Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

4 Tips Mudah untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan Si Kecil

MY STORY  |  17 Apr '20


Karena sistem pencernaannya yang masih sangat sensitif, bayi seringkali terkena masalah pencernaan baik itu diare, sembelit, sakit perut, bahkan muntah. Masalah pencernaan itu bukan saja hanya membuat si Kecil tidak nyaman dan rewel tetapi juga bisa menimbulkan masalah jangka panjang jika tidak diatasi.

Anakku sempat mengalami sembelit atau konstipasi. Hingga 4 hari, ia tidak juga buang air besar (BAB). Hal itu membuatnya sangat rewel sampai tidak mau makan. Saat ia berusaha untuk BAB, ia terlihat kesulitan bahkan kesakitan. Mukanya memerah dan ia pun menangis.

Sedih pasti rasanya melihat si Kecil seperti itu, ya, Moms. Meski begitu, Moms bisa mengatasinya dengan cara menjaga kesehatan pencernaannya. Nah, kali ini, aku mau berbagi tips-tipsku dalam menjaga kesehatan pencernaan anakku.

  1. Berikan cemilan yang mengandung probiotik

Probiotik adalah "bakteri" baik yang mampu melindungi kesehatan pencernaan kita. Salah satu bakteri baik untuk pencernaan adalah lactobacillus. Pasti pernah dengar kan, Moms? Bakteri baik ini mudah ditemukan dalam makanan seperti pisang, yogurt, dan keju. Aku selalu mengusahakan untuk memberikan salah satu dari makanan tersebut kepada anakku setiap harinya.

  1. Pastikan kebutuhan serat si Kecil terpenuhi

Kalau bicara tentang pencernaan, pasti tidak lepas dari serat, ya, Moms. Namun, Moms tidak perlu terlalu berlebihan dalam memberikan makanan berserat karena hal ini justru dapat membuat si Kecil sembelit. Batita hanya membutuhkan sekitar 16 gram serat setiap harinya. Jadi, pastikan Moms "menyelipkan" sayuran atau buah yang mengandung serat setiap harinya, ya.

  1. Hindari makanan cepat saji atau junk food

Ketika anak sudah mulai paham akan arti rasa, beberapa anak menjadi lebih pemilih. Akhirnya, kebanyakan dari mereka lebih sering mengonsumsi junk food yang tidak hanya tinggi sodium yang belum diperlukan bagi sistem pencernaannya, tetapi juga tidak mengandung nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan si Kecil. Lebih baik si Kecil mengonsumsi makanan sehat dalam porsi yang lebih sedikit ketimbang mengonsumsi makanan yang kurang sehat dalam porsi banyak.

  1. Pastikan kuantitas makanan sudah tepat

Tahu kah Moms, terlalu banyak memberikan makanan kepada si Kecil bisa menyebabkan ia muntah dan sembelit? Ya, kapasitas lambung si Kecil masih perlu penyesuaian. Oleh karena itu, Moms perlu memperhatikan kuantitas makanan yang dikonsumsi si Kecil. Berikan ia makan besar 3 kali sehari serta snack bergizi 1-2 kali sehari untuk menjaganya tetap kenyang.

Nah, demikian tips yang aku terapkan sehari hari pada anakku untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Semoga membantu, ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

69 Jasmine Karissa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Jalan-Jalan Sore Lebih Aman dan Stylish Dengan Stroller Greentom

Ketika akan berjalan-jalan bersama si Kecil, jangan lupa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Tips Aman Jalan-jalan Sore Bersama si Kecil di New Normal

Tempatkan si Kecil di stroller agar tetap aman. Dengan demikian, Moms dan si Kecil bisa menikmati udara segar di pagi dan sore hari.

Ketahui Olahraga yang Bisa dilakukan Sambil membawa Bayi dalam Stroller

Apa saja sih olahraga yang bisa Moms lakukan sambil membawa si Kecil di dalam stroller:

Caraku untuk Tetap Sehat di Masa New Normal Bersama Stroller Greentom

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan di masa New Normal ini, saya dan keluarga mempunyai beberapa tips sebagai berikut:

Si Kecil Bereksplorasi, Tandanya Dia Tumbuh!

Orang tua adalah orang yang paling berperan dalam membentuk karakter seorang anak. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan agar tumbuh bahagia.

Grow Happy dengan Sensory Play di Rumah

Banyak cara yang bisa Moms & Dads upayakan agar si Kecil Grow Happy di usia emas pertumbuhannya. Tidak perlu pergi ke sekolah mahal dan tidak [...]

Apa Sih yang Bisa Kita Lakukan untuk Memastikan Si Kecil Grow Happy?

Orang tua memang harus lebih aware terhadap perkembangan anak-anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal baik secara fisik maupun mental.

Tumbuh Kembang Bersama Anak Bahagia

Usia anak-anak adalah masa keemasannya dalam hal bertumbuh kembang. Berbagai faktor berpengaruh mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah [...]

Stimulasi Membaca supaya Anak Grow Happy

Membaca adalah salah satu upaya stimulasi Grow Happy bagi si Kecil. Mengenalkan aktivitas membaca sejak dini terbukti meningkatkan kemampuan [...]

Ini Pengalamanku Melihat Si Kecil Tumbuh Bahagia

Sebagai manusia biasa, tentu Moms bisa merasakan sedih, marah, dan perasaan negatif lainnya. Jangan menunjukkan perasaan ini di depan si Kecil [...]

Pastikan si Kecil Tumbuh Bahagia dengan Susu Nestle Lactogrow

Moms & Dads ga perlu risau karena ternyata untuk membuat si Kecil tumbuh dengan bahagia, kita hanya perlu memastikan beberapa hal ini tercukupi [...]

Anak Bahagia, Dambaan Keluarga

Makan makanan yang bergizi akan membuat si Kecil tumbuh sehat. Imunitas yang baik tentunya membuat si Kecil selalu gembira dan ceria.

Bahagia Bersama Si Kecil dan Keluarga di Luar Rumah tapi Tetap Aman

Bergerak dan berolahraga di pagi hari akan membawa dampak positif dan menghasilkan pikiran yang positif. Pasti bakal happy seharian, deh.

Si Kecil Tumbuh Sehat dengan Nestle Lactogrow

Kali ini saya mau berbagi tips bagaimana cara saya agar Kakak Dastan dapat tumbuh bahagia. Simak ulasan saya berikut ini, ya, Moms!

5 Poin Penting Agar si Kecil Tumbuh Dengan Bahagia

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk membuat si Kecil dapat tumbuh sehat dan bahagia:

10 Tips Sederhana Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia

Apa saja yang bisa dilakukan orangtua supaya anak menjalani masa kecilnya dengan kebahagiaan? Ini dia 10 tips si Kecil tumbuh bahagia versiku.

3 Alasan Mengapa Si Kecil Perlu Grow Happy

Anak yang tumbuh dengan bahagia mempunyai peluang sukses lebih besar di masa depannya. Berikut ini alasan dan tips si Kecil tumbuh bahagia yang [...]

Anak Tumbuh Bahagia Tercipta Dari Orang Tua Cerdas. Berikut Tipsnya!

Grow happy pada anak bisa diterapkan sejak dini. Para orang tua akan sangat senang melihat pertumbuhan si Kecil, bukan hanya dari fisik, [...]

Grow Happy dengan Asupan Nutrisi yang Tepat

Hai Moms, apakah si Kecil sudah masuk waktunya untuk disapih? Lalu bagaimana dengan kecukupan nutrisi pada anak setelah disapih?

Manfaat Si Kecil Tumbuh Bahagia

Mendukung si Kecil tumbuh bahagia sejak dini adalah hal yang penting. Banyak hal positif yang bisa diperoleh saat anak tumbuh bahagia, di antaranya: