Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

MY STORY  |  PARENTING  |  11 Jun '20


Mengasuh dan mendidik anak-anak adalah tanggung jawab yang besar bagi semua orang tua. Cara mendidik orang tua pada anaknya sedari kecil akan menentukan bagaimana pribadi anak setelah nanti dewasa. Setiap orang tua mempunyai cara masing-masing dalam mendidik anaknya dan Bagaimanapun cara mereka pada intinya hanya ingin terbaik untuk buah hati. Dalam mendidik anak harus ada kerjasama yang baik antara suami dan istri.

Saya dan suami sama-sama bekerja. Otomatis anak-anak tidak sepenuhnya berada dalam pantauan saya dan suami secara langsung. Meskipun ada perasaan bersalah sebagai orang tua karena tidak bisa setiap waktu bersama mereka, namun saya dan suami berusaha untuk selalu ada buat si kecil.
Suka duka sebagai working mom dalam mengasuh anak pastinya ada moms dan kesemuanya harus dijalani sebagai resiko atas pilihan yang kita jalani.

Ada beberapa hal yang harus jadi perhatian sebagai working mom, yakni:

1. Selama bekerja, titip si kecil pada orang yang sangat bisa dipercaya
Ini adalah hal yang paling susah selama menjalani peran sebagai working mom yakni harus menitipkan si kecil. Menitipkan anak tentu sangat jauh berbeda dengan barang. Kita harus memastikan selama ditinggal bekerja, anak-anak akan baik-baik saja sehingga tidak ada kekhawatiran selama kita bekerja. Apalagi sekarang kita banyak mendengar kejadian-kejadian mengerikan tentang anak dan pengasuhnya. Alhamdulillah, beruntung karena orang tua saya dengan senang hati menjaga anak-anak ketika saya dan suami bekerja. Jika mereka juga sedang sibuk, maka pilihannya saya mengajak anak ke kantor atau memilih untuk izin dulu untuk tidak masuk kantor. Pastikan menitipkan anak pada seseorang yang yang dipercaya dan anak-anak merasa nyaman. Jangan sampai, si kecil merasa tidak nyaman karena itu sangat berpengaruh pada perkembangan emosionalnya.

2. Atur waktu antara urusan pekerjaan dengan keluarga
Anak-anak sangat peka perasaannya sehingga sebagai orang tua kita harus jeli mengetahuinya. Jangan menunggu si kecil protes dulu baru kita menyadari. Untuk itu penting untuk mengatur waktu antara pekerjaan dan si kecil. Jika sudah di rumah, maka lupakan pekerjaan dan berikan waktu untuk si kecil meluapkan segala keluh kesahnya selama di tinggal bekerja. Kalaupun harus bekerja juga di rumah maka sebaiknya setelah anak-anak tidur sehingga mereka merasa selalu diperhatikan.

3. Prioritaskan kepentingan anak
Kepentingan adalah selalu menjadi nomor 1. Jika mungkin harus dihadapkan pada pilihan, maka keluarga akan selalu menjadi tempat terbaik untuk kembali.

4. Pastikan ada waktu quality time dengan anak setiap harinya
Anak-anak tidak akan meminta waktu kita semuanya, dia hanya butuh perhatian jika merasa jenuh dengan mainannya, butuh dijawab pertanyaannya jika ada yang membuatnya bingung, butuh dimanja, disayang dan mungkin setelah itu si kecil akan terlelap dalam mimpinya.

5. Jangan memanjakan anak hanya karena alasan merasa bersalah
Terkadang kita berpikiran sebagai orang tua yang bekerja dan meninggalkan si kecil di rumah merasa bersalah yang akhirnya membuat kita memanjakan si kecil untuk menebus kesalahan. Kebiasaan memanjakan anak dengan memenuhi semua kemauannya tanpa ada kontrol bisa berakibat tidak baik bagi sifat dan sikap anak ke depannya.

Itu lima hal yang saya lakukan sebagai working mom, kalau moms yang juga berperan sebagai ibu pekerja gimana nih? Bagi tipsnya dong

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1504 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]

Anak Umur 2 Tahun Belum Bisa Ngomong, Wajarkah?

“Anaknya 2 tahun? Sudah bisa ngomong belum? Oh, speech delay? Sama donk seperti anak saya. Gpp nanti usia 3 tahun juga bisa sendiri.”

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]