Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

4 Tips Mengatur Pola Makan Anak 1 Tahun

FEEDING  |  TODDLER  |  05 Jul '19


Pola makan anak 1 tahun tentunya tidak boleh diberikan secara sembarangan. Karena makanan tersebut akan menentukan perkembangan dan pertumbuhan buah hati Moms. Terutama perkembangan otak dan fisik anak.

Apalagi jika anak sudah masuk usia 1 tahun, maka Moms harus lebih memperhatikan dan mengatur pola makan anak dengan baik sesuai kebutuhan. Jika Moms masih bingung cara mengatur makanan anak, simak penjelasan berikut ini.

4 Cara yang Baik Mengatur Pola Makan Anak Usia 1 Tahun

1. Pilih Jenis Makanannya

Jika Moms memiliki patokan pada gizi yang seimbang, maka tidak akan jauh berbeda dengan makanan yang dikonsumsi orang dewasa. Dalam menu makanan tersebut, semua bahan harus ada, seperti makanan pokok, lauk hewani, nabati, sayur dan buah-buahan.

Selain itu pada masa tersebut cukup menentukan, apakah anak akan menjadi anak yang suka pilih-pilih makanan atau tidak. Hal tersebut juga tergantung jenis makanan yang diberikan. Tapi untuk anak usia 1 tahun sendiri sebaiknya diberikan makanan yang memiliki tekstur agak lunak.

2. Atur Porsi Makan Anak

Rata-rata kebutuhan kalori anak 1 tahun menurut angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan sebanyak 1.125 kalori setiap hari. Jadi Moms dapat membagi kebutuhan makan anak sesuai porsinya.

Mulai dari makanan pokok sekitar 150 gr, lauk hewani 35 gr, lauk nabati 1 potong, sayur 1 ½ porsi dan buah-buahan 3 porsi. Sedangkan untuk makanan selingan bisa dari campuran buah supaya rasanya lebih enak. Untuk susu, berikan 1 kali dalam sehari sebagai pengganti ASI.

3. Atur Jadwal Makan Anak

Idealnya, pola makan anak 1 tahun 3 kali dalam sehari untuk makan besar dan 2 kali makan camilan sehat. Oleh karena itu untuk jadwal makan setiap harinya bisa dimulai dengan sarapan pukul 07.00 nasi tip, sup sayuran, daging cincang dan jeruk.

Camilan pagi pukul 10.00 berikan susu anak dan 2 pc biskuit. Untuk makan siang pukul 12.00 berikan nasi tim, ayam jamur dan telur pindang. Camilan siang pukul 14.00 berikan buah semangka yang dipotong-potong. Sedangkan untuk sore, pukul 15.00 beri anak 1 gelas susu, jam makan malam pukul 18.00 bubur beras merah dan pukul 20.00 1 gelas susu.

4. Jauhi Makanan yang Difortifikasi

Saat ini ada sebagian perusahaan makanan bayi yang mengemas kembali produk. Dengan kata diperkaya atau difortifikasi, jadi bagi Moms yang belum paham artinya adalah makanan yang diperkaya dengan nutrisi tambahan.

Selain itu sebagian ada makanan difortifikasi yang tidak sehat untuk balita. Jadi ada baiknya untuk menghindari bahan makanan dengan komposisi tersebut. Jangan gunakan makanan ini sebagai menu sarapan untuk anak, lebih baik berikan ASI untuk pola makan anak 1 tahun.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

699 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep MPASI Tuna Katsu with Cheese Sauce (17M+)

Ikan baik dikonsumsi oleh si Kecil. Tuna katsu ini bisa jadi pilihan untuk Moms yang bingung mengolah ikan tuna.

Resep untuk si Kecil yang Ogah Makan Sayur

Untuk si Kecil yang susah makan sayur, nah ini dia Moms, resep kali ini bisa jadi senjata ampuh buat si Kecil loh

Roti Bakar Daun Pisang

Moms percaya ga kalau anak juga memperhatikan visual kalau makan? Jadi kali ini saya buat makanan yang cakep tampilannya

Resep Bakmoy untuk Anak 20 M+

Kalau Moms merupakan working mom, coba resep satu ini, gampang dan anak pasti suka