Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Tips Sederhana Agar Botol Susu Si Kecil Lebih Awet dan Tahan Lama

MY STORY  |  12 Dec '20


Salah satu peralatan si Kecil yang tak kalah penting adalah botol susu, dimana kegunaan botol susu memang sangat membantu Moms. Apalagi, jika Moms adalah seorang Moms yang tak bisa menyusui si Kecil secara langsung. Media perantara pemberian susu dari botol memang seringkali dipilih karena lebih praktis dan aman, asal Moms benar-benar harus bisa memilih botol susu yang tepat untuk si Kecil.

Memilih botol susu yang tepat selain berguna agar tetap aman dipakai si Kecil juga akan membantu Moms menghemat pengeluaran untuk biaya botol susu karena saat Moms bisa memilih botol susu yang tepat botol susu akan cenderung lebih awet.

5 tips sederhana cara merawat botol susu:

Lalu bagaimana caranya memilih botol susu tahan lama untuk si Kecil agar awet?

  1.     Pilih botol susu dengan kualitas bahan yang berstandard dan aman.

Botol susu sudah banyak bentuknya. Apalagi, kalau melihat tampilannya. Duh, suka bikin pusing kepala saat mau beli ya, Moms karena saking lucu-lucu banget. Meski begitu, sebelum Moms memutuskan membeli botol susu yang lucu, alangkah baiknya hal pertama yang harus Moms perhatikan adalah bahan untuk pembuatan botol susu tersebut.

Bahan yang berstandard dan aman untuk pembuatan botol susu biasanya adalah bahan PP, PPSU, PESU, dan glass bottle. Jadi, jangan asal pilih botol susu ya, Moms sebab botol susu yang terbuat dari bahan yang aman serta memenuhi standard akan cenderung awet karena tidak cepat rusak dan tergores.

  1.     Sesuaikan botol dengan usia si Kecil.

Memilih botol susu juga tidak bisa asal beli ya, Moms. Kalau Moms teliti, ada banyak jenis botol susu yang sepintas mirip tapi ternyata punya level yang berbeda-beda. Level ini lah yang harus pilih. Sesuaikan dengan usia si Kecil agar aman.

Misalnya, pilih botol susu yang nipple-nya menyerupai payudara untuk Newborn sehingga menghindari bingung puting. Untuk bayi usia 6 bulan ke atas, pilih botol susu yang sesuai dengan daya isapnya. Dengan menyesuaikan botol susu dan usia si Kecil, botol susu akan cenderung awet dan tahan lama.

  1.     Ganti botol ketika si Kecil sudah cukup umur

Meskipun Moms punya niat berhemat dengan cara memberikan botol susu yang sama sepanjang pertumbuhan si Kecil, ini adalah salah kaprah. Kebutuhan minum Newborn dengan bayi usia 6 bulan ke atas tentu berbeda.

Bayi usia 6 bulan ke atas sudah mulai harus dikenalkan pada makanan padat sehingga seharusnya sudah bisa diajarkan minum dari gelas. Misalnya saat si Kecil memasuki usai 6 bulan Moms bisa mulai mengajarkannya minum dari sippy cup tapi saat si Kecil belum bisa beradaptasi dengan sippy cup Moms bisa memberinya dulu botol transisi.

Botol transisi ini sangat berguna untuk mengenalkan si Kecil pada media minum yang levelnya lebih dari botol susu. Kalau Moms bingung botol transisi itu seperti apa, sebagai contoh saya referensikan botol susu transisi dari brand Dr. Browns yang menurut saya sudah benar-benar paling pas untuk si Kecil. Transition bottle Dr. Brown's ini dilengkapi dengan sippy spout sehingga akan memudahkan Moms saat akan menaruh minum seperti jus dan smoothies pada botol si Kecil. Dengan mengganti botol yang tepat sesuai usianya, Moms akan menghemat biaya karena botol si Kecil akan lebih awet dan tahan lama.

  1.     Bersihkan botol dengan benar.

Perkara membersihkan botol aja ternyata sangat berpengaruh terhadap keawetan botol susu si Kecil loh. Makanya, segera cuci botol setelah selesai digunakan agar sisa lemak dari susu tidak menempel kuat. Moms juga perlu memilih sikat pembersih khusus botol yang pas dan sesuai dengan botol yang si Kecil miliki. Pastikan sikat untuk mencuci botol si Kecil mampu menyikat seluruh bagian botol agar tidak ada sisa lemak menempel yang akhirnya menyebabkan botol cepat rusak.

  1.     Sterilkan dengan benar

Poin lain yang tak kalah penting agar botol susu si Kecil awet adalah sterilisasi botol. Teknik menyeterilkan botol banyak macamnya tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau jaman dulu, sterilsasi botol menggunakan rebusan air suhu panas, sekarang sudah ada cara praktis yaitu dengan cara memakai alat sterilisasi sehingga botol susu akan lebih awet dan terjaga kualitasnya. Apa pun cara yang Moms pilih untuk mensterilisasi botol si Kecil, lakukan secara berkala. Dan ingat ya, Moms, segera lah ganti botol susu si Kecil saat botol susu nya sudah menguning karena proses sterilisasi.

Nah, Moms, itulah 5 tips sederhana agar botol susu si Kecil lebih awet sehingga Moms bisa menghemat biaya untuk tidak terlalu sering mengganti botol susu si Kecil. Semoga informasi ini membantu ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

371 Risny Saputra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]

Kenali Stres dan Cara Mengatasinya pada Balita

Tahukah parents bahwa stress si Kecil dapat berpengaruh terhadap kesehatannya?

Grow Happy, Stres Terkendali

Stres terdengar cukup menyeramkan ya, Moms. Padahal sebenarnya stres merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan. Hal ini sebenarnya [...]

Tips Mengatasi Stres Pada Anak

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menciptakan rasa bahagia si Kecil apabila mulai terlihat tanda-tanda kejenuhan padanya adalah: