Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Tips Mempermudah Puasa bagi Ibu Menyusui

FEEDING  |  MY STORY  |  OTHERS  |  23 May '19


Berpuasa adalah bagian integral dari sebagian besar agama besar di dunia. Tetapi, ketika Moms menjadi seorang ibu yang saat ini sedang menyusui, prioritas Moms mungkin berubah. Tidak heran bahwa banyak wanita bingung mengenai puasa saat menyusui. Mereka menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Di sisi lain, mereka tidak mau mengorbankan iman mereka dalam menjalankan ibadah.

Apabila puasa menyebabkan penurunan berat badan, sebaiknya Moms mengurungkan niat menjalankan ibadah puasa. Ini karena ASI akan melepaskan lemak dari tubuh untuk mengkompensasi kekurangan lemak dalam makanan Moms dan nantinya akan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat. Puasa bukanlah jawaban tepat untuk mengurangi berat badan yang naik setelah melahirkan. Alih-alih berat badan turun, Moms akan kekurangan gizi.

Tips-tips agar puasa lebih mudah saat menyusui

  1. Pastikan Moms mengonsumsi diet menyusui yang baik. Jika Moms memotong beberapa jenis makanan tertentu dari diet Moms, jangan lupa untuk menggantinya dengan suplemen makanan yang mengandung nutrisi serupa.
  2. Minumlah sebanyak-banyaknya saat sudah berbuka. Menyusui bisa membuat Moms selalu haus. Jadi, pastikan Moms mendapat cukup cairan untuk menghindari dehidrasi.
  3. Tundalah pekerjaan berat yang membutuhkan banyak energi. Atur ulang jadwal melakukan pekerjaan berat tersebut menjadi pada sore hari ketka hendak berbuka atau setelah berbuka puasa.
  4. Istirahatlah sesering yang Moms bisa. Moms harus menjaga agar Moms tetap berenergi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.
  5. Perhatikan kondisi si Kecil selama Moms berpuasa. Ada kemungkinan kecil bahwa produksi ASI menurun selama berpuasa. Jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda jarang buang air, kotoran berwarna kehijauan, penurunan berat badan, dan lain sebagainya. Konsultasikan kepada dokter apakah Moms bisa tetap melanjutkan puasa atau tidak. Moms memang sebaiknya menjalankan puasa ketika si Kecil sudah mulai makan makanan padat sehingga dia bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dari MPASI.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

336 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Defrost Freezer ASIP

Sebenernya defrost freezer ASIP adalah pekerjaan yang mudah Moms, cuma butuh niat yang ekstra aja.