Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Manfaat ASI bagi si Kecil

FEEDING  |  17 Feb '19

Air susu ibu (ASI) sudah diketahui sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi, dan ASI sangat berperan penting bagi tahapan awal tumbuh kembang si Kecil. Apa saja 5 manfaat ASI bagi sang anak? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

5 manfaat ASI bagi anak

1. ASI memberikan nutrisi ideal bagi si Kecil

Para ahli kesehatan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif kepada bayi setidaknya hingga enam bulan pertama kehidupannya. Moms direkomendasikan untuk melanjutkan menyusui hingga setidaknya satu tahun, seiring dengan pengenalan MPASI kepada si Kecil.

Komposisi ASI bahkan selalu berubah menyesuaikan apa yang dibutuhkan si Kecil, terutama selama bulan-bulan pertama kehidupannya. ASI memiliki tiga tahap produksi yaitu tahap kolostrum, tahap ASI transisi, dan tahap ASI matang. Setiap tahap ASI memiliki karakteristik dan kandungan gizi berbeda-beda untuk mencukupi kebutuhan si Kecil.

2. ASI mengandung antibodi penting

Antibodi dapat melindungi si Kecil dari serangan bakteri dan virus. Kolostrum memiliki kandungan antibodi penting untuk si Kecil terutama immunoglobin A. Susu yang lain tidak mengandung antibodi sehingga bayi yang tidak mengonsumsi ASI bisa lebih rentan terkena penyakit seperti infeksi, diare, dan pneumonia.

3. ASI dapat mengurangi risiko terserang penyakit

Risiko si Kecil terserang berbagai macam penyakit berkurang hingga 72% jika mengonsumsi ASI eksklusif. Penyakit yang dapat dicegah antara lain adalah infeksi telinga tengah, infeksi saluran pernapasan, pilek dan masuk angin, infeksi usus, kerusakan jaringan usus, sindrom kematian bayi mendadak, alergi, penyakit celiac (masalah sistem imun), penyakit radang usus, diabetes, dan leukimia anak. ASI juga sudah terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit-penyakit tersebut.

4. ASI membantu si Kecil mencapai berat badan ideal

ASI diketahui mampu membantu si Kecil mencapai berat badan ideal dan mencegah obesitas anak. Penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diberi ASI mempunyai tingkat kemungkinan terkena obesitas 15-30% lebih rendah. ASI juga mencegah risiko obesitas di kemudian hari hingga 4%.

5. ASI membuat si Kecil lebih pintar

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ada perbedaan perkembangan otak antara bayi yang mengonsumsi ASI dan susu lain. Hal tersebut dimungkinkan karena adanya kontak fisik intim antara ibu dan bayi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

162 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories