Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Kegiatan Bersama Anak Agar Tidak Bosan Di Rumah

MY STORY  |  24 Jul '20


Setiap orangtua pasti sudah tahu kalau 23 Juli merupakan Hari Anak Nasional. Meski bukan termasuk tanggal merah, tapi aku berharap hari tersebut dapat dinikmati oleh si Kecil dengan penuh kegembiraan.

Sekaligus, menjadi refleksi untuk ayah dan ibu juga. Apakah selama ini kita sudah melindungi dan memberikan hak-hak anak dengan baik? Salah satunya seperti hak bermain.

Meskipun ada pandemi dan orang dilarang beraktivitas di luar rumah, bukan berarti anak tidak mendapat hak untuk bermain, ya, Moms.

Justru kita sebagai orangtua harus pintar menyiapkan kegiatan bermain dengan anak agar tidak bosan, meskipun mereka cuma di rumah saja. Kira-kira, apa saja kegiatannya?

  1.     Bersepeda

Belakangan ini kegiatan bersepeda lagi ngetren banget kan Moms? Nah anakku juga enggak mau ketinggalan. Setiap pagi, dia selalu ambil sepedanya dan minta didorong keliling komplek. Anak senang, ibu sehat karena dapat asupan vitamin d alami dari sinar matahari

  1.     Bikin sensory play

Ini dia salah satu benefit di rumah saja! Aku ikutan aktif bersama anak, jadi rajin membuat sensory play setiap hari. Dan ternyata dia tuh lebih suka dibikinin sensory play, bisa duduk anteng sampai 1 jam untuk main.

  1.     Ikut tidy up

Coba libatkan anak untuk melakukan tugas rumah. Misal kalau lagi angkat jemuran, aku selalu ajak Sofia untuk ambil bajunya sendiri. Kalau aku menyapu, dia beresin mainan. Kalau aku masak, dia ikutan cuci buah atau sayur. Mengajarkan anak merapikan rumah tidak salah kok, asal kegiatan yang kita minta sesuai dengan anak sesuainya.

  1.     Berenang di rumah

Meski sudah masuk masa adaptasi baru, tapi aku belum berani mengajak anak berenang ke kolam umum. Jadi solusinya ya berenang di rumah, biar tambah seru, airnya aku kasih bubble bath supaya berbusa, terus tambahin bola biar kaya mandi bola di playground gitu, hehe.

  1.     Selalu temani anak.

Terkadang, si Kecil juga punya ide bermain sendiri lho. Ikutin saja imajinasi mereka seperti mereka. Misalnya anakku, tiba tiba suka ambil boneka yang katanya lagi sakit. Yaudah aku tinggal berpura pura jadi dokter.

Itu dia kegiatan yang bisa dilakukan saat menemani anak bermain di rumah. Bermain sama si Kecil tuh seru banget kok walau enggak bisa ke mana-mana, apalagi suami ikutan work from home jadi bisa menambah ide mau bermain apa ya hari ini.

Bermain sama anak di rumah juga enggak melulu beli mainan baru. Contohnya tuh kaya bikin sensory play, tinggal manfaatin aja barang barang yang ada di rumah. Di mata si Kecil, itu sudah seperti mainan baru.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

41 Regina Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Memanfaatkan New Normal di Rumah dengan New Happy Routines Bersama Anak

Manfaatkan kondisi #di rumahaja dengan baik, salah satunya menghabiskan waktu dengan anak-anak dengan bermain bersama.

Moms & Dads, Lakukan Kegiatan Bersama Si Kecil Yuk!

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Moms & Dads lakukan bersama Si Kecil. Apa saja manfaat yang didapatkan Moms & Dads saat melakukan kegiatan [...]

Kegiatan Bersama Anak Selama Adaptasi Kebiasaan Baru

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum terlihat kapan akan usai, kita memperingati HAN dengan sedikit berbeda, ya, Moms. Berikut ini beberapa [...]

Main Bersama Anak, Memperkuat Bonding Anak dengan Orangtua

Rutinitas anak yang berubah termasuk belajar di rumah selama pandemi ini sangat membuat anak saya bosan.

Serunya Main Bersama Anak di Masa Pandemi

Nah, di sini, saya mau berbagi pengalaman kegiatan saya dan anak selama di rumah saja selama ini.

Manfaat Belajar Sambil Bermain untuk Si Kecil

Bermain mungkin terdengar sepele, namun sejatinya bermain untuk Si Kecil memberikan manfaat dan dampak jangka pendek maupun panjang yang baik.

Kegiatan Sederhana Kami Untuk Rayakan Hari Anak Nasional di Rumah

Berikut beberapa kegiatan yang saya lakukan di rumah untuk rayakan Hari Anak Nasional bersama Zila yang kini usianya 2,5 tahun.

Yuk Ketahui Manfaat Mengajak Si Kecil Bermain Moms

Selama WFH, ada banyak pengalaman yang saya rasakan ketika harus membuat si Kecil tetap merasa nyaman ketika harus di rumah saja.

Aktif Bersama si Kecil, Palo suka Bermain Masak-Masakan

Moms bisa melakukan berbagai interaksi bersama si Kecil agar si Kecil dapat aktif dan tumbuh dengan bahagia.

Aktif Berolahraga Bersama Anak Selama Masa Adaptasi Kegiatan Baru

Salah satu hal yang rutin saya lakukan bersama si Kecil adalah melakukan berbagai macam olahraga ringan untuk menyalurkan tenaganya namun dalam [...]

Ide Bermain: Mengenal Anggota Keluarga Melalui Foto

Saya mengenalkan keluarga kepada Fiersa melalui foto. Saya print foto nenek atuk bunda om dan abang-abangnya, juga foto keluarga Suami Saya. [...]

Aktif Bersama Anak di Rumah Selama Masa Pandemi

Sebenarnya banyak kegiatan di rumah yang bisa kita lakukan bersama dengan anak. Berikut ini adalah beberapa kegiatan rumah yang sering saya [...]

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Moms

Berikut ini, ada tips sukses memompa ASI terutama untuk working Moms.

Tetap Aktif Bersama Anak di Rumah Selama Pandemi

Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli menjadi momen yang berbeda tahun ini karena kita masih berada di tengah wabah Corona yang belum [...]

Berbagai Kegiatan yang Kami Lakukan Agar Betah di Rumah

Moms, gimana, masih betah di rumah aja? Saya yakin kala di rumah aja Moms dan keluarga punya kegiatan tersendiri yang biasa dilakukan bersama-sama.

Manfaat Non Nutrisi Menyusui sebagai Sarana Bermain Anak

Untuk Moms yang masih belum mantap dan yakin menyusui si Kecil, coba simak berbagai manfaat menyusui di bawah ini:

5 Kegiatan Bersama Si Kecil Selama Adaptasi Kebiasaan Baru

Apa saja, nih, kegiatan selama Adaptasi Kebiasaan Baru yang bisa Moms lakukan di rumah bersama si Kecil?

Tips Staycation di Masa New Normal

Moms merencanakan staycation dalam waktu dekat? Yuk, simak tips berikut ini.

Tetap Aktif Bersama si Kecil di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Hai Moms! Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tepatnya pada tanggal 23 Juli, nih, Moms.