Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Tips Pumping untuk Moms Super Sibuk

BRANDS  |  FEEDING  |  05 Nov '18


Saat ini, pumping atau memompa ASI menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan. Tak hanya menjadi solusi tepat untuk Moms yang mengeluarkan ASI melimpah, pumping  juga sangat bermanfaat bagi Moms yang aktif menjalankan kegiatan baik di rumah maupun di luar rumah. Namun terkadang, bagi Moms yang sangat aktif, pumping menjadi hal yang sedikit menantang. Lalu, bagaimana solusinya?

Dirangkum dari berbagai sumber, Babyo akan membagikan tips pumping untuk Moms yang sangat aktif. Simak tips Babyo berikut ini, ya, Moms!

Memilih Pompa yang Tepat

Saat ini sudah banyak jenis pompa yang dijual. Mulai dari ukurannya, variasi fiturnya, bentuknya, warnanya, dan lain-lain. Banyaknya jenis pompa tersebut disesuaikan dengan kebutuhan para Moms. Untuk Moms yang sibuk, Babyo menyarankan agar Moms mempertimbangkan untuk memilih pompa elektrik yang kecil. Selain praktis dibawa kemana-mana, jenis pompa yang kecil juga ringan sehingga tidak akan menambah beban tas Moms secara signifikan.

Pompa elektrik saja belum cukup, Moms. Untuk Moms yang multitasking sebaiknya Moms melengkapi pompa ASI dengan aksesori Handsfree. Handsfree merupakan aksesori alternatif pengganti corong yang bisa digunakan ketika Moms sedang melakukan kegiatan lainnya. Dengan begitu, Moms dapat memompa ASI meski sedang sibuk bekerja, berkendara, maupun melakukan kegiatan rumah tangga seperti memasak.

Mengatur Waktu Pumping

Waktu memompa ASI yang ideal tentunya berbeda-beda. Hal ini tergantung pada kondisi fisik, emosional, dan tentunya jadwal kerja. Idealnya, memompa dapat dilakukan 2-3 kali dalam satu hari dengan rentang waktu antara 2-3 jam. Dimulai dari jam 9 pagi, jam 12 (setelah maupun sebelum makan siang) dan jam 3 sore. Hal ini tentunya bisa disesuaikan dengan jadwal Moms yang bekerja sebagai ibu rumah tangga, bekerja kantoran, maupun bekerja secara mobile. Agar Moms disiplin, pasanglah alarm untuk membantu mengingatkan waktu pumping.

Simpan di Tempat yang Benar

Saat di rumah atau kantor, Moms dapat menyimpan ASI perah (ASIP) di dalam kulkas. Namun, bagaimana jadinya kalau Moms sedang berada di luar kantor dan rumah? Bawalah cooler bag setiap kali Moms berangkat ke luar rumah untuk menyimpan ASIP dengan aman.

Kenakan Pakaian yang Tepat

Pakaian yang mudah dibuka dan dilepas adalah pakaian yang paling cocok untuk ibu menyusui dan rajin pumping. Selain itu mengenakan bra menyusui juga sangat dianjurkan karena dengan begitu Moms tidak perlu repot memegang alat pumping.

Tidak Merasa Tertekan saat Ingin Pumping

Seperti dijelaskan sebelumnya, pumping bagi Moms yang super sibuk adalah hal yang menantang. Terkadang hal ini membuat Moms merasa stres dan tertekan apalagi jika sedang memiliki banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Hal ini memang wajar terjadi tetapi Moms bisa belajar untuk lebih tenang agar proses memompa ASI pun berjalan lancar. Menarik nafas dengan dalam dan mengeluarkannya dengan pelan secara 5 menit bisa membantu menenangkan Moms.

Itulah 5 tips pumping untuk Moms yang super sibuk di rumah, di kantor, maupun di luar kantor.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1766 Spectra Baby Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Merawat Pompa ASI Hingga Tahan Lama

Tahukah Moms, pompa ASI akan awet jika selalu dibersihkan dan dirawat dengan benar. Apa saja tips-nya?

Tips Nyaman & Aman Pumping di Tempat Umum

Pumping memang lebih nyaman dilakukan di rumah, Namun bagaimana jika Moms terpaksa pumping di tempat umum?

Memancing LDR Agar Pumping Lancar

Memancing LDR aat pumping itu memang gampang-gampang susah. Apa saja tips-nya?

Babyo Review Mother's Corn Cutie Spoon, Cutie Fork, & Chopstick Training Set

Banyak alat makan yang tersedia untuk anak. Tapi, alat makan seperti apa yang benar-benar aman untuk si Kecil?

Babyo Review Mother's Corn Smart Petit Econtainer Set

Mungkinkah si Kecil diberi perlengkapan makan yang terbuat dari bahan alami? Simak disini jawababnnya!

Babyo Review Spectra Q+

Selain mungil, masih ada kelebihan yang dimiliki oleh Spectra Q+. Penasaran? Cari tahu jawabannya disini!

Berapa Suhu Terbaik untuk Menghangatkan ASIP?

Berapa suhu tepat untuk menghangatkan ASIP dan bagaimana cara yang menghangatkannya? Cari jawabannya disini!

Kiat Memompa ASI Tanpa Ribet Ala Working Moms

Mungkinkah pumping di tempat kerja? Simat kiat-kiat memompa ASI tanpa ribet ala working Moms di bawah ini!