Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Cara Agar Anak Tidur Teratur

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  TODDLER  |  16 Sep '19


Menjelang satu tahun, Sofia susah banget diajak tidur. Dia baru bisa diajak bobo tengah malam sekitar pukul 24.00 WIB, terus bangunnya siang banget sekitar jam 09.00.

Padahal sebelumnya jam istirahat dia teratur lho, dari masih newborn saja enggak pernah ngajak begadang.

Kalau diingat-ingat, sudah dua bulan pola tidur Sofia seperti itu. Awalnya aku anggap santai, karena mikirnya umur segini lagi senang-senangnya main. Atau mungkin dia pengin nunggu ayahnya, soalnya suami memang terbiasa pulang malam.

Tapi lama-kelamaan kok ganggu juga ya, jadwal makan dia jadi berantakan! Lagipula masa bayi boboknya malem banget, padahal kan tidur bagus untuk pertumbuhan otak dia. 

Setelah cari informasi dan tanya sana-sini, barulah aku sadar kalau Sofia sering tidur dini hari karena faktor kebiasaan dari orangtuanya. Sikap aku yang membiarkan dia main dan istirahat semaunya, malah menetap dan menjadi jadwal kesehariannya.

Dari situ, aku dan suami pun kompak untuk mengatur jam tidur Sofia kaya dulu lagi. Begini caranya:

1. Jangan main di kamar!

Kalau belum waktunya tidur, usahakan jangan pernah ngajak si Kecil ke kamar apalagi sampai main di tempat tidur. Kenapa? Karena kalau dibiasakan dia jadi menganggap kamar sebagai tempat bermain juga. Ini kesalahan aku banget! Kalau lagi capek suka ngajak dia main di kasur biar akunya bisa rebahan. Giliran pas mau diajak tidur, dianya jadi enggak mau dong, malah pengin main. Trus suami nyaranin untuk kelonin Sofia di kamar sebelah saja, baru lah dia mau tidur.

2. Coba bikin ritual

Memiliki ritual sebelum tidur itu penting lho, apalagi kalau dibiasakan setiap hari. Entah itu memijat tubuh si Kecil, bacain dongeng atau mandi air hangat. Jadi anak tuh ngerti "oh kalau sudah melakukan hal ini berarti sebentar lagi aku harus bobok".

3. Majuin jam tidur

Jadi Sofia itu kan selama dua bulan terbiasa tidur jam 24.00. Hari pertama, aku mulai ajak dia masuk ke kamar pukul 23.00, matiin lampu, tutup horden, setel musik klasik terus dikelonin. Hasilnya, dia tidur setengah jam lebih cepat. Keesokan harinya aku majuin lagi, mulai kelonin dia dari jam 22.30 lalu dia tidur pukul 23.00. Seterusnya juga begitu, aku majukan jam tidur dia perlahan-lahan. Hasilnya sekarang jam tidur dia sudah back to normal lagi. Dan kalau lagi dikelonin tiba-tiba dia melek lagi ngajak main, aku biasanya pura-pura tidur aja sih. Nanti pasti dia akan ngikutin.

4. Biasakan bangun pagi

Ketika mulai terapin jadwal tidur Sofia, suamiku selalu ngingetin kalau bayi itu memiliki naluri untuk pagi. Jadi sekarang kalau si Kecil sudah bangun pagi entah jam berapa pun itu, tidak pernah aku kelonin lagi. Memang sih sebagai ibu terkadang kita enggak tega "duh kan dia tidurnya malem banget, masa enggak dikelonin lagi sih". Kebiasaan kaya gini ini ternyata malah merusak waktu makan dia, jadwal makannya jadi mundur dan berantakan.

5. Konsisten!

Setelah menerapkan empat tips di atas, Alhamdulillah selama dua minggu ini jadwal tidur Sofia kembali normal. Paling malam jam 22.00 sudah istirahat. Pernah kecolongan sekali karena lagi asyik jalan-jalan, eh besokannya dia baru bisa tidur tengah malam lagi. Untung buru-buru dibenerin lagi. So, kita sebagai orangtua harus konsisten ya Moms, karena jam tidur anak itu berkaitan dengan jadwal makan mereka.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

523 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Red Flag bagi Anak, Momies Wajib Tahu!

Kali ini aku mau bahas tentang apa aja red flag yang perlu diwaspadai dan usia berapa batas maksimalnya.

Cara Stimulasi si Kecil yang Baru Lahir

Memberikan stimulasi pada si kecil yang baru lahir akan sangat berpengaruh untuk tumbuh kembangnya

Manfaat Mainan Edukasi yang Sesuai dengan Umur Anak

Agar bermain menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan anak, yuk sesuaikan dengan usianya

Cara Ampuh Stimulasi Anak agar Cepat Bicara

Si Kecil masih belum bisa berbicara Moms? Yuk simak tips berikut ini untuk menstimulasi si Kecil

Caraku Mengenalkan Buku pada Anak sejak Dini

Dari Ai masih kecil banget, aku sudah mulai memberikannya buku.

Membiasakan si Kecil Memiliki Jam Tidur Malam

Seringkah Moms tidur larut malam karena menemani si Kecil bermain? Padahal sudah waktunya tidur.

Tips Membiasakan Anak Tidur Tepat Waktu

Bagaimana sih cara mengatur pola tidur 2 anak agar bisa tidur tepat waktu dan bersamaan?

Memilih Mainan yang Sesuai untuk Anak

Pemilihan mainan yang tepat dapat menstimulus setiap aspek tumbuh kembang buah hati kita.

Sensory Play For Baby: Baby Bubble Wrap Art

Anak bayi udah bisa melukis? Melukisnya bukan melukis seperti orang-orang yang mengunakan kuas kok Moms.

Sensory Play for Baby: Sensory Ribbon Jar

Pita, merupakan salah satu bahan yang cocok sekali dijadikan permainan untuk si Kecil yang masih berusia bayi.

Sleep Training: Sleep Through the Night

Apakah si Kecil sering terbangun ketika malam hari? Yuk, ajarkan sleep through the night seperti mom Mery!

DIY Sensory Play: Rainbow Noodle

Sensory play adalah permainan yang dapat melatih indera penglihatan, pendengaran, penciuman dan peraba sekaligus

Tips Menstimulasi Anak Berbicara

Hai moms. Kali ini saya mau sharing tentang hal-hal yang biasa saya lakukan untuk menstimulasi si kecil agar cepat berbicara.

Bendy Ball Playgro: Bermain Sekaligus Melatih Motorik si Kecil

Sebagai orang tua, kita perlu memberikan stimulus yang tepat untuk merangsang pertumbuhan di masa emasnya.

Sensory Play For Baby: Pompom Sensory Bottle

Sensory play yang satu ini anti berantakan dan anti tertelan, jadi aman sekali untuk dimainkan oleh bayi.

Jelly Sensory Play

Moms, biasanya main apa sih sama si Kecil? Kalau belum ada ide, yuk cobain jelly sensory play!

Menstimulasi Otak Anak di Usia Dini Menurut Penelitian

Moms yang punya anak di bawah 3 tahun, here's some findings dari Research tentang early brain development.

DIY Sandpaper Letter

Sandpaper dijual dengan harga yang lumayan menguras dompet. Tak ada salahnya jika kita buat sandpaper sendiri.

Rekomendasi Buku Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak adalah salah satu perhatian bagi orang tua. Berikut referensi buku yang dapat menjadi acuan Moms!

Kiat Membantu Si Kecil Mengembangkan Tangan Dominan

Mengapa dominasi tangan penting dan apa yang dapat Moms lakukan untuk mendukung si Kecil mengembangkan tangan dominan?