Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

6 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Perkembangan Otak si Kecil

FEEDING  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  07 May '19

Nutrisi otak merupakan salah satu faktor penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak si Kecil. Ingin tahu apa saja nutrisi otak agar anak cerdas? Simak informasi berikut ini.

Nutrisi Vitamin Tambahan Agar Perkembangan Otak si Kecil Optimal

  1. Vitamin C
    Vitamin C merupakan antioksidan penting yang dapat membantu melindungi otak dari ancaman radikal bebas. Vitamin C dipercaya membantu mencegah penyakit Alzheimer (hilang ingatan) dengan cara melawan penumpukan zat penyebab Alzheimer. Sumber vitamin C di antaranya jeruk, jambu dan stroberi.

  2. Vitamin B6
    Vitamin B6 berfungsi memproduksi serotonin dan dopamine. Kedua hormon tersebut mengoptimalkan kewaspadaan si Kecil. Kandungan vitamin B6 dapat ditemukan dalam lobak, sawi, kangkung, bawang putih dan kol.

6 Makanan yang Bermanfaat untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Otak

  1. Ikan Salmon
    Ikan salmon mengandung lemak sehat (asam lemak omega-3, DHA dan EPA). DHA dan EPA sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak si Kecil.

  2. Telur
    Telur merupakan jenis makanan yang relatif murah dengan kandungan protein tinggi dan mendukung nutrisi otak anak agar cerdas. Sumber penting protein ini mengandung kolin dengan jumlah tinggi di bagian kuning telur dan zat yang membantu perkembangan daya ingat atau memori anak.

  3. Selai Kacang
    Selai kacang mengandung vitamin E. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi membran-membran sel saraf. Bersama  Thiamin, kandungan vitamin E dapat membantu otak dan sistem saraf dalam memproses glukosa untuk kebutuhan energi.

  4. Gandum Murni
    Otak manusia membutuhkan persediaan glukosa dari dalam tubuh yang bersifat konstan. Gandum murni memiliki serat yang membantu mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Gandum murni juga membantu memelihara kesehatan sistem saraf otak manusia karena banyak mengandung vitamin B yang dibutuhkan tubuh.

  5. Susu dan Yoghurt
    Susu dan yoghurt mengandung vitamin B dan protein tinggi. Makanan tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neutrotransmitter. Selain itu, kandungan dalam susu dan yoghurt penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel manusia.

  6. Daging Sapi Tanpa Lemak
    Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi, seng dan protein. Fungsi ketiga zat bergizi tersebut adalah membantu menajamkan daya ingat si Kecil.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

293 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengajarkan Anak Minum Susu Menggunakan Straw Cup & Gelas

Moms dapat mulai mengajarkan si Kecil untuk melepas botol dan menggunakan gelas/straw cup di usia 6 bulan ke atas.