Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

10 Cara Menstimulasi Indra Penciuman si Kecil

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  TODDLER  |  14 Aug '19


Ketika si Kecil lahir, indra penciumannya sangat sensitif. Berikut 10 cara si Kecil menggunakan bau untuk membantunya memahami dunianya:

1. Si Kecil dapat mencium bau bahkan sebelum dia dilahirkan. Melalui cairan ketuban, dia bisa mencium dan merasakan rasa makanan dan minuman yang telah Moms konsumsi.

2. Ketika Moms memeluk si Kecil, dan Moms bisa mencium aroma tubuh satu sama lain, kalian meningkatkan kadar oksitosin atau yang sering disebut sebagai hormon cinta. Reaksi kimia ini membantu proses ikatan ibu dan anak.

3. Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi prematur merespons dengan baik penggunaan aromaterapi. Minyak lavender dan almon manis membantu mengurangi stres pada bayi baru lahir.

4. Jangan gunakan produk-produk kulit yang sangat wangi di masa-masa awal kehidupan si Kecil agar dia bisa mengenal aroma Moms. Ini akan sangat membantu mempererat ikatan ibu dan anak.

5. Bau yang tidak asing, terutama bau ibu atau ayah, bisa sangat menenangkan seorang bayi. Berada di tempat favorit dengan aroma yang akrab dapat membantu menenangkan si Kecil yang sedang kesal.

6. Selimut atau mainan yang membuatnya nyaman juga akan mengembangkan aroma yang membuat si Kecil merasa tenang. Inilah sebabnya seorang bayi tampak tidak bahagia jika ibunya mencuci selimut atau mainan kesayangan. Padahal, selimut atau mainan tersebut sudah sangat kotor sehingga perlu dicuci.

7. Informasi yang berkaitan dengan indra penciuman diproses oleh bagian otak yang juga mengendalikan memori. Si Kecil akan membentuk asosiasi yang kuat antara aroma tertentu dan pengalaman yang melekat padanya. Ini berarti bahwa bertahun-tahun kemudian, aroma dapat memicu ingatan si Kecil dan mengingatkannya tentang waktu atau perasaan dari masa lalunya.

8. Sekitar usia tiga bulan, si Kecil akan menjadi lebih sadar akan berbagai orang di sekitarnya. Aroma orang asing yang tidak dia kenal akan mengingatkannya pada fakta bahwa mereka adalah orang asing. Jika dia merasa takut atau terancam oleh bau mereka, dia mungkin menangis atau menendang-nendang kakinya.

9. Saat si Kecil disapih dengan makanan padat, dia akan menggunakan indra penciuman dan perasanya untuk memutuskan makanan mana yang dia sukai dan mana yang tidak dia sukai.

10. Ketika usianya sudah sekitar 10 bulan, si Kecil mungkin kurang tertarik untuk mencoba makanan yang berbeda. Gabungan indra penciuman dan perasanya akan memutuskan apa yang pasti dia sukai dan pasti tidak dia sukai. Oleh karena itu, rangsang indra penciumannya sedini mungkin dengan menghadirkan makanan dengan berbagai macam bau dan tekstur agar kelak dia menyukai berbagai macam makanan (tidak menjadi pemilih makanan).

Itulah 10 tips untuk menstimulasi indra penciuman si Kecil sejak dini. Selamat mencoba.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

206 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

12 Cara Menstimulasi Indra Peraba si Kecil

Sentuhan adalah cara Moms pertama kali berkomunikasi dan berinteraksi dengan si Kecil. Berikut tips menstimulasinya

10 Keunggulan Waktu Mandi Khusus Buat Si Kecil

Waktu mandi (bath time) adalah rutinitas menyenangkan untuk melepas lelah dan membersihkan si Kecil.

Si Kecil Suka Berdiri Padahal Usianya Baru 8 Bulan, Apakah Tulang-tulangnya Siap?

Setiap bayi berbeda, beberapa mencapai tonggak fisik lebih awal / lebih lambat dari bayi lain di usia yang sama.

12 Cara Menstimulasi Indra Pengecap si Kecil

Bagaimana cara menstimulasi indra pengecap si Kecil?

Serba-serbi tentang Pakaian Bayi yang Aman untuk Perkembangannya

Untuk bayi dan balita yang sedang dalam masa keemasan pertumbuhan, pakaian mereka haruslah nyaman dikenakan.

3 Cara Menyapih Anak Tanpa Trauma

Banyak Moms merasa emosional ketika menyapih si Kecil, terutama mereka yang melakukan direct breastfeeding.

Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Buah Hati & Tips Memilih Buku

Membacakan dongeng merupakan salah satu hal positif yang sangat baik untuk anak. Apa saja manfaatnya?