THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

15% Pria Tidak Subur Mengalami Azoospermia

HEALTH TIPS  |  OTHERS  |  18 Oct '18

Sering kali tudingan mandul atau tidak subur ditujukan kepada perempuan, padahal bisa jadi laki-lakilah yang mengalami ketidaksuburan ini. Proses pembuahan bisa jadi gagal karena disebabkan oleh kelainan azoospermia yang diderita suami Anda. Azoospermia adalah kondisi tidak ditemukannya sel sperma pada air mani pria.

Dokter spesialis andrologi menyatakan bahwa ada atau tidaknya sel sperma pada testis pria bisa dites di laboratorium dengan bantuan medis. Karena pada dasarnya, pria yang mengalami azoospermia tetap bisa ejakulasi, namun yang dikeluarkan hanya air mani dan tidak dengan sperma yang mampu membuahi sel telur.

Staf pengajar dari universitas Hang Tuah Surabaya menyatakan bahwa sebaiknya Anda juga tidak terburu-buru mengatakan bahwa Anda mendiagnosis azoospermia, apalagi jika baru sekali melakukan pemeriksaan azoospermia.

Untuk memastikannya, sebaiknya Dads melakukan pemeriksaan hingga tiga kali. Jika sudah tiga kali diperiksa tapi tetap tidak ditemukan sel sperma pada air mani, baru sebaiknya segera melakukan tindakan sebagai solusi yang harus diambil.

Akan lebih baik jika pria melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis azoospermia saat sebelum menikah, apalagi untuk pria yang mengalami kelainan pada alat vital seperti testis tidak berada pada kantung testis, atau pernah mengalami pembedahan pada area vital. Karena pemeriksaan sperma tidak lazim atau umum seperti pemeriksaan kadar gula darah atau tensi darah.

Jika Dads bertanya, adakah solusi ketika ternyata Anda terdiagnosis azoospermia? Tentu saja ada, untuk mendapatkan keturunan, Anda bisa melakukan program bayi tabung. Namun dengan catatan ada sperma yang didapatkan dari testis Anda. Kemudian sel sperma tersebut akan diproses di laboratorium untuk dilakukan pertemuan dengan sel telur di luar tubuh dan selanjutnya dimasukkan pada rahim wanita.

Namun jika pencarian medis tetap tidak menemukan sel sperma, kemungkinan besar Anda tidak akan memiliki keturunan dari darah daging Anda, sehingga solusi yang bisa diambil untuk mempunyai anak adalah hanya dengan melakukan adopsi.

Semoga bermanfaat. 

By: Babyologist Editor

88 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories