Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Aktivitas yang Membuat Si Kecil Tumbuh Bahagia

BRANDS  |  PARENTING  |  09 Aug '20


Masa kanak-kanak adalah masa terpenting dalam tumbuh kembang seorang individu. Pada masa inilah, pertumbuhan fisik dan kepribadian seseorang terjadi. Sebuah riset terbaru yang dilakukan oleh Universitas Cambridge dan unit MRC for Lifelong Health and Ageing menemukan hubungan antara kesejahteraan di masa remaja dengan kepuasan hidup seseorang di masa dewasa. Di situ, disebutkan bahwa seseorang dengan masa kanak-kanak yang positif tumbuh pula menjadi orang yang sukses, tidak tumbuh menjadi orang dengan masalah mental serius. Dia juga mudah bersosialisasi dengan keluarga dan teman serta lebih terlibat dalam kegiatan sosial dan rekreasi.

Karena itulah, sangat penting mendukung agar si Kecil terus grow happy. Sejak dini, pupuk kebahagiaannya dengan aktivitas-aktivitas sederhana dan menyenangkan berikut ini:

1. Pretend-play

Pretend-play adalah permainan di mana si Kecil dan orang dewasa berpura-pura memerankan tokoh-tokoh tertentu dan memainkan skenario tertentu. Jenis permainan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi si Kecil. Menurut Scholastic Parent Staff, pretend-play efektif menstimulasi perkembangan keterampilan berbahasa, keterampilan sosial dan emosional, dan keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah. Contoh aktivitas pretend-play di antaranya adalah berkemah di ruang keluarga, menirukan suara hewan, berperan menjadi pelayan restoran dan tamunya, dan menyelenggarakan pesta ulang tahun untuk boneka kesayangan si Kecil.

2. Membuat kesenian sederhana

Finger painting, membuat perhiasan sederhana dari manik-manik, membuat kolase, dan aktivitas yang berhubungan dengan menggambar membantu mengembangkan keterampilan mental, sosial, dan emosional. Ketika si Kecil melakukan finger painting, milsanya, keterampilan motorik halusnya dapat meningkat. Dia bisa memelajari dasar-dasar matematika ketika menghitung potongan kertas dan warna. Yang terpenting, ketika dia merasa senang saat sedang berkreasi, seni membantu meningkatkan kepercayaan dirinya. Anak-anak yang merasa mampu bereksperimen dan tidak takut melakukan kesalahan merasa bebas untuk menemukan cara berpikir baru. Rasa percaya diri ini tentu akan membantunya mencari solusi atas masalah-masalah yang akan ditemuinya saat dewasa nanti.

3. Membaca buku

Membaca adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Saat si Kecil belum bisa membaca sendiri, Moms perlu sering-sering membacakan buku cerita kepadanya. Selain membacakan buku, mendongeng juga menstimulasi pertumbuhan otak dan imajinasi si Kecil. Dia akan belajar banyak mengenai keterampilan berbahasa dan emosional, sekaligus mempererat hubungan antara dirinya dan Moms.

Buku yang Moms pilih juga tidak melulu harus buku cerita anak saja, buku bergambar dan audiobooks juga bisa mempromosikan budaya membaca kepada anak. Menyanyikan lagu anak-anak dengan ritme sederhana dan repetisi juga baik untuk stimulasi perkembangan kemampuan mengingatnya dengan cara yang menyenangkan.

4. Bermain permainan asah otak

Seorang anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Bermain menjadi salah satu caranya menikmati hidup sambil memuaskan rasa ingin tahunya. Permainan asah otak sangat menghibur dan mengedukasi anak-anak. Dengan permainan tersebut, Moms bisa membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada si Kecil. Pilihlah permainan asah otak yang sesuai dengan usianya untuk menghindari frustrasi. Pertanyaan-pertanyaan dari permainan asah otak yang sesuai usia dan levelnya memperkuat apa yang sudah dipelajarinya di sekolah. Ketika si Kecil sudah ahli menjawab pertanyaan yang ada, Moms bisa meningkatkan levelnya sehingga dia bisa mempelajari materi untuk tingkat yang lebih tinggi.

5. Bermain dengan bola

Banyak permainan dengan menggunakan bola yang bisa membantu si Kecil grow happy, mengasah keterampilan motorik kasarnya, dan meningkatkan konsentrasi serta koordinasi antara mata dan tangannya. Tantang si Kecil memasukkan bola ke dalam keranjang. Atau, main lempar tangkap bola di halaman belakang rumah. Moms juga dapat mengintegrasikan kesenian dengan bola seperti meminta si Kecil menghias bolanya, dan lain sebagainya.

Dukung si Kecil grow happy dengan asupan yang tepat

Sistem pencernaan merupakan “otak kedua” yang berpengaruh penting terhadap suasana hati seseorang. Hormon serotonin, hormon yang membantu mengatur emosi, sebagian besar (95%) dihasilkan di usus. Oleh sebab itu, menjaga pencernaan si Kecil tetap sehat sama pentingnya dengan mendorongnya agar tetap aktif melalui aktivitas-aktivitas di atas. Pencernaan yang sehat berujung pada suasana hati yang baik alias bahagia.

Salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil adalah dengan memberikannya susu pertumbuhan berprobiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di tubuh manusia dan memberikan manfaat penting terutama bagi pencernaan. Salah satu jenis bakteri probiotik, Lactobacillus reuteri, dapat membuat usus lebih sehat, mengurangi gejala kolik, menyembuhkan diare, dan mencegah sakit perut, kembung, serta kram. Sebuah penelitian di Italia sebagaimana dikutip Parents menemukan bahwa probiotik L. reuteri dapat meningkatkan frekuensi BAB pada bayi yang mengalami sembelit/konstipasi.

Susu pertumbuhan berprobiotik biasanya juga mengandung nutrisi penunjang tumbuh kembang anak. Kandungan yang lazim ditemui di dalam susu pertumbuhan di antaranya Omega 3, Omega 6, protein, karbohidrat, natrium, vitamin, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, yodium, zinc, selenium, biotik, dan DHA.

Nah, Moms, banyak, kan, aktivitas-aktivitas yang bisa si Kecil dan Moms lakukan untuk mendukung pertumbuhannya? Dengan sering-sering mengajaknya bermain sambil belajar, Moms telah berperan penting dalam menjaga agar tumbuh kembang si Kecil optimal. Jangan lupa untuk selalu memberikan asupan yang tepat agar sistem pencernaannya sehat dan si Kecil grow happy.

Referensi: Cambridge, Parents 1, Parents 2, Parents 3, Raising Children

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3797 Nestle Lactogrow

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Amankah UV Air Purifier di Dalam Rumah?

Berbahayakah menggunakan UV air purifier di dalam rumah? Temukan jawabannya berikut ini.

Pernah Salah Beli Barang Bayi dan Menyesal Kemudian? Intip Tips Ini!

Moms pernah merasa menyesal karena salah membeli barang? Simak tips ini supaya ngga salah lagi yuk!

Gadget untuk Si Kecil? Boleh atau Tidak?

Pertanyaan ini sering banget didiskusikan di antara orang tua. Boleh ga sih gadget untuk si Kecil?

Waspada Virus Corona, Amankah si Kecil Berenang?

Masih belum yakin si Kecil aman ketika berenang saat virus Corona sedang melanda? Jangan panik, Moms. Yuk, baca faktanya disini!

Babyo Review Pil KB Andalan FE

Pil KB Andalan FE merupakan satu-satunya pil KB yang memiliki kandungan tambahan zat besi pada plasebo.

Adaptasi Hidup dengan Latihan Keterampilan Hidup

Sebagai orang tua, kita secara naluriah memerhatikan kebutuhan anak di tahun-tahun pertama kehidupannya.

Mengapa si Kecil Selalu Tertidur Sebelum Susunya Habis?

Mengapa si Kecil Selalu Tertidur Sebelum Susunya Habis?

Barang yang Wajib Dibawa saat Traveling

Apa saja yang harus kita siapkan saat ingin traveling dengan si Kecil? Yuk simak tips-nya di sini!

Hal Terpenting yang Harus Diberikan Kepada si Kecil

Membahagiakan si Kecil bukan hanya sekadar membelikannya mainan, ada banyak hal yang harus dipenuhi.

Smart Shopping for Kids Clothings

Selain modelnya yang lucu, ada hal lain yang harus Moms perhatikan saan membeli baju untuk si Kecil.

Mana yang Lebih Penting? Stroller Ringan atau Stroller Kuat?

Pada dasarnya, kita bisa membagi stroller di pasaran menjadi dua jenis: ringan dan kuat. Mana yang terbaik?