Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Hal Terpenting dalam Memilih Air Purifier

MY STORY  |  22 Feb '20


Semenjak punya bayi, aku jadi lebih memperhatikan kebersihan di rumah terutama kamar tidur bayi, Untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar ruangan, aku selalu menutup rapat-rapat kamar si Kecil. Tapi, meski tertutup rapat, debu dan partikel-partikel kecil lainnya tetap saja bisa mengotori ruangan. Sirkulasi udara juga menjadi kurang lancar. Karena itulah, aku mulai mempertimbangkan untuk memasang air purifier.

Air purifier bekerja dengan menghisap udara yang ada di sekitarnya dengan menggunakan kipas yang ada di dalamnya. Lalu, filter yang terpasang pada tersebut menyaring udara untuk kemudian diedarkan kembali. Udara yang sudah difilter bebas dari partikel polusi udara seperti debu, serbuk, virus, dan bakteri. Bahkan, alat ini juga dapat mencegah jamur berkembang biak dan menghilangkan bau tidak sedap.

 Dalam memilih air purifier, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan:

  1.    Tipe air purifier
  •      Ozone

Air purifier tipe ozone efektif membunuh kuman di udara. Sayangnya, tipe ini tidak dianjurkan karena ozone justru dapat mencemari udara dan menjadi penyebab penyakit paru-paru dan asma.

  •      UV Light

Air purifier tipe UV Light mampu membunuh virus dan bakteri di udara dengan efektif menggunakan sinar UV. Sinar UV juga biasa dipakai untuk mensterilisasi peralatan bayi.

  •      HEPA Filter

Air purifier tipe HEPA Filter mampu menyaring dan membersihkan udara dari partikel dengan ukuran terkecil yang bisa menjadi penyebab asma dan alergi. HEPA Filter juga banyak ditemui di produk pembersih rumah tangga vacuum cleaner.

  •      Activated Carbon Filter

Tipe air purifier yang memiliki activated carbon filter mampu membersihkan udara dari bau tidak sedap.

  •      Plasmacluster

Air purifier tipe plasmacluster mampu menghasilkan ion positif dan negatif yang efektif membunuh kuman, virus, bakteri, dan jamur.

Air purifier yang bagus minimal terdiri dari 3 tahap yaitu prefilter, Activated Carbon Filter, dan HEPA Filter. Ada juga air purifier yang memiliki tambahan UV Light dan Plasmacluster.

  1.    Clean Air Delivery Rate (CADR) yang tinggi atau kemampuan air purifier menghasilkan udara bersih ke seluruh ruangan.
  2.    Luas ruangan yang dijangkau air purifier

Jika ruangan besar, lebih efektif jika menggunakan lebih dari 1 air purifier. Tapi rata-rata air purifier mampu menjangkau ruangan sekitar 20 meter persegi.

  1.    Pilih air purifier yang hemat konsumsi dayanya.
  2.    Fitur tambahan seperti kemampuan menjaga kelembaban udara (humidifying) maupun timer juga bisa masuk pertimbangan.

Agar air purifier yang Moms gunakan berfungsi maksimal, rutinlah merawatnya. Ganti filter secara berkala dan bersihkan bagian-bagian filter dari debu yang terhisap masuk ke dalam air purifier.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

646 Irene Felita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]

Kenali Stres dan Cara Mengatasinya pada Balita

Tahukah parents bahwa stress si Kecil dapat berpengaruh terhadap kesehatannya?

Grow Happy, Stres Terkendali

Stres terdengar cukup menyeramkan ya, Moms. Padahal sebenarnya stres merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan. Hal ini sebenarnya [...]

Tips Mengatasi Stres Pada Anak

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menciptakan rasa bahagia si Kecil apabila mulai terlihat tanda-tanda kejenuhan padanya adalah: