Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Tips Mengatasi Lelah dan Pegal saat Hamil

BRANDS  |  PREGNANCY  |  03 Mar '20


Salah satu hal yang dialami ibu ketika hamil adalah kelelahan. Melalui survey yang dilakukan pada Babyo Session x BRAND'S® Saripati Ayam, sebanyak 70% ibu hamil setuju bahwa kelelahan dan pegal-pegal jadi salah satu masalah kehamilan yang sering dirasakan.

Dr. Caitlin Szabo, seorang dokter spesialis yang berpraktik di Atlanta Women’s Healthcare mengatakan kepada Romper bahwa kelelahan memang sering terjadi pada ibu hamil terutama pada trimester pertama. Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa peningkatan sirkulasi hormon progesteron dalam jumlah besar selama hamil dapat menyebabkan kantuk berlebih. Perasaan kantuk yang lebih intensif ini juga dipengaruhi oleh perubahan metabolisme ibu hamil.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kelelahan dan pegal-pegal saat hamil? Berikut ini beberapa kiat-kiat yang dapat Moms terapkan:

1. Makan makanan bergizi

Memang, saran ini berlaku untuk umum tidak hanya untuk ibu hamil saja. Akan tetapi, saat hamil, Moms butuh protein dan zat besi lebih untuk mengoptimalkan cadangan energi dalam tubuh serta mengurangi risiko anemia. Sumber makanan yang mengandung kedua nutrisi ini adalah daging-dagingan, bayam, kacang merah, tomat, ikan, sereal, kismis, kacang tanah, telur, tempe, beras merah dan roti gandum.

2. Lakukan olahraga ringan

University of Rochester Medical Center memberikan beberapa tips untuk mengurangi rasa lelah berlebihan. Rajin berolahraga ringan setiap hari dapat memberikan energi pada Moms dan dapat membantu Moms beristirahat lebih baik saat tidur. Jalan-jalan cepat di sekitar rumah atau berkebun selama setidaknya 30 menit setiap hari sudah cukup membugarkan tubuh.

3. Lakukan adaptasi dengan pola tidur baru

Ibu hamil membutuhkan istirahat sesering mungkin untuk memulihkan energinya. University of Rochester Medical Center kembali memberikan saran agar Moms menyesuaikan kebiasaan tidur saat hamil. Apabila Moms sulit tidur di malam hari, penuhi kebutuhan tidur di siang hari. Biasakan untuk tidur sejenak di siang atau sore hari kapanpun itu mungkin. Cobalah tidur lebih awal agar jam tidur lebih panjang.

4. Konsumsi suplemen kesehatan

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang mempunyai peranan penting untuk kesehatan dirinya dan pertumbuhan si Kecil. Atas dasar ini, mengonsumsi makanan bergizi tinggi saja terkadang belum mampu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi bumil. Saat konsultasi kehamilan, dokter akan menganjurkan Moms untuk mengonsumsi suplemen kesehatan. 

Saripati ayam adalah salah satu solusi alami dan aman dikonsumsi ibu hamil untuk mendapatkan energi alami sehingga bisa tetap beraktivitas seperti biasanya. Saripati ayam adalah suplemen kesehatan yang berisi 100% saripati ayam murni. Produk kesehatan ini mengandung bio amino peptide protein yang merupakan bagian terkecil dari protein.

Menurut riset seperti yang ditulis di Journal Physiological Anthropology and Applied Human Science, dengan mengkonsumsi Saripati ayam dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam waktu 15 menit. Dengan terjadi peningkatan metabolisme artinya tubuh memiliki energi 

Selain kelelahan, Apabila Moms sedang hamil, Moms harus sudah mulai memikirkan kualitas ASI karena ASI telah mulai dibentuk sejak hamil trimester pertama. Saripati ayam aman dikonsumsi ibu hamil karena dibuat tanpa bahan kimia dan pengawet. Setelah melahirkan, Moms dapat terus melanjutkan konsumsi saripati ayam untuk mengembalikan kondisi tubuh agar tidak mudah lelah dan memiliki energi untuk mengurus bayi dan rumah.

Pada sebuah penelitian yang melibatkan 235 ibu yang baru saja melahirkan di Taiwan Chung Shan Medical University Hospital, kelompok ibu sehat yang meminum 2 botol saripati ayam secara rutin setiap pagi dan sore menghasilkan ASI lebih awal daripada kelompok ibu sehat yang tidak meminum suplemen kesehatan ini. Kuantitas ASI mereka juga dua kali lipat lebih banyak daripada yang tidak meminum suplemen.

Produk saripati ayam juga terbukti secara klinis sangat bermanfaat meningkatkan kualitas ASI ibu hamil. Dalam penelitian dengan responden 30 wanita hamil sehat usia 23-39 tahun di Taipei Medical University Hospital, kelompok ibu yang mengonsumsi saripati ayam sejak minggu ke-37 kehamilan hingga 3 hari setelah melahirkan memiliki kualitas kolostrum lebih tinggi daripada yang hanya mengonsumsi diet normal.

Hasil positif kedua penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi rutin saripati ayam dapat juga meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Moms. 

Saripati ayam salah satu solusi alami dan aman untuk ibu hamil untuk mendapatkan energi alami. Dengan begitu, ibu hamil tetap bisa beraktivitas seperti biasa #SiapEnergiAntiDrop

Apabila Moms ingin mencoba meningkatkan kualitas dan kuantitas nutrisi selama mengandung, Moms dapat mengonsumsi saripati ayam.

5. Hindari konsumsi kafein dan junk food

Utamakan untuk mengisi kembali cairan tubuh dengan minum air putih. Minuman lainnya terutama yang mengandung kafein mengandung efek samping merugikan untuk ibu hamil. Salah satu efek sampingnya adalah mengganggu penyerapan kalsium serta meningkatkan jumlah kalsium yang terbuang lewat urin. Padahal, kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Moms bisa berisiko tinggi mengalami pengeroposan tulang karena tubuh akan mengambil cadangan kalsium tulang Moms untuk pertumbuhan si Kecil. 

Moms juga tidak perlu mengonsumsi junk food karena komposisi nutrisi di dalamnya tidak Moms butuhkan. Daripada Moms merasa kenyang tetapi tidak sehat, alihkan konsumsi junk food ke konsumsi buah dan sayur. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu manis atau asin karena bisa meningkatkan risiko penyakit.

Moms, jangan biarkan rasa lelah dan badan pegal-pegal saat hamil berkepanjangan. Ini bisa membuat aktivitas sehari-hari Moms terganggu dan meningkatan risiko masalah kehamilan. Segera lakukan langkah-langkah penting mengatasi hal ini agar kehamilan Moms sehat dan nyaman beraktivitas.

Bagi para ibu hamil yang tertarik untuk mencoba dan menikmati kebaikan serta manfaat dari saripati ayam, silakan klik link berikut ini:

Brand's Saripati Ayam Tokopedia Official Store 

Referensi: Alodokter 1Alodokter 2Alodokter 3BabyologistFimelaKlik DokterRomper, University of Rochester Medical Center


Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

7262 Brands Suntory Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Apa Itu Stretch Marks dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Tahukah Moms bahwa selama hamil, terdapat beberapa perubahan yang terjadi termasuk peregangan kulit?

Benarkah Kacang Hijau Bermanfaat untuk Janin?

Kacang hijau dipercaya sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Benarkah demikian?

Kenali Nutrisi yang Wajib untuk Ibu Hamil

Berbeda dengan wanita pada umumnya, ibu hamil akan membutuhkan asupan nutrisi dengan jumlah tertentu.

Manfaat Cod Liver Oil untuk Perkembangan Janin

Tak hanya baik untuk anak dan orang dewasa, cod liver oil juga sangat baik untuk perkembangan janin.

Cordlife Shield, Perlindungan Pada Kehamilan

Hipertensi dalam kehamilan salah satunya dapat terjadi pada pre eklamsia.

Tips Mengolah Makanan Ala Pregnant Working Mom

Siapa bilang pregrnat working Mom tidak bisa mengolah makanan dengan praktis? Yuk simak caranya di sini!

4 Tips If You Plan to Do Maternity Photo Session

Masa kehamilan adalah waktu yang berharga bagi ibu. Tak heran banyak yang ingin mengabadikan momen ini.

Proses Inseminasi, Tingkat Keberhasilan dan Resikonya

Metode inseminasi bisa menjadi salah satu cara agar pasangan memiliki anak. Bagaimana prosesnya?

Tips Atasi Kaki Pegal saat Hamil

Saat hamil, terkadang kaki terasa pegal. Apa saja yang bisa kita lakukan agar bisa mengatasinya?

Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui dan Melahirkan

Payudara kendur memang bisa bikin Moms tidak PD. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan serum.

Kiat Menyiapkan ASI Eksklusif Sebelum Melahirkan

Tahukah Moms, menyiapkan ASI eksklusif harus disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan ketika kita masih hamil?