Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

4 Fakta Menarik Seputar Perkembangan Kehamilan di Minggu 9

PREGNANCY  |  16 Mar '19

Memasuki masa perkembangan kehamilan di minggu 9, perkembangan janin akan semakin pesat. Berikut beberapa fakta menarik seputar perkembangan janin minggu ke-9.

4 Fakta Menarik Perkembangan Kehamilan Minggu Ke-9

  • Berat Janin Terus Bertambah
    Salah satu hal yang terjadi pada kehamilan minggu ke-9 yaitu berat janin yang terus mengalami pertumbuhan. Perkembangan dan pertumbuhan janin tersebut umumnya ditandai dengan semakin panjangnya kaki janin. Ini menyebabkan berat badan bayi terus meningkat. Karena bobot janin bertambah, tidak heran jika berat badan ibu juga mengalami peningkatan.
  • Kelopak Mata Janin Terbentuk
    Pada saat Moms memasuki minggu ke-9 masa kehamilan, biasanya kelopak mata janin telah terbentuk dengan sempurna. Perlu diketahui bahwa pada fase ini, kelopak mata akan menutupi keseluruhan mata bayi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut merupakan proses bagian mata mengalami perkembangan agar dapat berfungsi dengan sempurna.
  • Plasenta Mulai Berfungsi
    Fakta selanjutnya yang umumnya terjadi pada perkembangan kehamilan di minggu 9 adalah plasenta mulai berfungsi dengan sempurna. Fungsi utama plasenta adalah mengalirkan nutrisi dan oksigen pada janin. Selain itu, plasenta juga menghalangi limbah yang bisa masuk ke janin.
    Dalam fase ini, ibu hamil diharuskan untuk menjaga pola makan dan kesehatan tubuh agar berdampak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin seterusnya.
  • Jantung Janin Bekerja Sempurna
    Selain plasenta, jantung janin juga mengalami perkembangan yang sempurna ketika memasuki minggu ke-9 masa kehamilan. Katup jantung sudah terbentuk. Jantung juga sudah terbagi menjadi 4 bagian.

Cara Menjaga Kesehatan di Usia Kehamilan 9 Minggu

  1. Pemeriksaan Rutin
    Tujuan pemeriksaan rutin saat kehamilan adalah memantau kesehatan janin terutama pada minggu ke-9 masa kehamilan. Dokter atau bidan akan cepat mengatasi masalah yang muncul. Pemeriksaan janin terutama perlu dilakukan jika Moms memiliki riwayat penyakit menular. Jadi, pastikan untuk mengatur jadwal pemeriksaan rutin kehamilan ke dokter atau bidan ya Moms!
  1. Mengatur Pola Makan
    Satu lagi hal yang harus dilakukan ketika kehamilan memasuki usia 9 minggu yaitu mengatur pola makan. Seperti yang diketahui, pola makan dan kesehatan ibu itu sangat penting. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan bayi. Jadi, jangan lupa untuk selalu makan makanan yang mengandung banyak gizi dan hindari makanan yang memiliki rasa asam ataupun pedas. Moms harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan karena pada masa ini janin di dalam perut sudah bisa merasakan apa saja makanan yang ibunya konsumsi.

Nah demikian sedikit ulasan tentang fakta seputar perkembangan kehamilan di minggu ke-9 yang perlu Moms tahu. Dengan mengetahui beberapa fakta di atas, Moms harus lebih selektif dalam menentukan makanan dan kegiatan apa saja yang boleh dilakukan atau tidak.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

138 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories