Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Tips Sederhana Agar Botol Susu Si Kecil Lebih Awet dan Tahan Lama

MY STORY  |  12 Dec '20


Salah satu peralatan si Kecil yang tak kalah penting adalah botol susu, dimana kegunaan botol susu memang sangat membantu Moms. Apalagi, jika Moms adalah seorang Moms yang tak bisa menyusui si Kecil secara langsung. Media perantara pemberian susu dari botol memang seringkali dipilih karena lebih praktis dan aman, asal Moms benar-benar harus bisa memilih botol susu yang tepat untuk si Kecil.

Memilih botol susu yang tepat selain berguna agar tetap aman dipakai si Kecil juga akan membantu Moms menghemat pengeluaran untuk biaya botol susu karena saat Moms bisa memilih botol susu yang tepat botol susu akan cenderung lebih awet.

5 tips sederhana cara merawat botol susu:

Lalu bagaimana caranya memilih botol susu tahan lama untuk si Kecil agar awet?

  1.     Pilih botol susu dengan kualitas bahan yang berstandard dan aman.

Botol susu sudah banyak bentuknya. Apalagi, kalau melihat tampilannya. Duh, suka bikin pusing kepala saat mau beli ya, Moms karena saking lucu-lucu banget. Meski begitu, sebelum Moms memutuskan membeli botol susu yang lucu, alangkah baiknya hal pertama yang harus Moms perhatikan adalah bahan untuk pembuatan botol susu tersebut.

Bahan yang berstandard dan aman untuk pembuatan botol susu biasanya adalah bahan PP, PPSU, PESU, dan glass bottle. Jadi, jangan asal pilih botol susu ya, Moms sebab botol susu yang terbuat dari bahan yang aman serta memenuhi standard akan cenderung awet karena tidak cepat rusak dan tergores.

  1.     Sesuaikan botol dengan usia si Kecil.

Memilih botol susu juga tidak bisa asal beli ya, Moms. Kalau Moms teliti, ada banyak jenis botol susu yang sepintas mirip tapi ternyata punya level yang berbeda-beda. Level ini lah yang harus pilih. Sesuaikan dengan usia si Kecil agar aman.

Misalnya, pilih botol susu yang nipple-nya menyerupai payudara untuk Newborn sehingga menghindari bingung puting. Untuk bayi usia 6 bulan ke atas, pilih botol susu yang sesuai dengan daya isapnya. Dengan menyesuaikan botol susu dan usia si Kecil, botol susu akan cenderung awet dan tahan lama.

  1.     Ganti botol ketika si Kecil sudah cukup umur

Meskipun Moms punya niat berhemat dengan cara memberikan botol susu yang sama sepanjang pertumbuhan si Kecil, ini adalah salah kaprah. Kebutuhan minum Newborn dengan bayi usia 6 bulan ke atas tentu berbeda.

Bayi usia 6 bulan ke atas sudah mulai harus dikenalkan pada makanan padat sehingga seharusnya sudah bisa diajarkan minum dari gelas. Misalnya saat si Kecil memasuki usai 6 bulan Moms bisa mulai mengajarkannya minum dari sippy cup tapi saat si Kecil belum bisa beradaptasi dengan sippy cup Moms bisa memberinya dulu botol transisi.

Botol transisi ini sangat berguna untuk mengenalkan si Kecil pada media minum yang levelnya lebih dari botol susu. Kalau Moms bingung botol transisi itu seperti apa, sebagai contoh saya referensikan botol susu transisi dari brand Dr. Browns yang menurut saya sudah benar-benar paling pas untuk si Kecil. Transition bottle Dr. Brown's ini dilengkapi dengan sippy spout sehingga akan memudahkan Moms saat akan menaruh minum seperti jus dan smoothies pada botol si Kecil. Dengan mengganti botol yang tepat sesuai usianya, Moms akan menghemat biaya karena botol si Kecil akan lebih awet dan tahan lama.

  1.     Bersihkan botol dengan benar.

Perkara membersihkan botol aja ternyata sangat berpengaruh terhadap keawetan botol susu si Kecil loh. Makanya, segera cuci botol setelah selesai digunakan agar sisa lemak dari susu tidak menempel kuat. Moms juga perlu memilih sikat pembersih khusus botol yang pas dan sesuai dengan botol yang si Kecil miliki. Pastikan sikat untuk mencuci botol si Kecil mampu menyikat seluruh bagian botol agar tidak ada sisa lemak menempel yang akhirnya menyebabkan botol cepat rusak.

  1.     Sterilkan dengan benar

Poin lain yang tak kalah penting agar botol susu si Kecil awet adalah sterilisasi botol. Teknik menyeterilkan botol banyak macamnya tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau jaman dulu, sterilsasi botol menggunakan rebusan air suhu panas, sekarang sudah ada cara praktis yaitu dengan cara memakai alat sterilisasi sehingga botol susu akan lebih awet dan terjaga kualitasnya. Apa pun cara yang Moms pilih untuk mensterilisasi botol si Kecil, lakukan secara berkala. Dan ingat ya, Moms, segera lah ganti botol susu si Kecil saat botol susu nya sudah menguning karena proses sterilisasi.

Nah, Moms, itulah 5 tips sederhana agar botol susu si Kecil lebih awet sehingga Moms bisa menghemat biaya untuk tidak terlalu sering mengganti botol susu si Kecil. Semoga informasi ini membantu ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

514 Risny Saputra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Agar Anak Mau Sekolah Sendiri, Yuk, Terapkan ke Si Kecil!

Terkadang kita bertanya-tanya, kenapa sih anak kita ogah-ogahan sekolah dan mengerjakan PR? Padahal, kalau pinter di sekolah itu ya mereka [...]

Hadir di Anniversary MoMaMi, Sandra Dewi Tekankan Pentingnya Dukungan Orang Terdekat Agar Ibu Tidak Stress

Pada 15 September 2022 lalu, Babyologist diundang untuk menghadiri 3rd anniversary MoMaMi. Dalam

Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Si Kecil udah cukup umur tapi masih minta disuapin? Biar si Kecil mandiri makan sendiri, yuk kita kasih semangat dan dukungan lebih!

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB [...]

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]

Khawatir Gigi Berlubang, Rawat Kesehatan Mulutnya Sejak Dini

Meski Moms mungkin tergoda untuk menunda merawat kebersihan mulut si Kecil sampai giginya tumbuh semua, merawat mulut dan gigi ternyata harus [...]

Candaan di Panggung Oscar Berujung Tamparan oleh Will Smith, Apa Sebenarnya Alopecia?

Panggung Gala Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles, gempar setelah Will

Babyo Tips with dr. Lucia Nauli: Moms Pusing Si Kecil Menolak Potty Training?

Moms pusing ga sih kalau si Kecil menolak potty training? Simak penjelasan dari dokter @lucianauli

Berbulan-Bulan di Rumah, Begitu Keluar Rewel

Bayi yang baru lahir memang sebaiknya tidak dibawa bepergian terlalu sering karena daya tahan tubuhnya yang masih cenderung rendah. Akan tetapi, [...]

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?