Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

6 Daftar Pertanyaan Wajib Sebelum Memilih Tempat Bersalin

MY STORY  |  PREGNANCY  |  11 Feb '20


Di usia kehamilan saya yang udah mulai memasuki 26w ini, saya sudah mulai berpikir tentang persalinan. Sebagian Moms-to-be juga mungkin mengalami kegalauan yang sama. Memang, memilih tempat bersalin bisa jadi hal yang complicated banget, ya, Moms. Apalagi, jika ini merupakan pengalaman pertama seperti saya.

Sebelum Moms memilih tempat bersalin, pasti ada banyak hal yang jadi pertimbangan. Mulai dari biaya hingga fasilitas yang ditawarkan. Keramahan petugas medis juga pasti jadi pertimbangan. Nah, untuk menghindari drama saat bersalin nanti yang disebabkan karena tempat bersalin yang kita pilih tidak sesuai dengan yang kita harapkan, sebaiknya Moms mencari info sebanyak-banyaknya sebelum menjatuhkan pilihan.

Moms bisa menanyakan kepada pihak RS/Klinik/Bidan beberapa pertanyaan di bawah ini :

  1.        Ketentuan penggunaan BPJS/Asuransi

Jika Moms berencana menggunakan BPJS/Asuransi seperti saya, ada beberapa hal yang wajib banget Moms tanyakan. Pertama, tanyakan kepada petugas bagaimana prosedur penggunaan BPJS/Asuransi untuk melahirkan. Kedua, tanyakan dokumen apa saja yang diperlukan. Ketiga, cari tahu biaya apa saja yang ter-cover BPJS. Lalu, cari juga informasi tentang fasilitas apa saja yang akan Moms dapatkan sesuai kelas BPJS/Asuransi yang Moms ikuti, dll. Pertanyaan-pertanyaan tersebut penting untuk ditanyakan dan dipahami agar terhindar dari keribetan administratif menjelang persalinan.

  1.        Perkiraan biaya

Beberapa RS menawarkan paket bersalin dengan harga tertentu. Nah, jika Moms berniat untuk menggunakan tipe seperti ini, sebaiknya Moms bertanya lebih jauh tentang rincian biaya yang termasuk dalam paket agar menghindari pembengkakan biaya tanpa sepengetahuan kita.

  1.        Fasilitas Moms dan Si Kecil

Seperti yang kita tahu, RS/Klinik menawarkan berbagai kelas kamar sesuai dengan kemampuan finansial kita atau kelas asuransi yang kita miliki. Pastikan juga fasilitas untuk si Kecil sesuai dengan yang Moms inginkan. Saya sendiri ingin bisa sekamar dengan si Kecil (in room) dan tidak berkenan apabila si Kecil diletakkan di kamar bayi. Ada beberapa RS yang tidak mengizinkan ibu sekamar dengan bayi loh, Moms. Jadi, ada baiknya Moms pastikan dulu di awal, ya.

  1.        Penggunaan induksi/keputusan SC

Karena saya ingin melahirkan normal dengan induksi alami sebisa mungkin, saya mencari tempat bersalin yang mendukung hal ini. Jangan sampai kebijakan RS dan yang Moms inginkan berseberangan.

  1.        Pendamping persalinan

Moms pasti ingin ditemani dan didukung oleh orang terdekat selama perjuangan melahirkan. Karena itulah, tanyakan kepada pihak RS/Klinik bagaimana kebijakan mengenai pendamping persalinan serta berapa orang yang boleh masuk ke ruang bersalin untuk menemani Moms. Ini penting karena ada beberapa RS yang memiliki kebijakan tidak boleh ada orang lain yang ikut ke ruang bersalin selain pasien.

  1.        Pemberian sufor

Ketika si Kecil lahir, saya berharap dapat melakukan IMD dan memberikan ASI eksklusif. Namun, dari beberapa pengalaman Moms, terkadang ASI tidak langsung keluar saat si Kecil lahir. Beberapa RS/klinik langsung memberikan susu formula (sufor) kepada si Kecil. Ini tentu berseberangan dengan prinsip saya. Oleh karena itu, saya harus memastikan bahwa kebijakan RS sesuai dengan harapan saya.

Enam hal di atas kiranya dapat menjadi pedoman memilih tempat bersalin.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

551 Anna Rosida

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Preggo Story: Prenatal Gentle Yoga Sejak UK 20 Weeks

Hallo Moms, di artikel kali ini saya mau sedikit flashback kegiatan saya saat masa kehamilan kemarin.

Pengalamanku Alami Hidramnion di Usia Kehamilan 25 Minggu

Tak disangka, saya kembali divonis Polihidramnion di usia kandungan 25 minggu.

Ultrasonography (USG) 4 Dimensi

Yakin banget semua pasti familiar dengan USG 2D yang biasa hitam putih & bisa dilihat waktu monthly check up.

Keluhan Umum Selama Kehamilan Trimester 2

Ternyata di trimester 2 kehamilan, beberapa ketidaknyamanan akan muncul lho Moms, apa saja ya?

Preggo Story: Trimester 2, Calon Ibu Harus Pinter

Menikmati masa-masa kehamilan tuh ternyata sangat menyenangkan ya? Banyak sekali hal yang dilalui dan dipelajari

Kehamilan Kosong, Terus Bayinya di Mana?

Hamil kosong, pernah dengar gak moms tentang kehamilan kosong ini?

Placenta Previa: Pengalaman Pendarahan di Usia Kandungan 15 Minggu

1 April 2019 lalu atau tepatnya saat usia kandungan saya 14 minggu, saya mengalami pendarahan ringan.

Trimester Kedua - Waktu yang Tepat untuk Traveling Saat Hamil

Trimester kedua adalah masa yang paling menyenangkan selama hamil, iya gak Moms? Yuk, simak pengalaman mom Floren.

Pengalaman Menjalani Operasi Pengangkatan Kista saat sedang Hamil

Simak bagaimana Mom Laura bisa selamat dari kista selama menjalani masa kehamilannya.