Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Hal Terpenting dalam Memilih Air Purifier

MY STORY  |  22 Feb '20


Semenjak punya bayi, aku jadi lebih memperhatikan kebersihan di rumah terutama kamar tidur bayi, Untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar ruangan, aku selalu menutup rapat-rapat kamar si Kecil. Tapi, meski tertutup rapat, debu dan partikel-partikel kecil lainnya tetap saja bisa mengotori ruangan. Sirkulasi udara juga menjadi kurang lancar. Karena itulah, aku mulai mempertimbangkan untuk memasang air purifier.

Air purifier bekerja dengan menghisap udara yang ada di sekitarnya dengan menggunakan kipas yang ada di dalamnya. Lalu, filter yang terpasang pada tersebut menyaring udara untuk kemudian diedarkan kembali. Udara yang sudah difilter bebas dari partikel polusi udara seperti debu, serbuk, virus, dan bakteri. Bahkan, alat ini juga dapat mencegah jamur berkembang biak dan menghilangkan bau tidak sedap.

 Dalam memilih air purifier, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan:

  1.    Tipe air purifier
  •      Ozone

Air purifier tipe ozone efektif membunuh kuman di udara. Sayangnya, tipe ini tidak dianjurkan karena ozone justru dapat mencemari udara dan menjadi penyebab penyakit paru-paru dan asma.

  •      UV Light

Air purifier tipe UV Light mampu membunuh virus dan bakteri di udara dengan efektif menggunakan sinar UV. Sinar UV juga biasa dipakai untuk mensterilisasi peralatan bayi.

  •      HEPA Filter

Air purifier tipe HEPA Filter mampu menyaring dan membersihkan udara dari partikel dengan ukuran terkecil yang bisa menjadi penyebab asma dan alergi. HEPA Filter juga banyak ditemui di produk pembersih rumah tangga vacuum cleaner.

  •      Activated Carbon Filter

Tipe air purifier yang memiliki activated carbon filter mampu membersihkan udara dari bau tidak sedap.

  •      Plasmacluster

Air purifier tipe plasmacluster mampu menghasilkan ion positif dan negatif yang efektif membunuh kuman, virus, bakteri, dan jamur.

Air purifier yang bagus minimal terdiri dari 3 tahap yaitu prefilter, Activated Carbon Filter, dan HEPA Filter. Ada juga air purifier yang memiliki tambahan UV Light dan Plasmacluster.

  1.    Clean Air Delivery Rate (CADR) yang tinggi atau kemampuan air purifier menghasilkan udara bersih ke seluruh ruangan.
  2.    Luas ruangan yang dijangkau air purifier

Jika ruangan besar, lebih efektif jika menggunakan lebih dari 1 air purifier. Tapi rata-rata air purifier mampu menjangkau ruangan sekitar 20 meter persegi.

  1.    Pilih air purifier yang hemat konsumsi dayanya.
  2.    Fitur tambahan seperti kemampuan menjaga kelembaban udara (humidifying) maupun timer juga bisa masuk pertimbangan.

Agar air purifier yang Moms gunakan berfungsi maksimal, rutinlah merawatnya. Ganti filter secara berkala dan bersihkan bagian-bagian filter dari debu yang terhisap masuk ke dalam air purifier.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

865 Irene Felita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]

Khawatir Gigi Berlubang, Rawat Kesehatan Mulutnya Sejak Dini

Meski Moms mungkin tergoda untuk menunda merawat kebersihan mulut si Kecil sampai giginya tumbuh semua, merawat mulut dan gigi ternyata harus [...]

Candaan di Panggung Oscar Berujung Tamparan oleh Will Smith, Apa Sebenarnya Alopecia?

Panggung Gala Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles, gempar setelah Will

Babyo Tips with dr. Lucia Nauli: Moms Pusing Si Kecil Menolak Potty Training?

Moms pusing ga sih kalau si Kecil menolak potty training? Simak penjelasan dari dokter @lucianauli

Berbulan-Bulan di Rumah, Begitu Keluar Rewel

Bayi yang baru lahir memang sebaiknya tidak dibawa bepergian terlalu sering karena daya tahan tubuhnya yang masih cenderung rendah. Akan tetapi, [...]

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.