Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

10 Cara Alami Tingkatkan Kesuburan Sperma

HEALTH TIPS  |  30 Jan '19

Menurut American Society for Reproductive Medicine, kesehatan pria menjadi penyebab sekitar 30% pasangan yang dinyatakan memiliki masalah infertilitas. Bahkan jika hasil analisis semen Dads kembali normal, masih ada hal lain yang dapat mempengaruhi Moms untuk hamil.

Bukan hanya itu, tetapi sperma sehat membuat bayi sehat. Sebuah penelitian di The Journal of Neuroscience menemukan bahwa anak-anak yang lahir dari pria yang mengalami stres memiliki respons yang berkurang terhadap stres, sesuatu yang terkait dengan kecemasan dan depresi.

Oleh karena itu, Dads perlu menyimak 10 cara alami untuk meningkatkan kesuburan sperma berikut ini:

  1. Hentikan konsumsi junk food
    Makan makanan olahan, kemasan dan cepat saji dapat membuat tubuh meradang dan mempengaruhi kesuburan. Tubuh dipaksa untuk menggunakan nutrisi dalam junk food untuk memproses makanan tersebut karena tubuh tidak dapat mengenali junk food sebagai makanan utuh. Proses ini dapat menghilangkan nutrisi yang bisa digunakan untuk membuat sperma. Sebaiknya, konsumsi makanan yang memiliki nilai indeks glikemik rendah seperti buah-buahan dan sayuran terutama yang organik, serta kurangi konsumsi gula dan garam.
  1. Makan buah delima
    Menurut dr. Patrick Fratellone, seorang dokter integratif dan seorang herbalis di New York City, daripada mengonsumsi testosteron untuk meningkatkan hormon, biji delima adalah alternatif yang lebih baik karena mereka adalah penghambat aromatase alami, yang mencegah testosteron dari dikonversi menjadi estrogen. Fratellone menyebutkan bahwa suntik testosteron memiliki efek samping buruk dan tidak untuk semua orang.
  1. Olahraga teratur
    Berolahraga secara teratur diketahui dapat meningkatkan kesuburan pria. Olahraga dapat meningkatkan produksi testosteron yang membantu pembuatan sperma. Namun perlu diketahui, olahraga berlebihan dapat menghabiskan vitamin dan hormon yang tersimpan. Olahraga tertentu yang memberikan tekanan berlebihan pada testis harus dihindari atau diminimalkan. Pertimbangkan untuk sering beristirahat jika Dads banyak bepergian dengan menggunakan sepeda.
  1. Kurangi plastik
    Pria yang terpapar ftalat (bahan kimia yang biasa ditemukan dalam wadah plastik dan produk rambut) membutuhkan waktu 20% lebih lama untuk membuat pasangannya hamil. Sebagai gantinya, Moms & Dads dapat menggunakan peralatan dari bahan kaca.
  1. Konsumsi jamur Reishi
    Jamur Reishi memperkuat sistem kekebalan tubuh, anti-inflamasi dan dapat mencegah / mengobati pertumbuhan ragi candida di usus besar yang dapat membuat sperma sulit berfungsi. Tanyakan pada dokter tentang manfaat jamur Reishi. Jika perlu, Dads dapat mengonsumsi jamur Reishi sebagai ganti mengonsumsi jamur secara keseluruhan. Jamur Shiitake dan cordyceps juga berguna untuk kesuburan pria dan dapat dimakan secara utuh.
  1. Pilih tabir surya dengan bijak
    Menurut penelitian National Institues of Health, pria yang terpapar dua filter UV (BP-2 dan 4OH-BP) dalam intensitas tinggi mengalami penurunan kesuburan sebesar 30%. Keduanya ditemukan dalam tabir surya dan produk perawatan pribadi lainnya. Bahan-bahan ini mungkin tidak tercantum pada label, jadi pergilah mandi setelah seharian di bawah sinar matahari dan kurangi produk lain dengan filter UV.
  1. Berhenti merokok
    Rokok dan ganja dapat menyebabkan stres oksidatif dan merusak sperma. Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction juga menemukan bahwa merokok ganja dapat mengubah ukuran dan bentuk sperma.
  1. Pakai pakaian longgar
    Pakaian katun yang longgar atau bahkan tanpa pakaian sama sekali kadang-kadang dapat membantu produksi sperma.
  1. Kelola stres
    Jika Dads terus-menerus stres atau kurang tidur, ini bisa berdampak pada kelenjar adrenalin yang mempengaruhi produksi sperma. Luangkan waktu untuk bersantai, tidur satu jam ekstra dan bersenang-senang dengan teman dan pasangan.
  1. Konsumsi herbal
    Beberapa herbal seperti ginseng Amerika, rosemary, teh hijau, kunyit, resveratrol, dan saw palmetto dapat membantu produksi sperma. Tribulus juga terkenal untuk membantu testosteron, meningkatkan jumlah sperma dan membantu pergerakan sperma. Ini juga dapat membantu pasangan yang memiliki antibodi anti-sperma.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

148 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories