Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

10 Tips Sederhana Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia

MY STORY  |  02 Jul '20


Melihat buah hati tumbuh sehat, aktif dan bahagia tentu menjadi dambaan setiap orangtua. Karena kebahagiaan anak di masa kecil, sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya hingga beranjak dewasa.

Anak yang bahagia biasanya akan memiliki karakter periang, percaya diri, kreatif, berani dan rasa ingin tahu tinggi. Di sini, pola pengasuhan orangtua sangat berperan penting supaya si Kecil tumbuh bahagia. Toh, kita sebagai orangtua, tentu kita tidak ingin dong meninggalkan memori buruk di masa kecil anak.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan orangtua supaya anak menjalani masa kecilnya dengan kebahagiaan? Ini dia 10 tips si Kecil tumbuh bahagia versiku.

  1.     Nikmati peran sebagai orangtua

Kunci pertama agar anak bisa tumbuh bahagia tentu dimulai dengan menjadi ibu yang bahagia terlebih dahulu. Ibu adalah jantung keluarga. Kalau kitanya bahagia, maka satu keluarga pasti bakal ikut bahagia juga.

  1.     Beri cinta tanpa syarat

Terkadang anak mungkin membuat ulah yang bikin geleng-geleng kepala. Kalau ini terjadi, tarik nafas dulu saja Moms. Mereka melakukan itu pasti tidak sengaja, segera peluk dan kasih tahu mereka baik-baik. Jangan gores masa kecil anak dengan bentakan dan amarah.

  1.     Temani anak bermain

Maksud menemani main di sini bukan sekadar duduk di sampingnya saja ya. Tapi ikutan main juga, kalau perlu simpan gadget sekalian, lakukan eye contact dengan anak supaya dia merasa diperhatikan. Meskipun diam saja, tapi si Kecil mengamati orangtuanya lho. Jangan sampai buah hati kalian menganggap kalau handphone kamu lebih penting darinya.

  1.     Peluk dan cium anak setiap hari

Aku dan suami enggak pernah absen untuk selalu meluk dan cium Sofia dari masih bayi sampai sekarang. Supaya dia merasa kalau dirinya berharga untuk kami.

  1.     Beri apresiasi atas usaha anak sekecil apapun itu

Sekalipun dia gagal mendapatkan hasil yang kita inginkan. Ini penting untuk meminimalisir stres dan membuatnya merasa dihargai.

  1.     Kasih pujian yang memotivasi

Tidak ada yang salah dengan memberi pujian kepada anak sendiri. Karena dengan dipuji, anak pasti merasa bahagia. Asalkan pujian tersebut dibarengi dengan kalimat motivasi agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri juga.

  1.     Jangan marahi anak di depan umum

Kalau mau menasehi anak, sebisa mungkin dilakukan empat mata saja. Jangan sampai kelepasan marah di tempat umum karena bisa membuatnya malu dan menurunkan rasa percaya dirinya.

  1.     Ajarkan anak kecerdasan emosional

Temani dia bagaimana pun suasana hatinya, terutama saat sedih, kesal, marah, tantrum. Belajar validasi emosi supaya si Kecil merasa bahwa kita juga mengerti perasaannya.

  1.     Cukupi waktu tidur anak

Kurang istirahat bisa membuat seseorang gampang emosi. Untuk itu, penting bagi orangtua memastikan anak mendapat waktu tidur cukup yakni sekitar 10-12 jam per hari.

10. Penuhi asupan nutrisinya

Selain gaya parenting, nutrisi juga menjadi faktor penunjang agar anak tumbuh bahagia. Kebayang enggak sih kalau si Kecil kurang mendapat nutrisi, pasti terlihat lemas, mudah rewel dan kurang fokus sehingga tumbuh kembangnya terganggu. Makanya, penting bagi orangtua untuk memastikan asupan nutrisi anak seimbang, baik itu dari makanan maupun susu pertumbuhan seperti Nestle Lactgrow misalnya.

Susu pertumbuhan Nestle Lactogrow mengandung vitamin, mineral, kalsium, omega 3, omega 6 dan probiotik yang bagus untuk tulang dan menjaga kesehatan pencernaan sehingga anak bisa grow happy!

Percaya, deh, Moms, pencernaan yang sehat bisa menjadi bekal si Kecil tumbuh bahagia, menyerap nutrisi dengan baik dan enggak gampang sakit. Yuk, ciptakan masa kecil anak yang bahagia dimulai dari memberi kasih sayang melimpah dan nutrisi terbaik.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

387 Regina Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]