Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Manfaat Minyak Telon untuk si Kecil

BABY  |  BRANDS  |  21 Apr '20


Sebagai seorang ibu yang memiliki anak bayi, Moms tentu familiar dengan minyak telon. Biasanya, minyak ini dibalurkan ke tubuh si Kecil usai dimandikan. Minyak yang memiliki bau khas ini memiliki banyak khasiat. Apa saja khasiatnya untuk si Kecil? Mari simak penjelasan manfaat minyak telon berikut ini.

Kata “telon” dalam istilah minyak telon berasal dari serapan kata Bahasa Jawa “telu” yang berarti “tiga”. Minyak ini memang terbuat dari tiga bahan alami yaitu minyak kelapa, minyak adas, dan minyak kayu putih. Tentu saja, dengan komposisi tiga jenis minyak ini, manfaat minyak telon menjadi semakin banyak dan bermacam-macam.

Banyak ibu membalurkan minyak telon kepada anaknya untuk menghangatkan tubuh mereka setelah mandi. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bau khas dari minyak telon bisa membuat si Kecil relaks. Selain alasan-alasan tersebut, ternyata, minyak telon juga memiliki manfaat sebagai berikut:

1.    Memberikan rasa hangat dan melegakan pernapasan si Kecil

Khasiat minyak telon yang paling utama adalah memberikan kenyamanan dan kehangatan tubuh si Kecil. Ini sangat bermanfaat ketika si Kecil habis mandi agar dia tidak kedinginan. Ketika sakit, minyak telon juga dapat meringankan gejala masuk angin seperti batuk-batuk, bersin-bersin, meriang, dan hidung tersumbat. Sifat dekongestan dalam minyak kayu putih efektif melegakan pernapasan.

2.    Mencegah si Kecil digigit serangga

Beberapa minyak telon juga memiliki tambahan campuran seperti Lavender & Geranium yang ternyata dapat mengusir serangga.  Oleh sebab itu, si Kecil akan terhindar dari gigitan serangga ketika dibaluri minyak telon dengan bahan tersebut. 

3.    Melembabkan kulit si Kecil

Pada tahun 2004, sebuah studi di Filipina menyimpulkan bahwa virgin coconut oil melembabkan kulit orang yang berkulit kering. Minyak kelapa dalam minyak telon dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga mampu melembabkan kulit termasuk kulit bayi.

4.    Menyembuhkan gejala eksim dan infeksi kulit pada si Kecil

Ruam dan gatal-gatal adalah gejala eksim (dermatitis atopik) yang umum dialami bayi. Minyak kelapa, menurut penelitian yang dirilis Journal of International Dermatology, diklaim dapat menurunkan indeks Scoring of Atopic Dermatitis (SCORAD). Sifat antimikroba yang dimiliki oleh minyak kelapa juga mampu melindungi kulit dari penyebab infeksi kulit berupa mikroorganisme.

5.    Meredakan perut kembung si Kecil

Saat membalurkan minyak telon di kulit si Kecil sehabis mandi, tentu Moms juga mengusap perutnya. Olesan minyak telon di perutnya dapat membantu mengatasi perut kembung. Responden sebuah penelitian di tahun 2006 yang menggunakan campuran minyak adas dan minyak kurkumin merasakan bahwa perut kembung dan nyeri perut mereka membaik. Kesimpulan penelitian tersebut adalah bahwa campuran kedua minyak tadi dapat mengurangi gejala yang dialami oleh penderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) ringan. Minyak telon yang mengandung minyak adas tentu juga memiliki kemampuan serupa.

Memilih minyak telon terbaik

Saat ini, produk minyak telon yang beredar di pasaran semakin beraneka ragam. Pihak produsen berlomba-lomba menawarkan minyak telon dengan komposisi terbaik. Selain tiga kandungan utama minyak telon yaitu minyak kayu putih (Oleum Cajuputi), minyak adas (Oleum Anisi), dan minyak kelapa (Oleum Cocos), Moms bisa memilih produk khusus yang dilengkapi minyak lavender (Oleum Lavandulae), dan minyak geranium (Oleum Geranium). Kedua komposisi tambahan tersebut sangat berkhasiat untuk membantu menghindarkan si Kecil dari gigitan serangga.

Tips menggunakan minyak telon

Sebelum membeli dan menggunakan produk minyak telon, bacalah dulu label kemasannya. Periksa komposisi, prosedur penggunaan, tanggal kedaluwarsa, dan izin BPOM. Ketahui pula apakah kandungan di dalamnya berisiko menimbulkan alergi pada si Kecil. Jadi Moms harus lebih teliti dalam memilih minyak telon, pilihlah minyak telon yang tidak mengandung tambahan bahan parfum. Kenali cirinya, minyak telon yang baik memiliki bau yang lembut dan baunya tidak melekat terlalu lama durasi waktunya.

Aplikasikan minyak telon dalam jumlah sedikit ke wilayah lengan dan kaki si Kecil untuk mengecek apakah si Kecil cocok atau tidak. Jika dalam 24 jam muncul gejala seperti kulit kemerahan atau bengkak, segera hentikan penggunaannya. Selalu konsultasikan ke dokter anak dan dokter kulit mengenai jenis dan produk minyak telon yang hendak Moms aplikasikan ke kulit si Kecil. Terakhir, hindari mengoleskan terlalu banyak minyak telon di kulitnya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

10254 konicare Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Manfaat Aroma Green Tea pada Minyak Telon si Kecil

Apa manfaat aroma green tea pada minyak telon bayi? Mari simak bersama berikut ini.

Si Kecil Tidur Nyenyak, Kedamaian Bagi Moms and Dads

Salah satu cara mendukung pertumbuhan si Kecil di masa 1000 hari pertamanya adalah dengan memastikan ia tidur nyenyak. Simak berikut ini yuk Moms.

Sentuhan Moms, Jawaban untuk Perut Kembung si Kecil

Salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami oleh bayi adalah perut kembung. Yuk, simak cara mengatasinya berikut ini.

Yuk! Kenalan sama Telon Doodle yang Wanginya Beda

Moms, tahukah Anda bahwa minyak telon Doodle memiliki wangi yang khas dan bisa menjadi aromatherapy? Simak yuk.

Anak Ikut Kursus Renang? Ini Dia Manfaat Kece yang Bisa Moms Dapatkan!

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari berenang? Yuk, simak berikut ini.