Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Aktivitas Menyenangkan untuk Menstimulasi Perkembangan Bayi 13 Bulan

GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  TODDLER  |  23 Jul '19


Si Kecil yang sudah berusia 13 bulan perlu selalu distimulasi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Moms dapat merencanakan lima aktivitas berikut untuk menghibur sekaligus mengajar si Kecil menggunakan anggota tubuh dan pancaindranya.

1. Bermain cilukba di bawah penutup

Bermain cilukba adalah salah satu kegiatan terbaik untuk bayi berusia 13 bulan. Ini adalah suatu bentuk permainan petak umpet pertamanya. Dia akan senang menemukan Moms, objek, atau bahkan bersembunyi dan “ditemukan” oleh Moms.

Untuk bermain cilukba, Moms bisa menggunakan seprai, selimut, kain besar, atau handuk yang bisa digunakan si Kecil untuk bersembunyi. Bersihkan ruangan yang hendak digunakan untuk bermain. Singkirkan semua mainan dan benda lain yang dapat mengganggu. Ini juga akan membantu mencegah si Kecil tersandung dan terluka.

Kemudian, ambil kain penutup dan pastikan si Kecil dapat melihat Moms saat Moms perlahan mulai menutup diri. Untuk beberapa kali pertama, Moms cukup memegang lembaran dan bersembunyi di baliknya atau di bawahnya.

Tanyakan kepada si Kecil, “Di mana Mama?” Dia akan mencoba mencari Moms dengan menjelajahi sekitar kain penutup. Moms dapat membantunya dengan cara mengeluarkan tangan Moms dan membimbingnya. Moms juga bisa mengintip sedikit dan tersenyum kepada si Kecil, lalu kembali bersembunyi.

Perlahan-lahan, si Kecil mulai memahami cara bermain cilukba. Jika dia sudah tampak mengerti, bantulah dia untuk bersembunyi. Aktivitas ini akan mengajarkan kepada si Kecil bahwa benda-benda tetap berada di satu tempat meskipun tidak terlihat selama tidak berpindah/dipindahkan.

2. Mendaki gunung bantal

Dengan melakukan aktivitas ini, si Kecil diharapkan akan suka mengatasi berbagai rintangan. Moms membutuhkan benda-benda aman tempat si Kecil bisa memanjat dan melompat misalnya bantal besar, kotak kardus besar, atau wadah penyimpanan plastik yang ujung-ujungnya tidak keras dan si Kecil mudah masuk-keluar.

Pertama-tama bersihkan area bermain. Singkirkan benda-benda yang dapat membahayakan si Kecil. Tempatkan wadah di sekitar ruangan dalam posisi terbaik di dekat sofa rendah. Wadah tersebut dapat digunakan si Kecil untuk memanjat. Tempatkan bantal-bantal kecil di sekitarnya agar si Kecil dapat memantul-mantulkan tubuhnya dan melompat.

Moms juga dapat menempatkan kotak kardus menyamping dengan sisi terbuka. Si Kecil mungkin ingin merangkak dan duduk di dalamnya. Kegiatan ini akan membantu mengembangkan keterampilan menyeimbangkan si Kecil.

3. Membaca buku

Pada usia 13 bulan, si Kecil akan senang menjelajahi buku-buku baru. Moms membutuhkan buku berwarna dengan gambar-gambar besar dan menarik. Setelah itu, duduklah bersama si Kecil di tempat yang nyaman dan tenang. Singkirkan semua gangguan sebisa mungkin.

Buka buku dan tunjuklah benda-benda yang sudah dikenalnya. Ucapkan nama benda dengan lantang. Dorong si Kecil untuk membaca dengan menunjuk ke gambar-gambar baru dan mengucapkan nama-nama bendanya dengan lantang.

Bantu si Kecil menghubungkan hal-hal di buku dengan hal-hal aktual di sekitarnya. Misalnya, jika ada gambar meja di buku, tunjuk gambar meja dan katakan “meja”. Lalu, tunjuk meja asli di depan si Kecil dan katakan “meja”.

Kegiatan ini akan membantu si Kecil mengembangkan keterampilan berbicara dan berbahasanya. Ini juga akan membantunya mengembangkan konsentrasi dan pemahaman tentang dunia di sekitarnya.

4. Bermain mainan kerincingan

Alat dan bahan: Siapkan dua gulungan kertas toilet kosong, beberapa halaman majalah yang penuh warna, gunting, sereal berbentuk beras, dan plester.

Cara membuat:

• Tutup salah satu ujung gulungan kertas toilet

• Isi gulungan kertas toilet dengan sereal

• Potong kertas majalah membentuk dua lingkaran yang lebih besar daripada ujung gulungan kertas toilet

• Tempatkan lingkaran di salah satu ujung tabung gulungan kertas toilet dan lipat ke bawah

• Kencangkan kertas ke tabung dengan menggunakan plester dan lilitkan di sekitar tepi lingkaran

• Isi tabung dengan sereal

• Potong kertas majalah dengan pola dua lingkaran lagi

• Rekatkan kertas ke ujung yang tidak tertutup

• Mainkan kerincingan itu dan dorong si Kecil untuk mengocoknya sesuai ketukan

Aktivitas ini akan membantu si Kecil memahami ritme, mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus.

5. Melempar bola

Biarkan si Kecil bermain permainan lempar bola yang menyenangkan ini. Moms membutuhkan kotak kardus kosong dan kertas bekas untuk membuat bola. Buka kotak kardus dengan benar sehingga si Kecil bisa melemparkan bola ke dalamnya. Biarkan si Kecil berdiri atau duduk di kejauhan dan tunjukkan cara melempar bola. Kegiatan ini akan membantu si Kecil memahami konsep jarak dan mengembangkan keterampilan motorik.

Itulah lima aktivitas menyenangkan untuk menstimulasi perkembangan balita usia 13 bulan. Selamat mencoba.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2383 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Penyebab Keterlambatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5 Tahun

Moms perlu waspada & membawa ke dokter untuk diperiksa jika di usia 5 tahun si Kecil belum mampu melakukan ini.

Jangan Remehkan Kebiasaan Memanjat si Kecil, Ini Manfaatnya!

Kesusahan untuk menjaga si Kecil agar tidak berdiri di atas meja atau memanjat rak buku? Moms tidak sendirian.

3 Aktivitas Sensorik untuk Temani si Kecil Selama Liburan

Aktivitas sensorik sangat bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan pancaindra si Kecil.

Tanda-tanda Gangguan Sensorik pada Anak Usia 4 Tahun

Banyak anak dengan masalah pemrosesan indra pada mulanya adalah bayi yang sering rewel.

8 Strategi Mengatasi Kebiasaan Menggigit si Kecil

Jangan panik jika si Kecil sering menggigit, simak 8 strategi berikut untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Tips dan Trik Menenangkan Anak Hiperaktif

Bagaimana jika si Kecil hiperaktif? Ini beberapa tips dan trik menenangkan anak hiperaktif

Pro dan Kontra Anak Menonton TV

Menonton televisi itu ada dampak positif dan negatifnya bagi si Kecil lho Moms. Apa saja itu?