Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

12 Cara Tetap Nyaman Bekerja Saat Hamil

PREGNANCY  |  12 Dec '18


Jika Moms adalah seorang wanita karier yang bekerja di kantor, kehamilan bisa sedikit banyak mempengaruhi pola kerja Moms. Meskipun demikian, jika kehamilan sehat dan normal serta pekerjaan Moms tidak melibatkan paparan bahan kimia berbahaya, Moms mungkin akan dapat terus bekerja sampai menjelang HPL.

Bahkan jika pekerjaan Moms hanya membutuhkan sedikit aktivitas fisik seperti berdiri sesaat atau mengangkat telepon, usahakan untuk merawat diri selama hamil. Beberapa tips agar tetap nyaman bekerja saat hamil:

  1. Seringlah beristirahat.
    Jika Moms berdiri, angkat kaki atau berjalan-jalan di sekitar ruang kerja. Menggerakkan otot dapat membantu mendorong cairan keluar dari kaki dan kembali ke jantung untuk disirkulasi ulang.
  1. Teruslah bergerak.
    Berdiri dan berjalanlah setiap dua jam. Ini akan menghilangkan bengkak di kaki dan pergelangan kaki Moms, juga akan membuat Moms lebih nyaman. Saat Moms bangun, lakukan beberapa latihan peregangan untuk melindungi punggung Moms.
  1. Kenakan pakaian yang nyaman.
    Pakailah sepatu yang nyaman dan pakaian longgar. Moms juga dapat mencoba memakai stoking bersalin atau support hose untuk mencegah atau mengurangi pembengkakan dan varises.
  1. Minumlah banyak air.
    Simpan gelas tinggi di meja atau area kerja Moms dan seringlah mengisi ulang air minum. Hal ini juga akan memberikan Moms kesempatan untuk beristirahat dan berjalan ke kamar mandi.
  1. Jangan melewatkan makan.
    Makan makanan dan kudapan secara teratur, yang dapat mencegah mual di pagi hari dan menurunnya gula darah. Pilih makan siang yang seimbang dan bergizi kapan pun Moms bisa. Tambahkan serat ke dalam diet Moms untuk mengurangi sembelit.
  1. Waspadai cedera regangan berulang.
    Wanita hamil memiliki risiko lebih besar terkena sindrom carpal tunnel karena retensi cairan dapat meningkatkan tekanan di dalam carpal tunnel pergelangan tangan dan mengiritasi saraf median. Cobalah untuk membatasi tugas yang berulang, dan buat area kerja Moms senyaman mungkin.
  1. Meminta modifikasi tempat kerja.
    Jika area kerja mulai menyebabkan Moms sakit, mintalah evaluasi ergonomis. Jangan ragu untuk meminta penjaga pergelangan tangan, splints, atau peralatan lain yang dapat mencegah cedera regangan berulang.
  1. Mengurangi stres.
    Jika Moms tidak dapat menghilangkan faktor stres di tempat kerja, cobalah mencari cara untuk mengelolanya, seperti peregangan, melakukan latihan pernapasan dalam atau yoga, atau hanya berjalan-jalan sebentar.
  1. Beristirahatlah selagi bisa.
    Semakin berat pekerjaan Moms, semakin harus menimbang kembali aktivitas fisik Moms di luar pekerjaan.
  1. Luangkan waktu jika diperlukan.
    Jika Moms merasa sangat lelah, habiskan sesekali hari yang sakit untuk beristirahat. Atau gunakan satu atau dua jam waktu liburan di sana-sini untuk mempersingkat hari kerja. Jika Moms begitu lelah sehingga tidak bisa fokus di tempat kerja, cari tempat pribadi atau pergi ke mobil dan gunakan 15 menit istirahat makan siang untuk tidur sebentar.
  1. Jangan bekerja berlebihan.
    Tolak tawaran lembur terutama jika Moms lelah atau jika pekerjaan Moms membutuhkan aktivitas fisik.
  1. Terima bantuan.
    Jika rekan kerja Moms ingin membantu meringankan kerja Moms, dan Moms tidak keberatan, terima tawaran tersebut. Anggaplah diri Moms beruntung berada di tempat kerja yang mendukung. Ini adalah waktu yang langka dan istimewa dalam hidup Moms. Akan sangat disayangkan jika harus berpura-pura bahwa tidak ada yang berubah setiap hari saat Moms bekerja.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

359 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

-Progessence Phyto Plus Young Living- Selamat Mal...

-Progessence Phyto Plus Young Living- Selamat Malam ❤️❤️❤️ Okeey, di post kali ini aku akan bahas tentang essential oil Progessence Phyto Plus [...]

Melahirkan Lancar Aman Damai dengan BPJS #sharingbubuice

#sharingbubuice Ada yang masih hamil? Ada yg pegang kartu bpjs? Disimpen baik-baik ya kali aja kepake 😍 Oke jadi sebelumnya aku uda banyak de [...]

Tips Tradisional, Murah & Mudah agar ASI Lancar Jaya

Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI . Sayangnya, banyak ibu yang tidak mengetahui cara [...]

Pengalaman Melahirkan Prematur

Kita yang merencanakan Allah yang menentukan. Benar benar diluar rencana. Saat aku sudah merencanakan lahiran normal di bidan dekeeeet bgt dari [...]

Pengalaman melahirkan di masa pandemi Covid-19

Akhirnya aku bisa menyempatkan waktu untuk nulis artikel lagi, karena masih repot ngurusin bayi dan batitaku. 2 Bulan lalu aku melahirkan di [...]

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas?

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas? Kita tentu sering sekali mendengar tentang bahayanya makan nanas ketika hamil. Banyak yang berkata bahwa [...]

Persiapan, Resiko dan Keuntungan Hamil di Usia 35 tahun

Moms berusia 35 tahun atau lebih dan merindukan kehamilan? Perhatikan hal-hal berikut ini ya.

Tips Meminimalisir Kehamilan Resiko Tinggi

Bagi yang merencanakan kehamilan, simak yang satu ini yuk.

Pengalamanku Berpuasa Saat Hamil Muda

Yuk simak tips berpuasa bagi ibu hamil muda berikut ini.

Tidur Siang Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir dengan Craddle Cap?

Betulkah tidur siang di saat hamil dapat menyebabkan si Kecil terlahir dengan cradle cap?

Tips Menjalani Kehamilan dengan Nyaman

Siapa ibu hamil disini yang sering khawatir? Rasa stres dan khawatir bisa membuat kehamilan jadi ga nyaman loh.

Tips Meminimalisir Stretch Mark Selama Kehamilan

Bagaimana caranya menimalisir stretchmark selama kehamilan? Yuk, simak tips berikut ini.

Macam-macam Test Lab Selama Kehamilan

Tes laboratorium sangat penting dalam menunjang kesehatan kehamilan. Simak macam-macam tes lab selama kehamilan berikut ini, Moms!

Manfaat Birth Ball untuk Persalinan

Bermanfaatkah birth ball di masa kehamilan dan juga saat bersalin? Yuk, simak bersama berikut ini.

Sisi Positif dan Negatif Es Krim untuk Ibu Hamil

Siapa disini yang suka es krim? Bagaimana dengan mengonsumsi es krim selama masa hamil, boleh tidak? Yuk, simak berikut ini.

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Apa saja manfaat dari prenatal yoga? Yuk, kita simak cerita yang satu ini!

Bumil Pelihara Kucing? Aman Nggak Sih?

Amankah untuk ibu hamil memelihara kucing? Bagaimana dengan risiko toksoplasma? Yuk simak yang berikut ini.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos tentang masa kehamilan masih banyak terdengar. Yuk simak mitos-mitos berikut ini sehingga kita menjadi lebih bijak.

Tips Babymoon Aman dan Nyaman

Moms and Dads sedang merencanakan babymoon? Simak tips berikut ini agar liburannya berjalan dengan baik ya!

Sakit Pinggang: Tanda Kehamilan, atau Hanya Menstruasi?

Bingung apakah Moms sedang mengalami tanda menstruasi atau hamil? Mari simak beberapa perbedaan berikut.