Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

13 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Bagus untuk Kesehatan

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  05 Apr '22


Madu dikenal memiliki berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya, bahkan juga baik bagi ibu hamil. Hal ini pun berlaku mengenai manfaat madu untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Para ibu hamil membutuhkan asupan bergizi dan bernutrisi demi perkembangan janin.

Madu mengandung fruktosa, glukosa, dan air. Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini juga memiliki beragam nutrisi bermanfaat seperti zat besi, protein, vitamin, asam askorbat, kalsium, niacin, riboflavin, serta asam pantotenat.

Ketahui Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Dengan banyaknya kandungan gizi dalam madu, tidak heran jika madu banyak dicari untuk dikonsumsi. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi madu bisa memperoleh banyak manfaat yang tentunya berguna bagi dirinya dan janin.

Apa manfaat madu asli untuk ibu hamil? Simak beberapa manfaat madu untuk ibu hamil sebagai berikut:

1. Meredakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, Moms bisa membuat campuran tetesan jeruk nipis dan air hangat. Takaran madu untuk dicampurkan ke dalam air hangat adalah sebanyak satu sendok makan.

2. Mencegah Insomnia

Rutin mengonsumsi madu merupakan salah satu cara paling aman dan sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur. Madu plus susu hangat yang diminum sebelum tidur diketahui mempunyai khasiat meredakan stres. Tidur pun menjadi lebih nyenyak dan membuat Moms lebih rileks.

Jadi, apabila ibu hamil mengalami susah tidur, maka disarankan untuk mengonsumsi madu sebelum tidur. Hal ini akan membantu Moms untuk bisa tidur lebih cepat daripada sebelumnya. Madu mungkin dapat membantu meredakan insomnia atau stres selama kehamilan.

3. Mengobati Masalah Pencernaan dan Bisul

Madu dikenal bisa mencegah bakteri Helicobacter pylori tumbuh di dalam perut. Bakteri ini ternyata menjadi penyebab dari munculnya bisul pada tubuh. Selain itu, madu bahkan diketahui bisa meningkatkan pertumbuhan jaringan baru di dalam tubuh. Oleh sebab itu, Moms tidak perlu meragukan khasiat yang dimiliki oleh madu dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Lihat Juga: Babyo Tips Tetap Sehat Bersama Si Kecil di Rumah Saja!

4. Meredakan Batuk

Kandungan antibakteri dalam madu mampu membantu meredakan batuk. Madu juga bisa membantu membersihkan lendir yang mengganggu saat flu.

Sajikan satu sendok makan madu bersama dengan jeruk nipis, jahe, dan secangkir susu panas untuk mengurangi rasa sakit karena batuk-batuk. Selain menambahkan madu pada susu panas, Moms juga bisa menambahkan tumbukan bawang putih ke dalam madu untuk memperoleh manfaat madu untuk ibu hamil. Kemudian, campuran tersebut disimpan dalam toples setidaknya dalam waktu 24 jam sampai tercampur dengan baik.

5. Menjaga Kesehatan pada Kulit Kepala

Jurnal berjudul The Antibacterial Activity of Honey on Helicobacter Pylori menyatakan bahwa madu memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antioksidan. Madu juga bisa membantu menghilangkan rasa gatal dan ketombe pada kulit kepala. Caranya, encerkan madu ke dalam air hangat terlebih dahulu. Tunggu hingga siap lalu oleskan ke kulit kepala.

6. Mengurangi Morning Sickness (Keluhan Mual)

Apakah madu baik dikonsumsi untuk ibu hamil? Jawabannya adalah iya. Madu dapat mengatasi masalah keluhan yang sering terjadi pada trimester pertama. Mual saat morning sickness terjadi karena perubahan hormon saat hamil. Untuk meredakan mual karena hamil, buat campuran cuka apel atau air jeruk nipis dengan madu.

7. Membatasi Alergi Pada Ibu yang Sedang Hamil

Untuk hasil maksimal, rutinlah mengonsumsi madu secara langsung. Madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah alergi. Adapun jenis alergi yang dapat dicegah dengan rutin minum madu terutama adalah alergi pada saluran pernapasan atas seperti rhinitis. Alergi rhinitis ini biasanya bersifat musiman dan lebih berisiko dialami oleh ibu hamil.

8. Mengurangi Rasa Nyeri pada Tenggorokan

Manfaat madu untuk ibu hamil lainnya ternyata bagus untuk mengobati tenggorokan sakit karena ada kandungan anti nyeri. Cara yang bisa Moms lakukan adalah membuat campuran beberapa tetes jeruk nipis dan satu sendok makan madu ke dalam air hangat. Lalu, gunakan campuran tersebut sebagai minuman maupun obat kumur. Bahkan, dalam Jurnal dengan judul National Center For Biotechnology Information, orang-orang Yunani Kuno dahulu memakai madu untuk menyembuhkan sakit tenggorokan akibat terkena infeksi virus atau bakteri.

Selain mengolah madu dengan jeruk nipis, Moms bisa membuat teh lemon atau jahe yang ditambahkan madu. Teh racikan ini dapat menenangkan tenggorokan yang gatal karena radang. Hal ini karena madu memiliki kandungan antiradang sehingga sudah terkenal secara tradisional sebagai pereda radang tenggorokan.

9. Memenuhi Kebutuhan Kalsium pada Tubuh

Manfaat madu bagi ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber makanan yang baik untuk tulang karena mengandung kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan. Apabila asupan kalsium selama hamil tidak terpenuhi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang Moms. Inilah yang menyebabkan ibu hamil rentan terkena pengeroposan tulang.

10. Meningkatkan Imun Tubuh

Madu yang memiliki sifat antioksidan dan antibakteri akan sangat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan. madu juga sering dipakai untuk mengobati mulai dari memar sampai dengan luka bakar yang ringan. Berapa kali sehari minum madu untuk ibu hamil?

11. Mencegah dari Penyakit Maag

Gastritis termasuk masalah yang pada umumnya terjadi selama masa kehamilan. Kondisi ini sering menjadi penyebab terjadinya sakit maag, letaknya di dekat rahim serta dapat berbahaya. Moms dapat menggunakan madu dalam membantu mengobati atau meredakan gastroenteritis karena bersifat anti inflamasi.

12. Membangun Sistem Imun pada Tubuh

Madu bekerja sangat baik dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh serta bisa melindungi dari alergi yang musiman. Madu juga mempunyai senyawa antioksidan serta anti bakteri yang berfungsi memperkuat sistem imun dalam mencegah infeksi berbahaya maupun terjadinya komplikasi.

Lihat Juga: Babyo Story: Program Hamil Mom Fanny Dengan PRENAGEN Esensis

13. Mencegah Bertambahnya Berat Badan Secara Berlebihan

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan berat badan naik. Selama hamil, Moms harus menjaga agar peningkatan berat badan tidak melebihi normalnya ibu hamil. Maka, Moms harus menghindari makanan yang manis-manis. Moms dapat memakai madu sebagai pemanis alias pengganti gula karena rasanya manis alami. 

Moms mungkin bertanya-tanya perihal manfaat madu untuk ibu hamil atau apakah madu bisa membuat kontraksi? Madu mempunyai beragam manfaat khususnya untuk ibu yang sedang mengandung. Moms juga dapat menjadikannya sebagai penambah energi.

 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

167 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]