Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Manfaat Penting Susu Kedelai

MY STORY  |  09 May '20


Si Kecil dikatakan alergi susu sapi jika setelah mengonsumsi susu sapi menunjukkan tanda-tanda gejala alergi. Jika ini terjadi, Moms jangan membiarkannya begitu saja tanpa ada penanganan dan solusi. Reaksi alergi terhadap alergen susu sapi ini bisa muncul pada sekali minum saja atau setelah beberapa kali minum susu sapi. Muncul tidaknya gejala alergi ini tergantung dari sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Reaksi alergi setelah mengkonsumsi susu sapi atau olahan lain dari susu sapi ini disebabkan karena si Kecil mengalami intoleransi laktosa susu sapi. Sistem imunitas tubuh anak menolaknya dan menganggapnya sebagai sesuatu yang akan membahayakan kesehatan tubuh. Ini memicu terjadinya alergi yang biasanya diawali dengan timbulnya ruam-ruam merah pada permukaan kulit seperti pada bagian mata, mulut, dan pipi. Tanda-tanda awal ini harus dikenali sedini mungkin karena gejalanya mirip dengan biang keringat. Gejala lebih lanjutnya adalah biasanya si Kecil akan batuk berkepanjangan hingga muntah dan diare. Jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera tenangkan si Kecil dan bawa ke dokter untuk pemeriksaan selanjutnya.

Solusi yang bisa dilakukan ketika anak mengalami alergi terhadap susu sapi adalah sebagai berikut:

  1.     Hindari memberikan susu sapi dan atau olahan lainnya dari susu sapi seperti keju dan yogurt
  2.     Hindari memberikan susu sejenis yang memiliki kandungan protein hewani misalnya susu kambing
  3.     Penuhi nutrisi tambahan bagi si Kecil dengan gizi yang seimbang yakni makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, kalsium, zat besi, lemak dan zat penting lainnya
  4.     Jika si Kecil menyusui, Moms perlu menghindari makanan mengandung protein susu sapi. Minumlah susu khusus ibu menyusui dengan kandungan utama kedelai bukan susu sapi. Selain bisa menjadi ASI booster, susu kedelai juga aman untuk si Kecil.
  5.     Berikan susu kedelai

Sekarang ini sudah ada susu formula untuk anak yang memang dikhususkan bagi yang alergi terhadap susu sapi. Moms bisa tetap memenuhi nutrisi si Kecil agar dapat bertumbuh kembang dengan optimal. Susu kedelai ini pada dasarnya memiliki kandungan yang baik untuk pemenuhan kebutuhan gizi anak-anak yakni kandungan protein, lemak, dan karbohidrat sehingga aman bagi sistem pencernaan si Kecil.

Manfaat dari susu kedelai/soya bagi si Kecil antara lain:

  1.     Melancarkan sistem pencernaan anak

Susu kedelai kaya akan serat sehingga tidak perlu takut si Kecil akan mengalami gangguan pencernaan misalnya sembelit. Susu kedelai bisa sekaligus sebagai pengganti ketika anak malas makan sayur atau buah sebagai salah satu sumber serat juga.

  1.     Meminimalisir terjadinya diare pada anak

Salah satu reaksi alergi susu sapi adalah si Kecil akan mengalami diare. Hal itu karena adanya intoleransi laktosa susu sapi. Di sisi lain, susu kedelai tidak mengandung laktosa. Anak-anak yang alergi susu sapi pun bisa meminum susu kedelai tanpa masalah.

  1.     Mengurangi kadar lemak jahat pada tubuh si Kecil

Kelebihan kadar lemak pada tubuh si Kecil tentunya akan berpengaruh tidak baik bagi kesehatannya. Susu kedelai mengandung lemak jenuh yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

  1.     Bisa bermanfaat sebagai antioksidan

Pada susu kedelai mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi perkembangan sel-sel pada tubuh si Kecil terutama di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

  1.     Kandungan asam aminonya lengkap sehingga baik untuk pertumbuhan si Kecil.

Susu kedelai tak kalah manfaatnya dengan susu sapi, kandungannya pun juga baik bagi kesehatan si Kecil terutama pada organ pencernaannya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

100 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

JJS di New Normal? Yuk Simak Manfaatnya!

Memilih stroller yang tepat, tentu akan memberikan perlindungan optimal untuk si Kecil saat berada di luar rumah.

Moms, Simak Tips Olahraga Aman Saat Pandemi Berikut

Supaya tetap sehat, ada beberapa tips jalan-jalan sore yang aman dengan si Kecil berikut ini.

Tips Jalan-jalan Bersama Si Kecil Tanpa Repot

Sebelum jalan-jalan sore bersama si Kecil di masa New Normal ini, simak tips berikut, yah, Moms!

Moms, Ini 5 Cara Bangun Bonding dengan Si Kecil

Cara apa saja yang dilakukan Moms agar bonding dengan si Kecil tetap terjalin, simak tips berikut ini, yah, Moms!

Mengatasi Stranger Anxiety dengan Membiasakan Jalan-jalan Sore

Kondisi si Kecil yang mengalami kecemasan dan ketakutan berlebih ketika bertemu dengan orang baru atau yang jarang dilihatnya disebut stranger [...]

Jalan Sore Bersama Greentom

Berikut tips-tips yang biasa saya lakukan agar jalan sore bersama si Kecil tetap aman dan nyaman selama New Normal:

JJS bersama si Kecil di Masa New Normal, Amankah?

Selama pandemi Corona, salah satu kegiatan yang sulit dilakukan adalah jalan jalan sore bersama si Kecil.

Bonding dengan Aktivitas Menggendong, Yuk!

Moms, jangan percaya ya sama mitos yang belum terbukti benar. Karena menuruti mitos, seribu manfaat menggendong yang justru baik untuk bayi akan [...]

Sempatkan Jalan-jalan Santai Yuk, Moms!

Moms, tidak ada salahnya juga sekedar keluar rumah untuk mencari udara segar seperti jalan-jalan di sekitar komplek bersama si Kecil.

Pentingnya Menggunakan Stroller di Masa New Normal

Menggunakan stroller bisa menjadi salah satu solusi saat Moms & Dads membawa si Kecil keluar rumah.

Tips Berolahraga Seru dengan Si Kecil Saat New Normal

Meskipun kita masih berada di tengah pandemi, sebagian dari kita sudah mulai beraktivitas seperti sediakala dengan menerapkan protokol kesehatan [...]

Jalan-Jalan Sore Lebih Aman dan Stylish Dengan Stroller Greentom

Ketika akan berjalan-jalan bersama si Kecil, jangan lupa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Tips Aman Jalan-jalan Sore Bersama si Kecil di New Normal

Tempatkan si Kecil di stroller agar tetap aman. Dengan demikian, Moms dan si Kecil bisa menikmati udara segar di pagi dan sore hari.

Ketahui Olahraga yang Bisa dilakukan Sambil membawa Bayi dalam Stroller

Apa saja sih olahraga yang bisa Moms lakukan sambil membawa si Kecil di dalam stroller:

Caraku untuk Tetap Sehat di Masa New Normal Bersama Stroller Greentom

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan di masa New Normal ini, saya dan keluarga mempunyai beberapa tips sebagai berikut:

Si Kecil Bereksplorasi, Tandanya Dia Tumbuh!

Orang tua adalah orang yang paling berperan dalam membentuk karakter seorang anak. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan agar tumbuh bahagia.

Grow Happy dengan Sensory Play di Rumah

Banyak cara yang bisa Moms & Dads upayakan agar si Kecil Grow Happy di usia emas pertumbuhannya. Tidak perlu pergi ke sekolah mahal dan tidak [...]

Apa Sih yang Bisa Kita Lakukan untuk Memastikan Si Kecil Grow Happy?

Orang tua memang harus lebih aware terhadap perkembangan anak-anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal baik secara fisik maupun mental.

Tumbuh Kembang Bersama Anak Bahagia

Usia anak-anak adalah masa keemasannya dalam hal bertumbuh kembang. Berbagai faktor berpengaruh mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah [...]

Stimulasi Membaca supaya Anak Grow Happy

Membaca adalah salah satu upaya stimulasi Grow Happy bagi si Kecil. Mengenalkan aktivitas membaca sejak dini terbukti meningkatkan kemampuan [...]