Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

12 Cara Menstimulasi Indra Peraba si Kecil

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  TODDLER  |  14 Aug '19


Sentuhan adalah cara Moms pertama kali berkomunikasi dan berinteraksi dengan si Kecil. Rangsang indra sentuhannya dengan 12 cara berikut ini:

1. Segera setelah si Kecil lahir, lakukan kontak langsung dengan kulitnya. Dia akan senang merasakan kenyamanan sentuhan kulit Moms. Kontak skin-to-skin ini juga dapat menenangkannya dan membantu mempererat ikatan ibu dan anak.

2. Selain terhibur oleh perasaan kulitnya disentuh Moms, si Kecil yang baru lahir dapat merespons sentuhan dengan refleks genggamannya. Jika Moms membelai telapak tangannya, dia akan melingkarkan jari-jarinya ke tangan Moms.

3. Sebagian besar bayi senang digendong, dibelai, dan diayun-ayunkan. Ini menenangkan untuk mereka. Si Kecil akan menikmati berada di dekat Moms dan merasakan kehangatan, aroma, suara, dan rasa tubuh yang dia kenali.

4. Pijat bayi dapat membantu Moms membangun ikatan dengan si Kecil. Dengan mengajaknya berinteraksi, Moms akan mengetahui jenis sentuhan yang disukainya dan caranya merespons dengan cara tertentu.

5. Si Kecil akan memasukkan apa pun yang bisa dia raih ke mulutnya. Dia belajar banyak dari menjelajahi berbagai bentuk dan tekstur sambil mengunyah dan mengisap benda-benda tersebut. Untuk membantunya menstimulasi indra perabanya, sediakan mainan-mainan yang aman digenggam, diraba, dan dihisap.

6. Tempatkan mainan di tangan si Kecil. Pada 2-3 bulan, dia tidak akan bisa mengambil sendiri mainannya, tetapi dia akan senang meletakkan barang-barang di tangannya. Dia akan dapat merasakan perbedaan antara benda yang keras dan lunak.

7. Pada usia lima bulan, dia akan dapat mengangkat dan memegang benda-benda, memegang benda dengan kedua tangannya. Untuk merangsang indra perabanya, sediakan mainan dengan berbagai tekstur.

8. Kulit si Kecil sangat sensitif. Dia mungkin menikmati sensasi berada di dalam air dan, terutama, percikan air di bak mandi. Oleh karena itu, jadikan saat mandi saat yang penting untuk menstimulasi indra perabanya.

9. Saat Moms mulai menyapih si Kecil, biarkan dia menyentuh dan bermain dengan makanannya. Meskipun ini bisa membuat tempat makan berantakan, pengalaman belajar ini tidak akan dilupakannya. Ini juga mendorongnya untuk mencoba makanan baru.

10.Rangsang indra si Kecil dengan tekstur yang berbeda: halus, kasar, keras, atau lembut dan mainan yang mengeluarkan suara, seperti mainan kerincingan. Buku yang menampilkan beragam tekstur (touch and feel) sangat bagus untuk si Kecil. Moms juga bisa memberikan benda-benda yang mudah ditemukan sehari-hari seperti kain, kardus, atau bulu tiruan untuk dijelajahi si Kecil.

11. Kembangkan kesadaran spasial si Kecil agar dia dapat membedakan antara benda-benda bulat dan datar. Dia akan menikmati menyentuh benda-benda yang memiliki bagian berbeda yang bisa diraih, diputar, atau ditarik.

12. Setelah si Kecil sudah cukup dewasa, Moms bisa memperkenalkan bermain dengan pasir, tanah liat, atau air. Dia akan senang melihat bagaimana tekstur yang berbeda merespons sentuhannya.

Itulah 12 cara merangsang perkembangan indra peraba si Kecil. Selamat mencoba.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

350 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

10 Cara Menstimulasi Indra Penciuman si Kecil

Berikut 10 cara untuk menstimulasi indra penciuman si Kecil

10 Keunggulan Waktu Mandi Khusus Buat Si Kecil

Waktu mandi (bath time) adalah rutinitas menyenangkan untuk melepas lelah dan membersihkan si Kecil.

Si Kecil Suka Berdiri Padahal Usianya Baru 8 Bulan, Apakah Tulang-tulangnya Siap?

Setiap bayi berbeda, beberapa mencapai tonggak fisik lebih awal / lebih lambat dari bayi lain di usia yang sama.

12 Cara Menstimulasi Indra Pengecap si Kecil

Bagaimana cara menstimulasi indra pengecap si Kecil?

Serba-serbi tentang Pakaian Bayi yang Aman untuk Perkembangannya

Untuk bayi dan balita yang sedang dalam masa keemasan pertumbuhan, pakaian mereka haruslah nyaman dikenakan.

3 Cara Menyapih Anak Tanpa Trauma

Banyak Moms merasa emosional ketika menyapih si Kecil, terutama mereka yang melakukan direct breastfeeding.

Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Buah Hati & Tips Memilih Buku

Membacakan dongeng merupakan salah satu hal positif yang sangat baik untuk anak. Apa saja manfaatnya?