Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

10 Pertanyaan Terkait Menyusui yang Terlalu Memalukan untuk Ditanyakan

MY STORY  |  09 Jul '19


Sebagai ibu baru, tentu ada banyak ilmu yang harus Moms ketahui dan pelajari. Terkadang, Moms ingin menanyakan sesuatu kepada dokter atau kerabat namun malu. Nah, jika pertanyaan Moms termasuk salah satu di bawah ini, simak penjelasannya.

1. Apakah payudara berukuran kecil memproduksi lebih sedikit ASI?

Sebagian besar wanita mampu memproduksi cukup ASI untuk bayi mereka tidak peduli seberapa besar atau kecil ukuran payudara mereka.

2. Mengapa beberapa wanita memproduksi ASI lebih banyak daripada lainnya?

Setiap payudara wanita memiliki kapasitas simpan ASI berbeda-beda. Besar kecilnya kapasitas bukan tergantung dari ukuran payudara melainkan tergantung dari jaringan susu.

3. Apakah operasi pengecilan payudara memengaruhi menyusui?

Operasi pengurangan payudara dapat memengaruhi kemampuan untuk memproduksi ASI. Akan tetapi, hanya karena Moms telah menjalani operasi bukan berarti Moms tidak akan dapat menyusui.

4. Apakah menyusui seharusnya menyakitkan?

Pada minggu-minggu awal menyusui, puting yang sakit adalah masalah umum. Ini biasanya berarti si Kecil belum dapat menyusu dengan benar atau posisi Moms salah.

5. Apakah menyusui aman dilakukan saat puting berdarah?

Jika Moms mengalami puting sakit, pecah-pecah, atau berdarah, Moms bisa dan masih harus menyusui. Sejumlah kecil darah dalam ASI tidak akan menyakiti si Kecil. Namun, puting yang retak dapat mengindikasikan masalah dengan cara si Kecil menyusui.

6. Haruskah berhenti menyusui jika menderita mastitis?

Menyusui si Kecil ketika Moms terkena mastitis atau saluran tersumbat sebenarnya membantu meredakan sakit tersebut. Namun, Moms harus juga menjalani perawatan untuk menyembuhkan mastitis atau saluran tersumbat tersebut.

7. Bolehkah si Kecil hanya diberi ASI dari hasil memompa karena menyusui tidak menyenangkan?

Ini adalah pilihan individu dan hanya Moms yang tahu apa yang terbaik untuk Moms dan si Kecil.

8. Normalkah ASI bocor di tempat publik?

Tidak jarang ASI bocor ketika persediaan susu ibu baru terbentuk. Moms dapat menggunakan pembalut payudara untuk mencegahnya. Beberapa ibu bahkan dapat mengalami ASI bocor hanya dengan memikirkan si Kecil atau mendengar bayi menangis. Jika itu terjadi, angkat kedua lengan dengan kuat di atas payudara selama satu atau dua menit. Terkadang, ASI juga mungkin bocor saat berhubungan seks dan itu benar-benar normal.

9. Apakah boleh menyusui di tempat umum?

Jangan merasa tertekan untuk melakukannya karena menyusui adalah kegiatan alami dan seharusnya tidak menjadi penyebab rasa malu. Moms dapat mengunjungi pojok ASI jika tersedia di tempat publik.

10. Mengapa payudara terasa keras seperti batu?

Pembengkakan dapat terjadi tiga hingga lima hari pascapersalinan dan dapat membuat payudara Moms terasa keras dan sakit. Untuk meredakannya, kompres payudara dengan air hangat sebelum menyusui untuk membantu mengeluarkan ASI. Kompres dingin setelah Moms selesai menyusui untuk mengurangi pembengkakan jaringan. Jangan pula menunggu terlalu lama di antara sesi makan untuk menghindari pembengkakan. Si Kecil yang baru lahir harus disusui setiap tiga jam atau lebih cepat jika dia menginginkannya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

492 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.