Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Tanda Si Kecil Cukup ASI

BABY  |  09 Mar '20


Memberikan ASI eksklusif pada buah hati adalah keinginan terbesar oleh setiap ibu. Sekalipun mungkin pada prosesnya menemui banyak kendala tapi akan tetap diperjuangkan atau istilah kerennya “Pejuang ASI”. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan ASI eksklusif pada buah hati yakni bisa dengan direct breasfeeding, bisa dengan bantuan media lain semisal botol susu dengan melakukan pumping terlebih dahulu atau ASI Perah. Namun, intinya dengan metode apapun harapan setiap ibu pasti sama yakni bagaimana si kecil bisa tercukupi kebutuhan ASInya dan tumbuh kembangnya optimal sesuai dengan milestone-nya.

Memberikan ASI langsung dari payudara tentu berbeda dengan melalui botol susu. Jika kita memberikan ASIP melalui botol susu, takaran/ dosisnya bisa diketahui dan disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si kecil. Tapi bagaimana jika full direct breastfeeding? Bagaimana cara mengetahui jika si kecil ini kebutuhan ASI nya sudah terpenuhi?

Ada 5 tanda yang menurut pengalaman saya, si kecil sudah kenyang atau cukup ASI, yakni:

1. Si Kecil tidak rewel atau menangis setelah menyusui
Kalau anak kenyang, maka biasanya dia akan anteng. Jika menangis, maka sebaiknya disusui lagi. Namun jika dia menolak, mungkin ada masalah dengan pencernaannya.

2. Tertidur nyenyak/pulas
Yang namanya bayi, jika kenyang biasanya akan tertidur. Malahan tertidur pulas padahal masih menyusui.

3. Berat Badan si kecil bertambah secara signifikan
Salah satu indikator untuk mengetahui anak cukup asupan ASI adalah kenaikan berat badannya. Bisa dicek setelah si kecil menyusui atau dengan membawanya ke posyandu setiap bulannya.

4. Sering BAK
Hal ini juga bisa jadi acuan moms untuk mengetahui kalau anak sudah kenyang atau belum. Sering buang air kecil, jika si kecil menggunakan diapers maka bisa dilihat berapa lama diapersnya penuh dan berapa diapers yang dipakai dalam sehari.

5. Payudara kosong setelah si kecil menyusui
Sebelum menyusui bisa dirasakan bagaimana payudara yang lebih berisi, selama menyusui hingga selesai, kita bisa merasakan payudara kosong atau melunak. Itu pertanda jika si kecil menghisap payudara dengan baik dan kenyang.

6. Durasi menyusui yang lama
Durasi dan frekuensi menyusui setiap anak berbeda-beda sesuai dengan pertambahan usianya. Jadi usahakan jika si kecil tertidur pulas dalam waktu lama sementara sudah waktunya menyusui, alangkah baiknya si kecil dibangunkan untuk segera menyusui.



Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1114 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Serba Serbi Mitos Tentang ASI dan Faktanya

Moms, yuk kita bedah bersama beberapa mitos mengenai ASI berikut ini!

Tentang ASI Perah (ASIP)

Bagi Moms yang pumping, pasti memiliki banyak pertanyaan soal daya tahan ASIP. Info berikut ini sangat berguna. Yuk, disimak!