Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

10 Aktivitas untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak Usia di Atas 5 Tahun

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  TODDLER  |  01 Aug '19


Anak-anak mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus pada tingkat yang berbeda. Ada banyak aktivitas yang dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut. Namun, umumnya, aktivitas yang direkomendasikan untuk tidak ditujukan untuk anak-anak yang lebih tua yang kesulitan mengembangkan keterampilan motoriknya tetapi ditujukan kepada balita yang sedang dalam masa keemasan.

Gangguan belajar dan perhatian tertentu dapat memengaruhi keterampilan motorik. Gangguan tersebut termasuk dyspraxia, masalah pemrosesan visual, dan masalah pemrosesan sensorik.

Apabila si Kecil sudah berusia di atas lima tahun namun masih perlu memperkuat keterampilan motoriknya, Moms bisa mengajaknya untuk melakukan 10 kegiatan menyenangkan berikut ini.

Aktivitas berikut melatih keterampilan motorik kasar:

1. Berenang

Aktivitas berenang melibatkan seluruh tubuh karena tubuh si Kecil harus bekerja melawan daya tahan air. Ini tidak hanya membangun keterampilan motorik kasar tetapi juga membantu menumbuhkan kesadaran proprioseptif (mengetahu di mana tubuh berada di ruang).

2. Mengendarai sepeda atau skuter

Beberapa anak yang berjuang dengan keterampilan motorik kasar mungkin belajar mengendarai sepeda lebih lambat daripada teman sebayanya. Skuter sedikit lebih mudah dikuasai dan bisa menjadi langkah awal untuk belajar bersepeda. Begitu mereka terbiasa mengendari sepeda, aktivitas tersebut dapat membantu mereka belajar menjaga keseimbangan. Aktivitas ini juga memberi manfaat untuk melatih kemandirian dan interaksi lingkungan.

3. Menari

Baik itu kelas dansa, ekstrakurikuler di sekolah, atau hanya menari dengan musik di rumah, menari memiliki banyak manfaat. Kegiatan ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan keseimbangan, koordinasi dan melakukan kegiatan motorik berurutan. Ini juga dapat menjadi cara yang baik bagi anak-anak untuk bersosialisasi.

4. Melompat dengan trampolin

Permainan trampolin sangat bagus untuk meningkatkan keseimbangan dan dapat menjadi bagian dari diet sensorik bagi anak-anak yang suka mencari sensorik (sensory seekers). Moms dapat mengajak si Kecil ke taman bermain yang ada fasilitas trampolin atau membeli trampolin mini untuk dimainkan di rumah. Moms harus menetapkan aturan-aturan keselamatan yang perlu ditaati si Kecil.

Aktivitas berikut melatih keterampilan motorik halus

5. Memainkan instrumen musik

Berbagai instrumen musik terutama piano, gitar, dan alat musik tiup dari kayu dapat membantu membangun keterampilan motorik halus. Sekalipun si Kecil kesulitan memainkan alat musik ketika umurnya masih muda, ada baiknya mencoba lagi di kemudian hari jika dia menunjukkan minat. Moms dapat memasukkan si Kecil ke les privat atau ekstrakurikuler marching band atau karawitan.

6. Mengapliksikan make-up

Mengenakan riasan dan menata gaya rambut yang kompleks sangat membutuhkan keterampilan motorik halus. Jadi, biarkan si Kecil memainkan alat make-up yang aman baginya untuk merias orang dewasa di waktu luang.

7. Bermain puzzle tiga dimensi

Keterampilan motorik halus akan sangat berkembang jika si Kecil sering bermain puzzle tiga dimenasi. Jika dia tidak cukup terampil, dia mungkin akan sulit menempatkan potongan seperti busa itu ke tempat yang tepat. Jadi, berikan dia puzzle yang mudah terlebih dahulu sebelum mengerjakan puzzle yang sulit.

8. Bermain LEGO

LEGO disukai semua kalangan tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Ada beberapa kit LEGO canggih dengan ribuan keping yang menarik bagi anak-anak yang lebih tua. LEGO juga mempunyai produk robot yang dapat membantu anak-anak berkreasi membuat sesuatu yang dapat bergerak. Ada banyak pusat klub LEGO yang bisa diikuti anak-anak. Jadi, Moms tidak selalu harus membeli satu set kit LEGO untuk memulai aktivitas ini. Bergabung dengan klub LEGO juga memberikan kesempatan si Kecil untuk bersosialisasi.

9. Juggling

Belajar juggling mungkin tidak mudah, tetapi ini adalah cara menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan koordinasi mata-tangan. Kegiatan ini juga baik untuk anak-anak yang cenderung gelisah. Tontolah video cara juggling yang mudah di internet untuk membantu Moms mengajarkan keahlian ini kepada si Kecil.

10. Memasak

Dari memotong sayuran sampai menguleni roti atau adonan pizza, memasak bersama bisa menjadi cara yang santai untuk membangun keterampilan motorik halus. Ini juga memungkinkan Anda berdua menghabiskan waktu bersama. Jika nantinya ternyata si Kecil ahli memasak, itu adalah bonus.

Itulah 10 kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan motorik bagi anak-anak yang sudah lebih dewasa di atas lima tahun. Selamat mencoba.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

382 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak di Masa Pandemi : Food or Drink?

Moms, yuk coba ide bermain dengan si Kecil berikut ini.

Bermain Buah Potong Dapat Melatih Motorik Halus Anak

Aktivitas yang satu ini bisa dicoba untuk melatih kemampuan motorik si Kecil loh Moms!

Ide Bermain Anak - Alphabet Sorting Game

Yuk Moms kita coba permainan untuk si Kecil yang satu ini!

Metode Belajar Anak Dengan Menggunakan Flash Card

Bagaimanakah media belajar dengan menggunakan flash card, dari usia berapakah anak diperkenalkan dengan metode flash card? Flash card adalah [...]

Ide Bermain untuk si Kecil: Doughnut Ring Toss

Masih setia dengan permainan yang terbuat dari kardus, kali ini saya membuat permainan ring toss.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan ketika si Kecil Belajar Merangkak

Merangkak merupakan salah satu fase perkembangan yang dilalui oleh si Kecil.

Manfaat Membacakan Buku pada Anak

Dari dulu saya suka membaca dan saya ingin menularkan kecintaan saya pada buku pada Ai

Ide Bermain untuk si Kecil: Clip More Hair

Yuk manfaat roll tisu bekas Moms untuk mainan si Kecil

Manfaat Bermain Pasir Kinetic Bersama si Kecil

Ternyata bermain pasir kinetic itu banyak manfaatnya loh Moms

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengajak Anak Berenang

Renang merupakan aktivitas olahraga yang sarat akan manfaat.

Review Trump Card Kodomo Challenge dari Shimajiro Club

Zaman sekarang memang smartphone menjadi hal yang tak terpisahkan dari aktivitas manusia ya Moms.

Ide Bermain: Meraih Bola

Moms, apakah anak Moms sedang senang dan aktif bergerak mengeksplor lingkungannya?

Ini Dia Manfaat Rutin Memeluk si Kecil yang Wajib Diketahui

Kadang di tengah hiruk pikuk kesibukan dan aktivitas setiap hari, Moms mungkin lupa untuk mendekap dan memeluk si Kecil.

Refreshing Plus Belajar dengan Anak di Pantai

Sebenarnya saya orangnya agak parnoan kalau harus ke daerah pantai apalagi jika harus membawa anak-anak.

Ide Bermain Anak - Human Body Puzzle

Salah satu cara mengenalkan anggota tubuh pada anak adalah dengan membuatkan mainan edukatif

Ide Bermain untuk si Kecil: Tie Dye Art

Pernah melihat baju-baju dengan motif warna-warni tak beraturan tapi sangat indah terlihat?

Manfaat Bermain di Playground untuk si Kecil

Bermain di playground pasti menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil ya moms.

Jaga Anak Kita dari Kecanduan Gadget

Sekarang ini zaman semakin berkembang membuat anak juga semakin kreatif dan inovatif.

Ide Bermain Anak - Laundry Time

Pernah gak moms si kecil ikut membantu waktu kita menjemur pakaian? Permainan ini boleh dicoba nih Moms!

DIY Playdough untuk Main si Kecil

Ingin menghemat budget mainan si Kecil? Yuk buatkan playdough di rumah Moms