Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

MY STORY  |  01 Aug '22


Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan fisik kita. Manfaat aktivitas outdoor tersebut ternyata juga sangat dirasakan oleh si Kecil. Moms pun diharapkan juga meluangkan waktu untuk mengajak si Kecil keluar rumah. Tentu saja, dengan tetap mempertimbangkan keamanan dan menjalankan protokol kesehatan.

Apa saja manfaat mengajak si Kecil keluar rumah?

1.  Mendorong perkembangan kognitif

Kemampuan kognitif pada dasarnya adalah kemampuan untuk berpikir dan belajar. Dengan mengenalkan si Kecil pada lingkungan baru, Moms turut mendorong stimulasi otak si Kecil. Banyak aktivitas sederhana bisa Moms kenalkan pada si Kecil yang dapat menstimulasi kemampuan kognitifnya. Salah satunya, mencium beragam bunga di taman dapat membantu pembentukan sinapsis otak. Si Kecil pun mendapatkan banyak informasi baru dan mulai menyatukannya menjadi suatu wawasan yang utuh.

2.  Meningkatkan keterampilan motorik

Sebagaimana dilansir oleh Schoolhouse, sebagian besar keterampilan motorik dasar dikembangkan pada usia lima tahun. Lingkungan baru dapat menantang bayi untuk melatih keterampilan motorik kasar. Secara keseluruhan, membawa si Kecil beraktivitas di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kekuatan dan perkembangan ototnya.

3.  Mendukung komunikasi dan perkembangan bahasa

Ketika sedang menjelajah tempat baru, seringkali si Kecil mengungkapkan perasaannya dengan cara menggumam, berdecak kagum, dan mengeluarkan suara-suara lainnya. Aktivitas outdoor dapat menjadi kesempatan sempurna bagi si Kecil untuk menjadi lebih vokal dan membantu perkembangan bahasanya. Moms pun dapat membantu dengan cara menceritakan pengalaman dan mengajarinya keterampilan bahasa baru melalui permainan.

4.  Meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh

Sering menghabiskan waktu di luar ruangan terutama sejak usia muda ternyata berkorelasi positif dengan memiliki kekebalan yang lebih kuat. Hal ini karena paparan berbagai macam mikroba merangsang dan memperkuat sistem kekebalan si Kecil, bahkan dikaitkan dengan pencegahan alergi dan gangguan autoimun. Maka, dengan membawa si Kecil keluar sesuai protokol kesehatan, pada dasarnya Moms telah berinvestasi dalam kesehatannya untuk jangka panjang.

5.  Mendapatkan asupan vitamin D

Dengan membawa si Kecil berjemur, tubuhnya akan dapat memproduksi vitamin D saat menyerap sinar matahari. Manfaat vitamin D di antaranya membantu penyerapan kalsium, membantu pertumbuhan tulang, dan mencegah kelainan bentuk tulang seperti rakhitis.

6.  Menciptakan pola tidur yang sehat

Sering menghabiskan waktu di luar ruangan mendorong kualitas tidur yang lebih baik. Terbukti bahwa paparan sinar matahari menyebabkan produksi melatonin. Hormon melatonin membantu membuat si Kecil mengantuk dan akhirnya tertidur. Tidak hanya itu, menghabiskan lebih banyak waktu terpapar cahaya alami membantu mengatur ritme sirkadian alias siklus tidur-bangun.

Apa yang harus diperhatikan ketika membawa si Kecil keluar rumah?

1.  Pastikan sudah cukup umur, yaitu minimal berusia 3 bulan

Usia termuda si Kecil aman dibawa keluar rumah menurut para pakar kesehatan adalah 3-6 bulan. Di usia tersebut, kekebalan tubuhnya sudah terbentuk sempurna sehingga sudah lebih kuat dari kemungkinan terinfeksi kuman serta terpaan udara panas, dingin, maupun lembab. Bayi usia 3 tahun juga telah mendapatkan beberapa vaksinasi wajib penting untuk menambah kekebalan tubuhnya terhadap penyakit tertentu.

2.  Kondisi sehat dan stabil, tidak mengalami gangguan kesehatan serius

Si Kecil yang dalam kondisi tidak fit sebaiknya tidak dibawa bepergian dulu, ya, Moms. Pasalnya, kondisi tersebut akan membuat sistem imunitasnya menurun lantas dia mudah terkena penyakit. Pastikan juga dia tidak mengalami gangguan kesehatan serius, misalnya gangguan paru atau jantung yang lazim ditemui pada bayi yang lahir prematur.

3.  Membawa keperluan esensial si Kecil di tempat yang mudah dijangkau

Masukkan keperluan esensial si Kecil di dalam tas perlengkapan dan letakkan di tempat yang mudah terjangkau. The National Charity for Pregnancy, Birth, and Early (NCT) menyebutkan keperluan esensial yang harus dibawa saat si Kecil diajak bepergian yaitu makanan dan minuman, botol, dot, ASIP/susu formula,  popok, lap, alas ganti, baju ganti, gendongan bayi/stroller, kotak P3K dan obat-obatan, serta tabir surya.

4.  Memastikan bahwa si Kecil tidak terkena sunburn yang dapat membahayakan kesehatannya

Sunburn alias terbakar sinar matahari terjadi ketika kulit terekspos terlalu banyak sinar ultraviolet. Hal ini menyebabkan bagian terluar dari kulit melepuh hingga menjadi penyebab kanker kulit. Tanda-tanda sunburn di antaranya kemerahan di bagian yang terkena dan tidak kunjung sembuh bahkan terasa sakit.

Untuk menghindari sunburn, hindari paparan sinar matahari langsung. Pakaikan penutup kepala atau topi. Lindungi juga kulitnya dengan memakaikan pakaian yang menutupi sebagian besar kulitnya. Terakhir, aplikasikan sunscreen (tabir surya) pada bayi berusia 6 bulan ke atas bahkan saat cuaca mendung sekali pun.

Produk sunscreen apa yang bagus untuk si Kecil?

Sebagaimana orang dewasa, bayi dan anak-anak juga membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Apalagi, bayi dan anak-anak memiliki lapisan kulit yang sangat tipis.

Faktanya, sunscreen dapat mencegah sunburn hingga 92%, kanker kulit hingga 89%, dan penuaan dini hingga 50%. Oleh sebab itu, pilihlah sunscreen yang mampu melindungi kulit si Kecil tanpa merusak lapisan kulitnya yang sangat tipis. Sunscreen tersebut juga harus aman bagi kulit sensitif bayi, terbuat dari bahan-bahan natural, harganya terjangkau, dan bersertifikasi halal bagi yang Muslim.

Apa itu MOMAMI Sun Range?

Melihat tidak banyak produk sunscreen yang khusus untuk melindungi kulit bayi dan anak-anak, MOMAMI meluncurkan rangkaian produk sun protection Sun Range. MOMAMI Sun Range terdiri dari Rub a Dub Sunscreen Lotion, Itsy Bitsy Sun Stick, dan Sunny Buddy Soothing Gel. Ketiganya mampu melindungi si Kecil dari bahaya sinar UVA dan UVB serta membantu mencegah kulit terbakar saat terpapar sinar matahari. Produk-produk skincare untuk bayi dan anak-anak ini juga aman, natural, halal, dan terjangkau sehingga cocok sekali untuk pemakaian sehari-hari.

MOMAMI Rub a Dub Dub Sunscreen Lotion

  • Dengan SPF 50 & PA+++ yang memberikan perlindungan UVA dan UVB
  • Diperkaya Vitamin E untuk mencegah paparan radikal bebas pada kulit
  • Mengandung Aloe Vera, mengurangi kemerahan pada kulit saat terpapar sinar matahari
  • Formula yang ringan, lembut, dan tidak lengkat, dan cepat menyerap ke dalam kulit
  • Tidak mengandung Benzena yang berbahaya untuk kulit
  • Tidak mengandung alkohol, water resistant, dan no white cast
  • Hypoallergenic & dermatologically tested
  • Dapat digunakan dari bayi mulai umur 6 bulan

MOMAMI Itsy Bitsy Sun Stick

  • Melindungi kulit dari sinar matahari dengan SPF 50 & PA+++ yang memberikan perlindungan UVA dan UVB
  • Diperkaya dengan sunflower oil dan squalane yang tidak hanya melindungi, namun juga membantu melembapkan dan menenangkan kulit bayi
  • Double Network Silky System lembut saat dioleskan ke kulit sehingga memudahkan pengaplikasian, finishing yang powdery membuat kulit bayi menjadi halus
  • Tidak mengandung alkohol, water resistant, dan no white cast
  • Tidak mengandung Benzena yang berbahaya untuk kulit
  • Teruji secara hipoalergenik dan dermatologi sehingga aman untuk kulit sensitif
  • Bentuknya yang compact memudahkan saat dibawa bepergian
  • Dapat digunakan dari bayi mulai dari umur 6 bulan
  • Dibuat dengan natural ingredients
  • Berbahan dasar air dan aloe vera yang mengandung vitamin B12 dan vitamin E
  • Dengan tekstur gel sehingga mudah menyerap dan terasa ringan pada kulit
  • Tidak lengket saat digunakan
  • Diformulasikan tanpa alkohol sehingga aman untuk kulit bayi
  • pH seimbang sehingga cocok untuk seluruh jenis kulit
  • Dikembangkan khusus untuk kulit si Kecil yang baru saja terkena sinar matahari

 

MOMAMI Sunny Buddy Soothing Gel

Rangkaian produk pelindung kulit si Kecil dari sengatan matahari ini bisa dibeli di toko-toko perlengkapan bayi, dan di e-commerce Tokopedia dan Shopee.

Referensi:Beautynesia,Healthline,Klik Dokter,NCT,Schoolhouse

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

157 Momami Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

Khawatir Gigi Berlubang, Rawat Kesehatan Mulutnya Sejak Dini

Meski Moms mungkin tergoda untuk menunda merawat kebersihan mulut si Kecil sampai giginya tumbuh semua, merawat mulut dan gigi ternyata harus [...]

Candaan di Panggung Oscar Berujung Tamparan oleh Will Smith, Apa Sebenarnya Alopecia?

Panggung Gala Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles, gempar setelah Will

Babyo Tips with dr. Lucia Nauli: Moms Pusing Si Kecil Menolak Potty Training?

Moms pusing ga sih kalau si Kecil menolak potty training? Simak penjelasan dari dokter @lucianauli

Berbulan-Bulan di Rumah, Begitu Keluar Rewel

Bayi yang baru lahir memang sebaiknya tidak dibawa bepergian terlalu sering karena daya tahan tubuhnya yang masih cenderung rendah. Akan tetapi, [...]

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]