Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

10 Vitamin dan Nutrisi Bermanfaat untuk Kesuburan

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  05 Feb '19


Setiap wanita diimbau untuk mengonsumsi multivitamin setiap hari, terutama saat ingin hamil.

"Saya selalu merekomendasikan vitamin generik kepada pasien saya," kata dokter Jani Jensen, seorang ahli endokrinologi reproduksi dan asisten profesor di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat, "Iklan vitamin yang mahal menjanjikan hal-hal yang muluk-muluk. Akan tetapi, vitamin-vitamin itu tidak akan menghasilkan bayi yang lebih pintar atau peluang kehamilan yang lebih baik."

Sebelum mengonsumsi asupan vitamin, kesehatan Moms harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter atau ahli gizi. Mereka akan meresepkan vitamin dan sumber vitamin yang cocok untuk Moms. Jangan lupakan pasangan Moms! Ajak dia juga untuk mengikuti kebiasaan baik meminum multivitamin setiap hari!

Apa saja vitamin dan nutrisi untuk memperlancar kehamilan?

  1. Beta-karoten
    Khasiat: Membantu meregulasi hormon dan mencegah keguguran dini begitu Moms hamil.
    Sumber makanan: wortel, ubi jalar, bayam, brokoli, kangkung, labu butternut, blewah.
  1. Vitamin B
    Khasiat: Seluruh kelompok Vitamin B dianggap membantu ovarium melepaskan sel telur saat ovulasi. Vitamin B6 khususnya juga meningkatkan kadar progesteron yang diperlukan untuk mempertahankan kehamilan begitu Moms hamil.
    Sumber makanan: daging, telur, sayuran hijau, biji-bijian utuh, chickpeas.
  1. Bromelain
    Khasiat: Kelompok enzim ini terutama mencerna protein dalam tubuh, tetapi juga dianggap membantu implantasi sel telur yang dibuahi. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki asupan yang cukup setelah ovulasi.
    Sumber makanan: nanas.
  1. Vitamin C
    Khasiat: Vitamin penambah kekebalan ini meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi progesteron. Untuk wanita yang memiliki cacat fase luteal, masalah yang ditandai dengan progesteron yang tidak cukup, peningkatan vitamin C tampaknya meningkatkan kesuburan. Pada pria, ini membantu meningkatkan kesehatan dan motilitas sperma.
    Sumber makanan: jeruk, mangga, tomat, stroberi, ceri, kacang potong, dan kentang.
  1. Vitamin D
    Khasiat: vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk produksi hormon seks yang tepat. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita infertil umumnya cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah; satu studi di Yale University School of Medicine menemukan bahwa hampir 40 wanita baru-baru ini dengan disfungsi ovulasi memiliki kadar yang sebenarnya cukup rendah sehingga secara klinis kurang. Ini juga mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan kesuburan secara keseluruhan.
    Sumber makanan: Produk susu yang diperkaya, ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan tuna, minyak ikan cod, dan paparan sinar matahari selama 10 hingga 15 menit.
  1. Vitamin E
    Khasiat: antioksidan untuk pria dan wanita serta meningkatkan kesehatan sperma pria.
    Sumber makanan: Alpukat, minyak gandum, ubi jalar, sayuran berdaun hijau, biji-bijian utuh, kacang-kacangan seperti almond dan kacang, serta biji-bijian. 
  1. Kolin
    Khasiat: Baik untuk kesehatan otak pada Moms dan si Kecil. Kolin juga terbukti mengurangi cacat lahir.
    Sumber makanan: kuning telur dan kembang kol.
  1. Koenzim Q10
    Khasiat: meningkatkan kualitas sperma dan sel telur dan membalikkan beberapa tanda penurunan reproduksi yang berkaitan dengan usia.
    Sumber makanan: ikan, bibit gandum, daging organ seperti jantung dan ginjal,
  1. Selenium
    Khasiat: Sangat bagus untuk membantu pergerakan sperma pada pria dan metabolisme estrogen pada wanita, selenium adalah detoxifier yang kuat. Ini juga dapat membantu telur bertahan melawan radikal bebas yang berkontribusi terhadap penurunan kualitas telur.
    Sumber makanan: kacang Brazil, sayuran hijau, biji-bijian, dan ikan.
  1. Asam lemak Omega-3
    Khasiat: Nutrisi ini membantu folikel ovarium melepaskan telur, meningkatkan aliran darah ke rahim, dan menyeimbangkan hormon. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa mereka juga dapat membantu perkembangan otak dan IQ janin. Manusia harus mendapatkan asupan Omega-3 karena tidak dapat memproduksi secara alami dalam tubuh.
    Sumber makanan: Biji rami, minyak biji rami, salmon, mackerel, cod, sarden, ikan teri, herring, kenari, dan telur dari ayam yang diberi makan omega-3.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

857 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Frozen Vegetable: Solusi Bagi Bumil yang Malas ke Pasar

Ini bikin sendiri kok Moms, jadi ga pakai bahan pengawet ya. Hanya cara awetnya dibekuin aja di kulkas atas.

Kenali Manfaat dan Bahaya Kuaci bagi Ibu Hamil

Kuaci memang memiliki nutrisi yang lengkap dan bagus untuk ibu hamil, tapi ternyata ada juga efek sampingnya!

4 Jenis Makanan Agar Moms Cepat Hamil

Apa saja resep makanan yang dikonsumsi Mom Devina agar cepat hamil?

Buah yang Dapat Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Sembelit biasa terjadi saat masa kehamilan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?