Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

3 Barang yang Wajib Dimiliki di Masa Newborn

BABY  |  MY STORY  |  OTHERS  |  29 Sep '19


Demi kemaslahatan dan kesejahteraan keluarga, dimana semua bermula dari bahagia dan sehatnya seorang ibu, ada 3 barang utama yang bagi saya teramat penting untuk ada di kehidupan 3 bulan pertama bayi baru lahir atau newborn.

Newborn period merupakan masa di mana titik terlelah fisik dan pikiran kita sebagai ibu baru, jahitan masih nyeri, masih adaptasi dengan proses menyusui yang penuh drama, gendong menggendong dengan penuh perjuangan melawan encok pegel linu, dan tetek bengek urusan rumah tangga lainnya.

Mungkin sebagian orang tua memilih untuk tidak menyusui langsung atau menggunakan bantuan sufor, atau bahkan ada bantuan nanny dan ART yang masing-masing mengurus RT dan bayinya. Ehm.. bisa jadi berbeda kebutuhan denganku ya dalam hal ini, hehe.

3 barang utama yang harus dimiliki untuk 3 bulan pertama kehidupan si Kecil

1. Gendongan

Aduh ini utama dari yang pertama. Menggendong bayi adalah kegiatan utama dan pasti dilakukan untuk newborn. Fungsinya bisa macem-macem, mulai dari menenangkan bayi saat menangis, menimang-nimang supaya lekas tidur, mengajaknya berjalan-jalan dan sebagainya.

Memilih gendongan yang nyaman untuk penggendong dan bayi menjadi sangat penting lho di masa-masa newborn ini. Karena bisa jadi kita menggendong berjam-jam. Bayangkan saja kalau kita menggendongnya dengan posisi cradle (berbaring) dengan kain yang diuwel-uwel di salah satu bahu, dan tangan lainnya menyangga kepala bayi berjam-jam. Aduuuh.. bahu fanassss, lengan tangan gede sebelah, punggung pinggang seketika encok. Berlebihan nggak sih, haha.

Apalagi di usia newborn (0-3 bulan) bayi masih belum bisa menyangga kepala dengan baik, belum lagi beban perkataan keluarga atau tetangga yang nggak boleh gendong model ini lah, itu lah. Jadilah menggendong dengan posisi cradle dengan uwel-uwel jarik jadi keseharian. Bisa-bisa tukang pijet jadi top on our list di aplikasi chatting kita. Haha.

Ada berbagai macam jenis gendongan dan tentunya tiap orang punya preferensi masing-masing yah. Aku cenderung lebih nyaman dengan posisi M-Shape FWCC (Front Wrap Cross Carry) dengan strecthy wrap karena merasa lebih snug aja dengan bayi. Posisi ini tentunya bisa dong pakai jenis gendongan lain, hanya saja aku belum punya. Hihi .. Alhamdulillah masih bisa beradaptasi dengan gendongan yang di punya dulu.

Intinya, kenyamanan menggendong itu hal essensial di masa 3 bulan awal ini. Ini berhubungan dengan tidak hanya kesehatan fisik ibu-ayah untuk menghindari trauma otot, tapi juga gangguan kesehatan mental. Hihi.

2. Bouncer

Jenis bouncer cukup banyak yah. Baik yang model swing, bounce/rocking atau campuran keduanya. Ada yang manual juga otomatis. Mau yang ada mainannya atau nggak, bisa dilepas atau menetap, bahan bulun bonek, katun atau bahkan jenis karet. Tergantung kebutuhan.

Kenapa bisa jadi essensial? Nggak tau kenapa, bayi kalau sedang rewel, nangis, gelisah atau bahkan susah tidur, si bouncer ini bisa ajaib membuat bayi ini tenang seketika dan perlahan-lahan mudah tertidur. Mungkin karena bentuk dan strukturnya yang bisa mengikuti tubuh bayi ya, jadi dia terasa nyaman dan terasa seperti di dekap.

Jenis bouncer yang aku punya merk Snuggle, kado dari teman suami, jenis manual rocking sederhana. Meskipun manual, ini cukup membantu kami untuk menenangkan bayi kami. Apalagi di kala fase tidurnya terbalik, malam bangun, pagi-siang tidur. Taroh aja di bouncer, bounce sedikit dia akan tenang. Tapi nggak jarang juga sih kami akhirnya tertidur duluan dan si bayik main sendiri dan akhirnya tertidur sampai pagi. Plus mainannya jenis boneka, bisa dilepas. Lumayan buat media mendongeng anak. Haha, maklum emak-emak irit.

3. Kelambu/Kojong Bayi

Di negara tropis seperti Indonesia ini, tentunya jadi kekhawatiran sendiri ya bagi orang tua terhadap serangan nyamuk-nyamuk ganas. Tropis yang berarti segala macam penyakit mudah menular dan muncul entah karena cuaca atau musim yang cukup mendukung mereka untuk berkembang biak.

Aku tinggal di Depok, dekat aliran sungai tapi juga dekat danau di kampus UI yang nggak mengalir airnya. Ya seperti yang sudah kita tahu, kalau nyamuk itu mudah berkembang biak di air yang tenang dan tergenang. Kojong atau kelambu bayi jadi barang utama kami untuk membantu bayi kami terhindar dari gigitan nyamuk. Ada berbagai jenis yah, ada yang menetap di atas kasur atau terpisah. Bisa di pakai di mana mana, saat di kasur, baby nest, bouncer, dimanapun.

Pakai kojong yang bisa dilipat dan terlepas dari kasur/bed bayi yah, jadi bisa dipindah dan dipakai dimana-mana. Harganya pun cukup murah kok di online market. Kojong yang aku punya merk Dialogue, ada resleting di salah satu sisi jadi memudahkan kita untuk menepuk-nepuk bayi kalau dia tiba-tiba terbangun hehe. Kuat kawatnya, area yang ditutup cukup luas dan tentunya bisa dibawa kemana-mana (area rumah). Bikin kami lebih tenang saat kami tidak bersama bayi yang sedang tidur, atau saat kita multitasking dan bayi sedang bermain di bouncer.

3 hal ini menjadi barang utama kami melalui hari-hari "indah nan menantang" di usia 0-3 bulan bayi kami. Tapi tetep dong, fisik dan mental harus dijaga dan harus kuat. Sungguh 3 bulan pertama ini sangatlah "menyenangkan". Welcome to the wonderful parenthood journey!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1264 Enka Ishmatika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Peraturan Menjenguk Newborn

Apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mengunjungi newborn?

Drama-Free Vacation dengan si Kecil? Bisa! Ini Tipsnya

Berlibur tentunya merupakan sesuatu yang ditunggu tunggu bagi semua orang, untuk melepas penat dari rutinitas.

Manfaat Drool Pad/Teething Pad untuk si Kecil

Semenjak usia Claire memasuki 4 bulan, kebutuhan Claire otomatis meningkat.

Tips Anti Rewel Terbang Bersama Bayi!

Apa saja persiapan traveling bersama bayi menggunakan pesawat agar ia tidak rewel?

Cara Memandikan Newborn

Rasa belum percaya diri & takut salah melakukan berbagai hal bagi newborn adalah hal yang lumrah dirasakan new Moms.

Merawat Tali Pusar Bayi Dulu dan Sekarang

Saya mengalami perbedaan cara merawat tali pusar antara anak pertama dengan anak kedua saya.

Mengunjungi Bayi Baru Lahir? Perhatikan Hal Ini ya Moms!

Siapa sih yang tidak gemas melihat bayi baru lahir? Tentu kita pernah menjenguk saudara/kerabat yang baru bersalin.

Tips Merawat Newborn Part 1

Moms adalah seorang new Mom? Yuk simak tips berikut ini dalam merawat newborn

Tips Menghadapi Bayi Rewel

Siapa yang gak mau bayinya anteng dan ga rewel? Pasti semua mau ya Moms.

Kapan Anak Bisa Mandi dengan Suhu Air Normal?

Kapan baiknya anak mulai dimandikan menggunakan air dingin?

Tips Traveling Hanya dengan Bayi

Apa yang harus dipersiapkan saat traveling hanya dengan bayi?

Saatnya Liburan! Yuk Intip Tips Bepergian dengan Bayi

Liburan sudah tiba nih Moms! Here are some tips and trick that hopefully will help you to plan your holiday.

Mitos Seputar Merawat Bayi dan Penjelasannya

Seiring perkembangan zaman, sebagai orang tua kira sangat terbantukan dalam mencari informasi yang akurat.

Siapa Bilang Liburan dengan si Kecil Ribet? Yuk Simak Tipsnya ala Mommy Claire!

Liburan telah tiba! Bagi sebagian besar anak-anak yang sudah sekolah, moment ini pasti sangat dinanti-nantikan.

Ranjang Tidur Bayi, Perlu atau Tidak?

Perlukah kita membeli ranjang bayi sebagai salah satu bentuk persiapan menyambut si Kecil?

6 Tips Liburan Pertama Bersama Bayi

Membawa bayi berlibur tampak menakutkan? Aku mau share tips untuk yang baru pertama kali liburan bersama bayi.

Pengalaman Umroh Bersama Bayi, Perlukah Membawa Stroller?

Perlukah membawa stroller saat bepergian jauh seperti saat melaksanakan umroh?

Yuk Persiapkan Keperluan Bayi

Sudah memasuki trimester ketiga? Yuk persiapkan beberapa barang berikut untuk menyambut si Kecil

Tips Memandikan Bayi bagi New Moms

Bagi para new Moms, mungkin banyak yang khawatir atau takut saat memandikan bayi sendiri.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memandikan Bayi

Sebagai ibu baru, selain menggendong bayi, memandikan bayi akan menjadi pengalaman yg sangat berkesan.