Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

12 Cara Menstimulasi Indra Pengecap si Kecil

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  TODDLER  |  05 Aug '19


Si Kecil menggunakan mulut dan indra pengecapnya sebagai cara menjelajahi, belajar, dan memahami makanan serta dunia di sekitarnya. Berikut adalah 12 cara yang bisa Moms lakukan untuk merangsang indra pengecapnya:

1. Perkembangan indra pengecap dimulai sejak dini. Saat Moms hamil sembilan minggu, si Kecil sudah memiliki indra pengecap. Di kemudian hari, dia mungkin lebih suka makanan yang dia makan sebelum dia lahir. Oleh karena itu, saat hamil, Moms bisa mengonsumsi makanan-makanan bergizi seimbang dengan beraneka ragam rasa sehingga kelak dia juga menyukai makanan-makanan tersebut.

2. Si Kecil terlahir dengan kesukaan yang kuat terhadap rasa manis. Bayi baru lahir bisa mengenali rasa manis dan asam tetapi lebih suka rasa manis. Ini adalah salah satu alasan mengapa dia menyukai rasa ASI Moms. Karena rasa ASI sangat dipengaruhi oleh apa yang Moms konsumsi saat menyusui, Moms dapat mengonsumsi makanan yang Moms inginkan untuk si Kecil sukai.

3. Si Kecil menggunakan mulutnya untuk lebih dari sekedar mencicipi. Mulut sangat sensitif sehingga dia menggunakannya untuk mengenal tekstur yang berbeda. Untuk membantu si Kecil memperkaya pengalaman menjelajahi tekstur, berikan makanan dengan beragam tekstur segera setelah dia sudah memasuki masa MPASI.

4. Sekitar usia lima bulan, indra pengecap bayi telah berubah. Masih terlalu dini baginya untuk makan makanan padat, tetapi seleranya sekarang sudah cukup berkembang untuk mendeteksi garam.

5. Ketika Moms pertama kali mulai memperkenalkan makanan selain ASI, sayuran manis seperti wortel atau ubi jalar mungkin menarik bagi si Kecil karena rasa kedua sayuran tersebut manis. Perkenalkan makanan-makanan baru tanpa menambahkan penyedap rasa apa pun.

6. Terkadang, bayi mungkin langsung menyukai makanan baru. Pada kesempatan lain, Moms mungkin perlu terus mencoba makanan yang sama sebelum dia mulai menyukainya.

7. Variasi adalah kunci memperkaya indra pengecap si Kecil. Memberinya banyak makanan berbeda untuk dicoba, dengan berbagai rasa dan tekstur, dapat membantunya menikmati berbagai makanan saat dia bertambah umur.

8. Berapa lama Moms menyusui juga dapat memengaruhi variasi makanan yang akan dimakan si Kecil saat dia berusia dua tahun. Rasa ASI lebih bervariasi daripada susu formula sehingga bisa membuatnya lebih terbuka untuk makan makanan yang berbeda saat dia bertambah umur kelak.

9. Biarkan si Kecil menjelajahi makanan dengan kecepatannya sendiri. Saat memberikan makanan baru, dia mungkin hanya akan merasakannya sebentar di mulutnya, menjelajah tekstur makanan baru dengan lidahnya, sebelum memuntahkannya kembali. Melalui dorongan dan dukungan Moms, dia akan terbantu untuk membiasakan diri dengan makanan yang berbeda dan merasa percaya diri untuk mencobanya.

10. Usahakan untuk tidak memberi si Kecil makanan asin dan manis. Ginjal muda si Kecil tidak mampu mengatasi terlalu banyak garam. Gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Jangan pula memberinya makanan dengan rasa asin atau manis yang kuat.

11. Si Kecil akan meniru Moms dan reaksi Moms terhadap makanan. Jadi, adalah ide yang baik untuk mencoba menyamarkan rasa tidak suka yang kuat terhadap makanan terutama makanan sehat yang Moms inginkan agar disukainya.

12. Sekitar usia 7-8 bulan, si Kecil akan dapat memegang makanan jari (finger foods) sendiri. Ini adalah kesempatan baik baginya untuk mencicipi makanan baru, seperti buah-buahan atau sayuran lunak, dan menjelajahi berbagai tekstur makanan.

Itulah beberapa cara menstimulasi indra pengecap si Kecil. Selamat mencoba.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

301 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

10 Cara Menstimulasi Indra Penciuman si Kecil

Berikut 10 cara untuk menstimulasi indra penciuman si Kecil

12 Cara Menstimulasi Indra Peraba si Kecil

Sentuhan adalah cara Moms pertama kali berkomunikasi dan berinteraksi dengan si Kecil. Berikut tips menstimulasinya

10 Keunggulan Waktu Mandi Khusus Buat Si Kecil

Waktu mandi (bath time) adalah rutinitas menyenangkan untuk melepas lelah dan membersihkan si Kecil.

Si Kecil Suka Berdiri Padahal Usianya Baru 8 Bulan, Apakah Tulang-tulangnya Siap?

Setiap bayi berbeda, beberapa mencapai tonggak fisik lebih awal / lebih lambat dari bayi lain di usia yang sama.

Serba-serbi tentang Pakaian Bayi yang Aman untuk Perkembangannya

Untuk bayi dan balita yang sedang dalam masa keemasan pertumbuhan, pakaian mereka haruslah nyaman dikenakan.

3 Cara Menyapih Anak Tanpa Trauma

Banyak Moms merasa emosional ketika menyapih si Kecil, terutama mereka yang melakukan direct breastfeeding.

Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Buah Hati & Tips Memilih Buku

Membacakan dongeng merupakan salah satu hal positif yang sangat baik untuk anak. Apa saja manfaatnya?