Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

6 Tips Hamil Sehat

PREGNANCY  |  08 Nov '18


Kehamilan tentunya dianggap sebagai anugerah bagi sebuah keluarga terutama keluarga baru. Ibu hamil yang baru pertama kali mengalami perjalanan kehamilan tentu membutuhkan banyak wawasan. Demi menjaga jabang bayi agar tetap sehat.

Tips Hamil Sehat

  • Penuhi kebutuhan kalori ibu hamil
    Pada 6 bulan pertama kehamilan (trimester pertama dan kedua), seorang ibu hamil membutuhkan kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Sementara itu, saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, seorang ibu hamil membutuhkan 2.200 kalori per hari. Kebutuhan kalori ini tidak mutlak sama untuk setiap ibu hamil melainkan berbeda-beda sesuai berat badan, jenis kehamilan (kembar atau tidak), dan aktivitas sehari-hari.

  • Makan dengan porsi kecil namun sering
    Ibu hamil trimester ketiga disarankan untuk makan dengan porsi kecil namun frekuensi sering. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya yang kaya akan asam folat, vitamin B6, dan zat besi. Makanan kaya asam folat contohnya brokoli, kentang, jeruk, telur, dan asparagus. Makanan mengandung vitamin B6 misalnya kacang-kacangan, roti gandum, dan pisang. Makanan kaya zat besi di antaranya adalah daging merah dan sayuran hijau.

  • Konsumsi susu hamil atau suplemen kehamilan
    Susu hamil dan suplemen kehamilan sudah terbukti mampu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Kedua jenis makanan tadi mengandung asam folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, kalsium, AA, dan DHA. Meskipun terbukti baik untuk ibu hamil, Moms harus menanyakan dulu kepada dokter spesialis kandungan Moms untuk menentukan jenis suplemen dan dosis minum. Perlu diingat, susu hamil dan suplemen kehamilan hanyalah pelengkap nutrisi ibu hamil. Moms tetap perlu mengonsumsi bahan makanan alami sebagai asupan gizi utama.

  • Siapkan mental dan fisik kuat sebelum bepergian
    Ibu hamil tidak harus selalu berada di dalam ruangan dan tidak melakukan aktivitas apapun. Bepergian tentu saja diperbolehkan asal tidak membebani fisik dan mental. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya.

    Sebelum bepergian Moms perlu mempersiapkan beberapa hal
  1. Kurangi efek mual dengan mengonsumsi minuman jahe, kamomil, raspberi, vitamin B6, dan vitamin B12 selama trimester pertama. Selalu bawa obat mual resep dokter selama perjalanan untuk berjaga-jaga. Istirahatlah dan jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan ketika muncul flek-flek.
  2. Regangkan kaki dan pijatlah punggung Moms jika sudah duduk cukup lama ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua. Kegiatan ini berfungsi untuk mengurangi nyeri dan kram.
  3. Jangan menahan buang air kecil terutama saat kehamilan sudah mencapai trimester ketiga. Kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.
  4. Jika usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu, jangan memaksakan diri untuk melakukan perjalanan jauh. Moms juga harus sudah dapat mengenali tanda-tanda persalinan.
  • Ikuti kelas yoga pre-natal
    Yoga pre-natal adalah kegiatan yoga yang dilakukan ibu hamil. Aktivitas ini dapat menjaga kesehatan janin, menjaga kebugaran, dan membantu tubuh lebih siap menghadapi persalinan. Moms perlu mendiskusikan rencana melakukan yoga pre-natal kepada dokter terutama jika Moms memiliki masalah jantung dan tulang punggung serta memiliki riwayat kelahiran prematur.

  • Periksa kehamilan secara rutin
    Periksa kehamilan sebulan sekali pada trimester pertama, 2 minggu sekali pada trimester kedua, dan seminggu sekali pada trimester ketiga mulai dari minggu ke-36. Pemeriksaan kehamilan secara teratur dapat mengurangi risiko tidak menyenangkan yang terjadi selama dan setelah kehamilan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

365 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Melahirkan Lancar Aman Damai dengan BPJS #sharingbubuice

#sharingbubuice Ada yang masih hamil? Ada yg pegang kartu bpjs? Disimpen baik-baik ya kali aja kepake 😍 Oke jadi sebelumnya aku uda banyak de [...]

Tips Tradisional, Murah & Mudah agar ASI Lancar Jaya

Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI . Sayangnya, banyak ibu yang tidak mengetahui cara [...]

Pengalaman Melahirkan Prematur

Kita yang merencanakan Allah yang menentukan. Benar benar diluar rencana. Saat aku sudah merencanakan lahiran normal di bidan dekeeeet bgt dari [...]

Pengalaman melahirkan di masa pandemi Covid-19

Akhirnya aku bisa menyempatkan waktu untuk nulis artikel lagi, karena masih repot ngurusin bayi dan batitaku. 2 Bulan lalu aku melahirkan di [...]

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas?

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas? Kita tentu sering sekali mendengar tentang bahayanya makan nanas ketika hamil. Banyak yang berkata bahwa [...]

Persiapan, Resiko dan Keuntungan Hamil di Usia 35 tahun

Moms berusia 35 tahun atau lebih dan merindukan kehamilan? Perhatikan hal-hal berikut ini ya.

Tips Meminimalisir Kehamilan Resiko Tinggi

Bagi yang merencanakan kehamilan, simak yang satu ini yuk.

Pengalamanku Berpuasa Saat Hamil Muda

Yuk simak tips berpuasa bagi ibu hamil muda berikut ini.

Tidur Siang Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir dengan Craddle Cap?

Betulkah tidur siang di saat hamil dapat menyebabkan si Kecil terlahir dengan cradle cap?

Tips Menjalani Kehamilan dengan Nyaman

Siapa ibu hamil disini yang sering khawatir? Rasa stres dan khawatir bisa membuat kehamilan jadi ga nyaman loh.

Tips Meminimalisir Stretch Mark Selama Kehamilan

Bagaimana caranya menimalisir stretchmark selama kehamilan? Yuk, simak tips berikut ini.

Macam-macam Test Lab Selama Kehamilan

Tes laboratorium sangat penting dalam menunjang kesehatan kehamilan. Simak macam-macam tes lab selama kehamilan berikut ini, Moms!

Manfaat Birth Ball untuk Persalinan

Bermanfaatkah birth ball di masa kehamilan dan juga saat bersalin? Yuk, simak bersama berikut ini.

Sisi Positif dan Negatif Es Krim untuk Ibu Hamil

Siapa disini yang suka es krim? Bagaimana dengan mengonsumsi es krim selama masa hamil, boleh tidak? Yuk, simak berikut ini.

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Apa saja manfaat dari prenatal yoga? Yuk, kita simak cerita yang satu ini!

Bumil Pelihara Kucing? Aman Nggak Sih?

Amankah untuk ibu hamil memelihara kucing? Bagaimana dengan risiko toksoplasma? Yuk simak yang berikut ini.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos tentang masa kehamilan masih banyak terdengar. Yuk simak mitos-mitos berikut ini sehingga kita menjadi lebih bijak.

Tips Babymoon Aman dan Nyaman

Moms and Dads sedang merencanakan babymoon? Simak tips berikut ini agar liburannya berjalan dengan baik ya!

Sakit Pinggang: Tanda Kehamilan, atau Hanya Menstruasi?

Bingung apakah Moms sedang mengalami tanda menstruasi atau hamil? Mari simak beberapa perbedaan berikut.

5 Mitos Tentang Seks di Kolam Renang dan Bak Air Panas

Banyak pernyataan seputar berhubungan seks di dalam air yang bermunculan, tapi apakah itu fakta atau mitos?