Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Masalah Parenting Di Masa Pandemi dan Caraku Mengatasinya

24 Jul '20


Selama ada himbauan untuk di rumah saja dan juga WFH, hampir semua aktivitas dilakukan di dalam rumah. Jika harus keluar, hanya untuk hal yang sangat penting dan darurat seperti membeli peralatan dan kebutuhan sehari-hari. Selama di rumah saja, tak bisa dimungkiri ada rasa bosan dan tidak betah ketika harus melihat suasana yang itu-itu saja. Apalagi jika sebelumnya kita terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah. Terus harus tinggal di rumah saja.

Begitupun dengan anak-anak dimana semua aktifitas bagi anak yang sekolah juga dilakukan di rumah. Anak saya yang sudah masuk PAUD pun sering protes karena katanya sudah bosan di rumah saja, dia mau bertemu dengan guru dan teman-temannya.

Ada beberapa kendala yang biasa dihadapi selama harus berkegiatan di rumah saja, antara lain:

  1.     Tingginya tingkat emosional/stress

Sangat disadari situasi seperti ini membuat hampir semua orang kelimpungan terlebih bagi para orang tua. Tingkat stress jadi meningkat karena dihadapkan pada keadaan dan rutinitas yang itu-itu saja. Ditambah lagi dengan permasalahan ekonomi yang mau tidak mau terganggu karena hanya bisa beraktivitas di dalam rumah saja. Pemasukan berkurang sementara pengeluaran harus tetap jalan. Demikian pula dengan si Kecil, terkadang jadi rewel ketika keinginannya untuk bepergian ke luar rumah tidak bisa terpenuhi. Untuk itu, penting untuk tetap menjaga kondisi rumah lebih kondusif dan nyaman, tetap berpikiran positif bahwa pandemi ini akan Segera berakhir. Jika Moms dan Dads moodnya bahagia maka hal tersebut juga akan tertular pada anak-anak.

  1.     Menimbulkan kejenuhan

Hal ini sudah pasti, iya kan Moms? Saya pun merasakannya. Yang biasanya ke kantor dengan seabrek rutinitas, terus harus di rumah saja pastinya jadi shock di awal-awal. Bingung mau berbuat apa. Anak saya pun demikian, jika bosan dengan mainannya, mereka akan uring-uringan. Solusi ketika si Kecil merasa jenuh adalah dengan cara membuat ide-ide bermain sederhana atau kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama-sama. Biasanya saya mengajak si Kecil untuk membantu membuat kue semisal kue puding, cukup si Kecil memberi hiasan di atas pudingnya. Bisa juga mengajak anak-anak karaokean, kebetulan mereka punya smart hafiz jadi bisa seru-seruan dengan anak-anak dan bonding dengan si Kecil lebih erat.

  1.     Si Kecil jadi selalu minta main gagdet

Ini kendala paling ribet bagi saya. Selama WFH, otomatis karena tuntutan pekerjaan saya jadi lebih sering menggunakan gagdet. Karena keseringan melihat ibunya main hp, makanya si Kecil jadi tertarik dan merengek untuk main gagdet. Jadi biasa main gagdet nya sambil sembunyi-sembunyi. Pastikan si Kecil tidak melihat dan tertarik atau memberikan alternatif lain yang lebih menarik perhatiannya.

  1.     Si Kecil jadi tidak bisa bersosialisasi

Selama di rumah saja, otomatis anak-anak hanya bertemu dengan orang yang itu-itu saja di dalam rumah. Interaksinya jadi lebih sempit. Anak saya yang pertama paling sering protes karena dia mau main dengan teman-temannya. Hal ini bisa membuat si Kecil jadi kaku dalam bersosialisasi dan pembendaharaan kata-katanya pun jadi berkurang. Biasanya saya mengajak si Kecil bermain yang menuntut dia untuk banyak bicara misalnya dengan bermain masak-memasak, anak saya punya cita-cita jadi koki sehingga terkadang dia yang masak bohongan terus menjajakannya ke orang-orang di dalam rumah. Proses ini bisa mengasah kemampuan interaksinya ketika menjual makanan buatannya.

  1.     Si Kecil jadi malas-malasan

Pastikan si Kecil tetap aktif bergerak selama pandemi. Jangan sampai anak-anak malas-malasan. Hal ini tidak baik bagi kesehatannya dan bisa memicu timbulnya penyakit. Agar si Kecil tidak malas, sebaiknya Moms melibatkan mereka pada kegiatan yang dilakukan. Sesuaikan kegiatan tersebut dengan usia si Kecil sehingga anak-anak akan enjoy melakukannya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

272 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Hanya dengan Detox, Imun Kuat di Masa Pandemi!

Masa pandemi banyak mengubah pola kehidupan sehari-hari, termasuk kesibukan Mom yang harus mencari cara agar dapat terus membantu mempertahankan [...]

Cara Praktis Dan Aman Pumping Di Kantor Selama Pandemi

Terapkan tips praktis memompa ASI di kantor agar tetap aman di masa pandemi berikut ini.

5 Tips Mudah Belajar Makan Sendiri saat MPASI

Aku ingin berbagi pengalamanku selama mengajarkan Zavi makan sendiri saat MPASI dengan mudah. Berikut ini tips MPASI dariku:

Spread the Love with Berdee

Hai @thebabyologist, perkenalkan ini foto sahabatku sekaligus sepupuku, namanya Kiki. Sebentar lagi sahabatku ini mau lahiran di akhir Desember. [...]

Tips MPASI Menyenangkan Versi Mama Zila

Perjalanan memberi MPASI tidak selalu mudah, sekalipun si Kecil sudah tahap di usia ideal di beri makan tetap saja kadang kita sebagai orang [...]

Caraku Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Saya melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan susu pertumbuhan yang mengandung probiotik Triple Bifidus.

Tips Stok ASIP Aman Untuk Working Moms

Buat Moms yang tidak bisa dbf (direct breastfeeding) karena suatu alasan misalnya bekerja (working Moms). Moms tetap dapat memberikan ASI [...]

Pengalaman Menggunakan Produk Berbasis Xylitol untuk si Kecil

Hai Moms, Apakah hari ini Moms and Dads sudah mulai beraktivitas kembali seperti sebelum masa

Menjaga Gizi Bayi di Tengah Pandemi dengan Memilih Botol Susu yang Tepat

Agar kandungan dan nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalam ASI tidak berkurang kualitasnya, Moms harus memilih botol susu yang tepat.

Jaga Gizi si Kecil Selama Pandemi

Apa yang Moms and Dads lakukan untuk jaga gizi si Kecil selama masa pandemi ini? Yuk bagikan ceritamu!

Kenali Tanda & Cara Mengatasi si Kecil yg Alergi Susu Sapi

Apa saja tanda-tanda si Kecil yang alergi susu sapi?

Pentingnya Memilih Hand Sanitizer yang Tepat untuk Si Kecil

Kita harus lebih selektif dalam memilih hand sanitizer apalagi jika kita menggunakannya untuk si Kecil.

Kenali Gejala Konstipasi dan Cara Menanganinya Secara Tepat

Si Kecil sering konstipasi? Bagaimana cara menanganinya? Yuk simak berikut ini.

Pencernaan Sehat, Imunitas Anak Meningkat

Apa saja yang Moms dapat lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil? Yuk simak berikut ini.

Ini Kegunaan Air Purifier untuk Anak, Manula, dan Keluarga

Air purifier memiliki banyak manfaat, baik untuk anak-anak dan juga manula. Yuk simak berikut ini.

Tangkis Virus Jahat Dengan Menggunakan Air Purifier

Selama #dirumahaja, selain menjaga kesehatan, kebersihan juga perlu diperhatikan ya Moms and Dads.

Tingkatkan Kualitas Udara yang Dihirup si Kecil Dengan yang Satu Ini

Kenapa udara di sekitar kita yang kita biasa hirup perlu ditingkatkan kualitasnya? Yuk simak bersama berikut ini.

Air Purifier, Solusi Masalah Pernafasan Si Kecil

Kualitas yang buruk dapat mengakibatkan si Kecil sering bersin, pilek, dan juga batuk. Air purifier bisa menjadi solusi untuk masalah ini loh!

Tidak Takut Memelihara Kucing Karena Air Purifier

Apa hubungannya memelihara kuling dengan air purifier? Yuk, simak bersama berikut ini.

Si Kecil Tidur Nyenyak Dengan Air Purifier

Betulkah air purifier bisa membantu si Kecil memiliki tidur yang berkualitas? Simak berikut ini!