahu, seseorang dapat menderita kejang otot lokal di sekitar leher dan panas di bahu. [...]

Mau Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Jaga Makan, Olahraga, dan Jaga Kualitas Udara

Di masa new normal ini, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk, simak berikut ini.

Cara Mudah Mencegah Dehidrasi yang Menyebabkan Virus Bertumbuh

Tahukah Moms bahwa tenggorokan yang kering dapat menyebabkan virus bertumbuh? Yuk, cegah dengan cara berikut ini!

Tips Buat Moms untuk Sambut New Normal Dengan Imunitas Prima

Moms sudah harus kembali beraktivitas di masa new normal ini? Pastikan imun kuat ya!

Apa Saja Keunggulan UV Air Purifier?

Apa kelebihan UV air purifier dengan air purifier lainnya? Mari simak bersama berikut ini.

Tetap Sehat Walau #DiRumahAja

Walaupun #dirumahaja, jangan lupa untuk memastikan Anda dan keluarga dalam keadaan sehat-sehat ya Moms and Dads.

Cara Yang Benar Dalam Menggunakan Minyak Telon Untuk Bayi

Penggunaan minyak telon tentu tidak asing lagi. Tapi tahukah Moms mengenai cara penggunaannya yang benar?

Manfaat Air Humidifier Pada Masa Pandemi COVID-19

Apa manfaat air humidifier untuk kesehatan? Mari pelajari bersama berikut ini.

Tips Mencegah DBD pada si Kecil

Selain Covid-19, Moms and Dads juga harus berwaspada terhadap bahaya demam berdarah. Simak tips berikut ini ya.

Tips Berjemur Dengan si Kecil

Berjemur adalah salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D yang kita butuhkan. Simak tips berjemur yang aman berikut ini yuk.

Apa Itu Cradle Cap?

Apa sih cradle cap? Berbahayakah untuk si Kecil? Kita simak bersama berikut ini.

Purifier dan Humidifier, Apa Bedanya?

Moms pasti sering mendengar istilah Air Humidifier dan Air Purifier. Sebetulanya apa, sih, bedanya? Yuk simak berikut ini!

Tips Mengurangi Risiko Alergi pada Bayi dengan Humidifier

Unit cool mist humidifier menggunakan filter sumbu internal untuk menyerap air dari cadangannya.

Tips Mencegah Infeksi Virus dengan Purifier

Air purifier dapat menghilangkan mikroba-mikroba terkecil di udara.

4 Cara Menjaga Kebersihan Udara agar Terhindar dari Virus

Untuk memperlambat pertumbuhan mikroba jahat, pastikan kelembaban udara di rumah sekitar 30% hingga 50%.

Seberapa Pentingkah Humidifier Bagi Kesehatan Anak?

Humidifier dapat membantu menjaga kulit si Kecil tetap lembab saat dia menderita eksim.

Perbedaan Cod Liver Oil dan Minyak Ikan Biasa

Apa, sih, bedanya cod liver oil dengan minyak ikan biasa? Yuk cari tahu jawabannya di artikel ini!

Gerakan Yoga Untuk Anak

Mengajarkan yoga kepada anak-anak adalah hal terbaik yang bisa moms lakukan buat mereka.

Usir Stretch Marks? Begini Caranya!

Bagaimana, sih, cara mengusir stretch marks? Yuk simak caranya di sini!

Apa itu Dermatitis Atopik atau Eksim?

Dermatitis atopik adalah penyakit kulit kering, gatal, pecah-pecah yang meradang.