Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Tahapan Perkembangan Kehamilan di Minggu 8

PREGNANCY  |  13 Mar '19

Setiap periode kehamilan harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh demi menjaga kondisi kehamilan Moms. Simak gejala dan tahapan perkembangan kehamilan di minggu 8 berikut ini.

Gejala Kehamilan pada Minggu ke-8

  • Hormon Payudara Meningkat
    Pada minggu ke-8 kehamilan, Moms akan merasa bahwa bra yang Moms kenakan mulai ketat. Ini merupakan tanda payudara Moms semakin membesar akibat peningkatan kadar hormon dengan tujuan mempersiapkan produksi susu yang cukup untuk si Kecil pada saat dia lahir nanti.
  • Mudah Kelelahan
    Gejala selanjutnya yang juga dialami oleh ibu hamil di minggu ke-8 adalah mudah mengalami lelah. Moms akan sering buang air kecil di malam hari. Ini membuat kualitas tidur Moms terganggu sehingga berdampak pada penurunan stamina. Tidak heran jika ibu hamil cenderung mudah sekali lelah.

Tahapan Perkembangan Kehamilan Usia 8 Minggu

  • Panjang dan Berat si Kecil Bertambah
    Pada usia kehamilan 8 minggu, ekor mungil pada bayi sudah menghilang. Diperkirakan, si Kecil sudah berbentuk seperti kacang merah, memiliki panjang sekitar 2,7 cm dan berat sekitar 3 gram. Memasuki minggu ke-8, organ tangan dan kaki sudah mulai terbentuk meskipun belum bisa bekerja secara maksimal.
    Di tahap ini, bayi di dalam perut hanya mampu menekukkan pergelangan tangan dan sikunya. Pada beberapa minggu ke depan, organ tersebut akan berkembang sempurna. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan ya Moms!
  • Organ-Organ Tubuh Mulai Berkembang
    Pada tahapan ini, organ tubuh si Kecil seperti usus sudah mulai terbentuk. Usus tersebut masih terlihat menonjol ke luar tali pusar hingga terbentuk secara sempurna pada minggu ke-12 kelak. Tonjolan tersebut disebabkan oleh sempitnya ruangan pada perut. Selain itu, organ penglihatan si Kecil pun sudah tampak lebih baik. Retina mata sudah terbentuk dan sudah mulai memproduksi pigmen.
  • Alat Kelamin Sudah Terbentuk
    Selanjutnya pada perkembangan kehamilan di minggu 8  ini, alat kelamin pada bayi sudah terbentuk. Namun, pada masa ini Moms masih belum bisa mengetahui jenis kelamin si bayi. Moms perlu menunggu selama beberapa minggu lagi yaitu pada pemeriksaan selanjutnya untuk mengetahui jenis kelamin bayi.
  • Persendian Mulai Bekerja
    Tahapan selanjutnya adalah tulang akan mengeras atau proses osifikasi mulai terjadi. Sudah muncul pula tulang-tulang persendian seperti pergelangan tangan, siku, dan lainnya. Tangan-tangan yang mulanya bersayap sudah mulai terpisah dan dapat digerakkan. Jumlah jari pun sudah mencapai 20 jari (penjumlahan antara jari tangan dan jari kaki).
  • Struktur Wajah Sudah Terbentuk dengan Jelas
    Selain pembentukan sendi, Moms juga akan melihat perkembangan wajah yang sudah tampak jelas bagian-bagiannya. Pada tahapan ini, hidung sudah terbentuk dengan jelas walaupun belum sempurna. Selain itu, bagian telinga dalam maupun luar juga sudah dapat terlihat. Rahang dan gigi sudah tertata rapi.

Perlu Moms ketahui bahwa pada minggu ini, Moms perlu melakukan pemeriksaan rutin dan memberikan penjelasan terkait dengan riwayat kehamilan Moms. Dokter akan memberikan beberapa tes untuk mengetahui kadar hormon pada tubuh.

Itulah beberapa hal tentang tahapan perkembangan kehamilan di minggu 8.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

206 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories