Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

10 Keunggulan Waktu Mandi Khusus Buat Si Kecil

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  TODDLER  |  10 Aug '19


Waktu mandi (bath time) adalah rutinitas menyenangkan untuk melepas lelah dan membersihkan si Kecil. Faktanya, rutinitas ini juga bagus untuk perkembangannya. Inilah 10 keunggulan waktu mandi si Kecil:

1. Mengembangkan kemampuan motorik halus

Sediakan bak bermain dengan mainan atau spons peras untuk melatih keterampilan motorik halus si Kecil. Moms juga dapat memainkan permainan-permainan yang melibatkan koordinasi mata-tangan dan kelihaian menggunakan tangan dan jari tangan.

2. Mengembangkan sistem sensorik

Sama seperti waktu bermain bebas pakaian, waktu mandi memberikan stimulasi sentuhan rasa pada si Kecil; mulai dari merasakan air di kulitnya, belajar membedakan suhu, dan disentuh saat Moms mencuci dan mengeringkannya. Bak mandi juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan beberapa aktivitas sensorik.

3. Mengembangkan kemampuan berbahasa

Berbicara dan bermain dengan si Kecil di kamar mandi adalah cara yang bagus untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Waktu mandi juga mendukung konsep bahasa seperti pengurutan dan prediksi, karena Moms biasanya melakukan hal yang sama dalam urutan yang sama setiap kali.

4. Mengenalkan matematika dan sains sejak dini

Bermain mengisi dan membuang cangkir di bak mandi mengajarkan konsep-konsep matematika dan sains sejak dini. Si Kecil akan secara tidak sadar belajar tentang konsep volume, lebih, kurang, kosong, dan penuh, atau bereksperimen dengan apakah sebuah benda yang dimasukkan ke dalam bak mandi akan tenggelam atau mengambang.

5. Merupakan waktu bermain yang unik

Bermain adalah cara si Kecil belajar. Bermain waktu mandi sangat memotivasinya. Bermain-main dengan mainan khusus di bak mandi memberikan pengalaman bermain unik yang dia tidak miliki di waktu lain. Bak mandi juga merupakan tempat yang bagus untuk bermain peran bertema air.

6. Merupakan bagian dari rutinitas tidur yang santai

Menjaga waktu mandi pada waktu yang sama setiap malam membantu untuk menetapkan bahwa rutinitas tidur itu sangat penting. Pada gilirannya, ini mendorong perkembangan si Kecil dan dapat membantu mencegah tantrum karena lelah.

7. Mempromosikan regulasi diri

Waktu mandi adalah salah satu rutinitas yang memberi si Kecil pemahaman akan struktur dan kontrol. Tanpa rutinitas, bayi dan balita mungkin merasa tidak aman karena mereka tidak tau apa yang akan terjadi. Mengetahui apa yang terjadi akan membantu mereka belajar mengatur emosi dan perilaku.

8. Mengajarkan kemandirian

Waktu mandi adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan keterampilan perawatan diri si Kecil, mulai dari membantu mencuci tubuhnya hingga menyingkirkan mainan mandi dan mengeringkan badan. Ini adalah salah satu pelajaran kemandirian untuknya yang akan sangat bermanfaat di masa depan.

9. Merupakan waktu eksklusif bebas gangguan dengan orang tua

Selain saat mandi, si Kecil yang bermain-main dengan Moms mungkin akan terganggu oleh suara dering telepon, orang mengetuk pintu, atau Moms yang harus memeriksa email. Namun pada saat dia mandi, Moms harus mencurahkan 100% perhatian kepadanya karena Moms harus mengutamakan keselamatannya. Waktu bebas gangguan ini mendukung ikatan serta interaksi yang bermakna antara ibu dan anak. Ini membantu membentuk otaknya yang sedang berkembang pesat.

10. Menciptakan kenangan abadi

Si Kecil yang mempunyai rutinitas waktu mandi akan mengenang aktivitas ini sepanjang hidupnya. Dia nantinya akan bernostalgia pernah bersenang-senang saat mandi sambil mengeklspor dunia di sekitarnya.

Demikianlah 10 keunggulan waktu mandi bagi si Kecil. Persiapkan waktu mandi sebaik mungkin agar si Kecil dapat memetik hasilnya dengan mantap.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

336 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

10 Cara Menstimulasi Indra Penciuman si Kecil

Berikut 10 cara untuk menstimulasi indra penciuman si Kecil

12 Cara Menstimulasi Indra Peraba si Kecil

Sentuhan adalah cara Moms pertama kali berkomunikasi dan berinteraksi dengan si Kecil. Berikut tips menstimulasinya

Si Kecil Suka Berdiri Padahal Usianya Baru 8 Bulan, Apakah Tulang-tulangnya Siap?

Setiap bayi berbeda, beberapa mencapai tonggak fisik lebih awal / lebih lambat dari bayi lain di usia yang sama.

12 Cara Menstimulasi Indra Pengecap si Kecil

Bagaimana cara menstimulasi indra pengecap si Kecil?

Serba-serbi tentang Pakaian Bayi yang Aman untuk Perkembangannya

Untuk bayi dan balita yang sedang dalam masa keemasan pertumbuhan, pakaian mereka haruslah nyaman dikenakan.

3 Cara Menyapih Anak Tanpa Trauma

Banyak Moms merasa emosional ketika menyapih si Kecil, terutama mereka yang melakukan direct breastfeeding.

Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Buah Hati & Tips Memilih Buku

Membacakan dongeng merupakan salah satu hal positif yang sangat baik untuk anak. Apa saja manfaatnya?