Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

3 Tips Sukses ASI Eksklusif Bagi Working Mom

MY STORY  |  17 Jul '20


Menjalani peran sebagai seorang ibu sudah pasti butuh banyak belajar. Bukan hanya dengan membaca tetapi juga harus banyak bertanya dan melihat pengalaman ibu-ibu yang lain. Waktu belajarnya pun unlimited time, setiap waktu karena tanggung jawabnya adalah bagaimana menjadikan buah hati menjadi generasi yang sehat, cerdas dan berakhlak.

Full time Moms or Working Moms adalah pilihan. Keduanya memiliki porsinya masing-masing, tidak ada yang lebih baik ataupun kurang baik. Saya termasuk ibu yang menjatuhkan pilihan untuk tetap berkarir setelah berumah tangga hingga sekarang telah memiliki dua anak. Jika ditanya pengalaman selama bekerja dan juga menjadi ibu, sejauh ini Alhamdulillah saya menikmati meskipun mungkin agak berat tapi kembali lagi yang namanya pilihan sehingga apapun resikonya harus dilalui.

Kendala yang sering dihadapi seorang Working Moms termasuk saya adalah tentang pemenuhan nutrisi terbaik berupa ASI eksklusif bagi si Kecil di usia 0-6 bulan. Tak bisa dimungkiri, ada perasaan bersalah jika Moms mengabaikan hal tersebut karena posisi kita sebagai Working Moms. Selama menjadi Working Moms, tak jarang seorang ibu dihadapkan pada beberapa masalah misalnya si Kecil tidak mau direct breastfeeding karena menggunakan botol susu, payudara terasa sakit saat melakukan pumping, payudara bengkak/mastitis karena jadwal pompa yang tidak teratur, produksi ASI berkurang karena mood yang rusak oleh seabrek pekerjaan kantor dan juga bisa disebabkan oleh pemiliihan pompa ASI yang kurang tepat, si Kecil rewel saat Moms lagi sibuk-sibuknya dengan kerjaan yang mesti dibawa ke rumah untuk kejar deadline dan masih banyak kendala lainnya.

Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk sukses mengASIhi bagi Working Moms, yakni:

  1.     Atur waktu antara pekerjaan dan quality time dengan keluarga

Pekerjaan ada waktunya jadi tetap si Kecil menjadi prioritas. Pulang kerja adalah hal yang selalu membahagiakan karena pastinya ada si Kecil yang selalu semangat menantikan kedatangan kita. Iya, kan, Moms? Perasaan jadi happy dan bisa jadi ASI booster.

  1.     Atur waktu untuk melakukan pumping dan harus konsisten dengan jadwal yang sudah ditentukan

Kegiatan pumping sama halnya dengan DBF, harus rutin dilakukan. Semakin sering payudara dikosongkan maka secara tidak langsung kelenjar-kelenjar susu juga akan semakin banyak memproduksi ASI. Biasanya saya sambil DBF di payudara yang satu terus yang sebelahnya dipompa. Sayang, kan, Moms, jika harus merembes terbuang begitu saja. Sebisa mungkin untuk menunda jadwal pompa ASI karena hal tersebut bisa membuat payudara bengkak dan produksi ASI jadi tersumbat.

  1.     Pilih pompa ASI yang mendukung rutinitas pumping di tempat kerja

Pompa ASI adalah alat tempur bagi Working Moms yang selalu semangat untuk tetap mengASIhi si Kecil. Untuk itu, perlu memilih yang benar-benar bisa mendukung sukses ASI eksklusif bagi buah hati hingga 2 tahun. Pompa ASI dual motor bisa menjadi pilihan Moms untuk memompa ASI dengan nyaman selama di tempat kerja. Apa kelebihan dari pompa ASI ini? Kelebihannya adalah Moms bisa mengatur level yang berbeda saat pumping pada kedua payudara. Masing-masing PD tentu membutuhkan tingkat kenyamanan yang berbeda ketika dipompa. Jika disamakan terkadang membuatnya jadi nyeri dan mengganggu proses pompa dan produksi ASI.

Kriteria yang lain adalah yang bisa digunakan tanpa mengganggu pekerjaan. Pompa ASI dual motor bisa diatur agar tidak mengeluarkan suara-suara yang berisik sehingga rekan kerja pun tidak terganggu ketika kita melakukan pumping.

Hal lain yang menurut saya sangat penting adalah memilih pompa ASI yang juga berfungsi sebagai alarm. Terkadang karena keasyikan kerja jadi lupa dengan jadwal pompa ASI yang telah diatur. Untuk itu, lebih baik memilih pompa ASI yang ada fungsi alarmnya untuk mengingatkan dan Moms bisa lebih disiplin dalam melakukan pumping. Pumping yang teratur sangat berpengaruh pada produksi ASI.

Semangat mengASIhi ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

250 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]

Kenali Stres dan Cara Mengatasinya pada Balita

Tahukah parents bahwa stress si Kecil dapat berpengaruh terhadap kesehatannya?